Lalu Apa Bedanya Sonic150 dengan MX-King Jika Panjang Stroke nya Mirip ???

Diposting pada

k56 vs mxking

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pada artikel sebelumnya dapat diketahui jika bocoran mengenai ukuran bore k56 (Sonic150) benar yaitu 57.4 mm, maka dimensi bore ini tidak jauh beda dengan mxking yaitu 57 mm. Lalu apa yang nantinya akan membedakan karakter keduanya ? …Jika ingin mampu menyaingi mxking, harusnya k56 memiliki nilai lebih dengan konfigurasi engin yang dimilikinya.

Pada bocoran lainnya pernah digambarkan bahwa head cylinder k56 mengadopsi sistem dohc dengan bantuan rocker-arm, mirip cbr250.

head cbr250r n sonic150 reborn

Dengan bermodalkan sistem dohc inilah k56 akan mencoba menantang mxking, yang masih sohc. Lalu se-signifikan apa pengaruh dohc pada engine k56 ?

Sebelumnya mari kita kembali membuka artikel lama mengenai sistem sohc dan dohc. Karena diameter bore nya sama, maka karakter engine-nya akan sama. Nah sistem penggerak klep dohc memiliki keunggulan dibagian ini :

  1. Sudut klep bisa dibuat kecil, sehingga meminimalkan benturan antar klep. Sehingga pada tahap selanjutnya lift camshaft dapat dinaikkan atau lebar klep sedikit diperbesar dengan resiko klep berbenturan yang lebih kecil dari sohc.
  2. Karena cam in dan ex terpisah, maka akan sangat mudah men-stel besarnya overlap camshaft, untuk meningkatkan VE dengan memanfaatkan efek scavenging pad rpm tinggi, sehingga powernya bisa semakin tinggi di rpm tinggi (tertentu)

mesin-dohc

Jadi bisa diharapkan dengan pencampuran konfigurasi square dan dohc, diharapkan torsi/akselerasi sonic150 bisa bersaing dengan mxking, dan napas di rpm atas untuk menggapai topspeed tidak kalah dengan satria fu. Tentunya harus didukung dengan tuning pada rpm berapa power puncak harus diletakkan dan racikan rasio transmisi yang tepat.

Gimana bro ? Apa itu yang diharapkan ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

32 thoughts on “Lalu Apa Bedanya Sonic150 dengan MX-King Jika Panjang Stroke nya Mirip ???

  1. Klo kesimpulannya menyesuaikan mx king berarti akselerasi masih bagus king dong Om kayanya sonic diantara keduanya Om mx king dan satria fu Honda masih ragu jadinya

  2. It’s All about torque.
    Seberapa besar torsi yg dihasilkan pada max speed pistonnya.
    Tinggal Power mau diseting berapa HP sesuaikan dgn kebutuhan aja….. Xixixixixixixi

  3. mungkin maunya Honda, nanti kalo ada balapan kelas underbone bisa selalu di depan. k56 ayago bisa selalu di depan FU150 sedangkan K56 bebek super pasti ngasepin MX King.

  4. nek setara mx king berarti motor tuaku jik iso bersaing. ora minder yen ketemu neng jalan.

  5. Kelas underbone Baru naik spec satu tahap jangan puas dulu, masih ada TVS Tormax stroke 53,5mm kasta tertinggi….. Xixixixixixixi

  6. Yah sy kira tuh stroke skitar 54, mbjedul bore x stroke (57,4 x 57,9) yg jelas buat kjar torsi, bore stroke sgitu blm bisa dsebut overstroke, bisa disebut overstroke jk bore 57,4 stroke 59,1, dg stroke sgitu dan pin piston jk sama dg cbr 15,0mm tentunya akn byk user yg gatal upgrade performa

  7. kata nya bakal ada 2 varian,bebek super & ayago…napa yg ayago ga di bikin kek fu aja dohc overbore,yg bebek super baru di bikin kek mx.

  8. Gear ratio ( gigi perseneling ) yg Y = 5 & H = 6 jadi walau mirip jelas sonic punya gigi yg rapat alias torsi ngisi terus ditambah per katup dobel jd waktu di ajak akselerasi lebih sip,, tapi semua produk antara Honda & Yamaha punya plus minus masing2 jg

  9. [quote] Tentunya harus didukung dengan tuning pada rpm berapa power puncak harus diletakkan dan racikan rasio transmisi yang tepat.[/quote]

    daripada spekulasi knapa gak langsung dihitung seperti biasa aja? piston speed diset ~18 m/s khas honda.

  10. Ya tinggal dilihat aje nanti pas motornye beneran brojol dan terang benderang speknya.

    Kalau ternyata powernya lebih gede dari kompetitor tinggal diklaim superior.

    Kalau ternyata powernya lebih kecil ya. Tinggal bilang : itu disengaja. Hasil dari kesibukan nurunin power.

    #hihihihi.
    #biasanya dibawah ane langsung ada yang kalap.

    1. Klu mnurut saya belum tentu,
      iya jk dohc vs sohc 2v,
      Belum tentu jk dohc vs sohc 4v.
      Trus kekerasan spring valve jg mnentukan.
      Bukannya sohc ada 3 macam;
      Sohc 2v
      Sohc 4v
      Sohc 4v lain yg dsebut UNI CAM

    2. tergantung banyaknya katup/valve, tinggi lift camshaft, kualitas per klep/valve spring nya, konstruksi cam followernya
      kalau semuanya sama, maka beban dohc lebih besar sedikit dari sohc, karena bobot camshaft nya (2 biji vs 1 biji)

    3. Ane tambahin jika “sudut klep sama2 hampir tegak lurus & liftnya sama”
      dohc akan lebih ringan dari sohc.
      krn prinsip pengungkit dimana dohc langsung menekan per klep
      (itu setara dgn pengungkit roker arm dimana jarak lengan kuasa & lengan beban (1:1))
      sedangkan pada sohc jarak lengan kuasa akan lbh pendek dari lengan beban shg lbh berat membebani crankshalf.

  11. Gk yakin dengan material ahm,masih pegang suzuki untuk endurance di produk masalnya,,silahkan tes turing sejauhjauhnya&selama mungkin,mana yang ambrol duluan.

    1. bukannya material metal ahm lebih bagus daripada yamaha. masa gak ingat sih shock velg yang gampang ambrol.masa masih nutup mata bro.ms 70 % bukan cuma boongan lo.dan itu berlangsung lama.mereka beli karena kepuasan pemakai sebelumnya. klo cuma desain tampang memang honda kalah bro.klo masalah plastik ya memang honda juga kalah. saya baru punya motor 1 tahun udah getar tebengnya dan itu diakui karena kualitas yang kurang.tapi klo mesin dan bahan metal lainnya tunggu dlu bro.klo suzuki memang bagus karena memang produk spare part banyak asli semua jarang ada produk kwnya.saya pake produk kw untk honda dengan produk asli honda memang jauh bro umur pakainya bisa 4 x lipat.
      coba bro bandingkan bobot tiap spare part motor honda atau motornya dengan produk yamaha.rata rata bobot berat honda bro.karena material memang lebih padat berisi.

      1. 70% dihasilin dr metik dp 0% pinjem ktp langsung bawa pulang beat terus ditarik leasing stelah 3bulan ga bayar, ga boong juga lohh

        jiahahahaha

  12. pak dosen. mau tanya, ada perbedaan di power ga bbm masuk dari depan(kaya nsf250) sama bbm masuk dari belakang(motor konvensional)????

    1. menurut pengetahuan ane yang terbatas ini, nggak ada perbedaan power
      yang ada adalah port injection (injector di TB) dan direct injection (injector di ruang bakar). Yang DI pasti powernya lebih besar

  13. kyaknya klo strokenya bner 57,9mm… strokenya bsa common part dgn blade 125 atau supra x 125..

    kan dua motor ini memiliki akselerasi yg lumayan mumpuni utk sbuah motor bebek

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan