Meningkatkan Performa Byson, Agar Tenaga Sepadan dengan Tampangnya

Diposting pada

red white

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Jika melihat tampang byson (old) yang gahar, dengan bagian-bagian penunjang penampilan yang tampak besar-besar (gagah), seperti roda-ban, sok depan, tangki dan lain-lain, maka akan sangat disayangkan jika powernya hanya 14 ps. Apalagi beratnya melebihi NVL yaitu 131 kg menjadikannya terlihat lemot untuk motor 150cc. Maka wajar jika banyak calon pembeli byson yang kemudian beralih ke NVL, tampang sama gahar tapi tenaga beda 2,59 ps, lebih mahal sedikit nggak masalah. Pada akhirnya kelemahan byson ini mengakibatkan marketnya terus menciut, apalagi (selain digerogoti NVL) juga mendapat serangan dari verza dan nmp, perhatikan perolehan pasarnya

data-aisi-yamaha-semester-1-2014

[sumber : fncounter]

Kamudian ada rumor bahwa fz16 yang dirilis di india kemungkinan akan menjadi suksesor old byson, yang mana justru tenaganya malah turun menjadi 13.1 ps (old byson 14 ps), bisa tambah loyo penjualannya. Bagai rider byson ataupun calon pembeli yang sudah terlajur kesengsem dengan tampang byson, maka performa nggak jadi masalah. Untuk harian performa standar sudah cukup, karena byson memang mengutamakan penampilan bukan performa. Tapi jika merasa kurang, maka performa dapat ditingkatkan dengan beberpa cara :

  1. Meningkatkan volume silinder, biasanya dengan bore-up, karena stroke byson sudah cukup panjang maka bore-up lah yang paling cocok. Yang paling gampang adalah dengan PnP bore-up kit, Kawahara racing sudah menyiapkan bore-up kit 200 cc dengan piston 66 mm (sumber). Jika mau bore-up dengan piston motor lain juga bisa, misalnya dengan piston tiger os 150 (66 mm). Bore-up sampai 200 cc (tentunya dengan ubahan2 di sektor lainnya) dapat meningkatkan power sampai 5 hp, mantab kan, CB150r, NVL, R15 std tewas semua.
  2. Dengan mengoptimalkan variabel penentu performa tanpa harus mengubah volume silinder (cc), nah ini yang paling asik, yang akan kita bahas bersama. Jika melihat performanya maka ada beberapa variabel yang bisa dioptimasi untuk meningkatkan performa byson, mari kita diskusikan.

old byson performance potency

Minimal ada 3 variabel yang bisa ditingkatkan dari mesin byson supaya lebih power full, yaitu

  1. Efisiensi volumetrik (VE) dapat ditingkatkan dari 87% menjadi 95%, dengan pengupgrade saluran intake, lebar klep, lift camshaft, penggunaan filter racing dan rancang ulang header kanalpot.
  2. Putaran mesin saat power puncak digeser lebih tinggi dari 7500 rpm menjadi 10500 rpm. Putaran mesin saat piston speed maksimumnya (21 m/s) adalah 10900 rpm, jadi masih aman. Upgrade ini bisa dilakukan dengan pengaplikasikan CDI racing.
  3. Rasio kompresi (CR) bisa ditingkatkan, minimal mirip dengan satria fu, dari 9.5 menjadi 10.4. Akan tetapi harus diiringi dengan penambahan oil cooler. Ubahan ini bisa dilakukan dengan mengaplikasikan piston after market untuk byson yang lebih jenong.

Dengan ubahan-ubahan tersebut maka tenaga byson akan terdongkrak menjadi sekitar 21 ps, hmmm sedap ya, naik 7 ps dari standarnya.

old byson performance upgrade

Mengenai bagaimana meng-upgrade 3 variabel penentu performa di atas, akan kita bicarakan dalam artikel berikutnya. Akan tetapi bagi yang tertarik dan nggak sabar menunggu artikel tersebut bisa melihat beberapa artikel sebelumnya mengenai upgrade NVL atau CB150r.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

 

48 thoughts on “Meningkatkan Performa Byson, Agar Tenaga Sepadan dengan Tampangnya

  1. 150cc=13ps ; 200cc=13+5=18ps ; WAJAR , skalian aja naikin mesin kalajengking 225cc (jadi smua yang dibawah200cc standar tewas)

    MAS BRO coba di comparasi dengan BYSON,New MX & NMP FI kalo variabelnya di sama in
    secara NMP di ciptakan AHM buat nemenin BYSON…

  2. Mas motogokil, jika menggunakan hitung-hitungan, bisakah kita mendapatkan gambaran bentuk kurva power dan torsi dari suatu sepeda motor tanpa harus pakai dyno? Soalnya dari kurva kita bisa melihat, sepeda motor ini mainnya dimana entah commuter, touring, performance etc. Terima kasih sebelumnya.

  3. setuju ma om motogokil, klo dibandingkan sm verza pun performa byson tetap kalah. gpp tenaga turun ke 13 ps tapi bobotnya itu mesti dikurangin, paling ga setara vixion lah 114 kilo bobot kosong. bwt apa motor berat2 klo segmennya motor dalam kota.

  4. tetep aje enak scorpio

    dandanin dikit biar, ksh knalpot racing maknyuusss lari nya

    (cuma boros nyee ga nahaaannnn)

    gkgkgkgkgk

    1. nggak masalah kan ? ketimbang komen nggak mutu
      komen yang bermutu aja nggak bisa, gimana bertindak yang bener?
      jangan2 makan aja masih disuapin
      atau kalau tidur masih minta dikelonin ibunya

      1. Ini Thole Alfi tlng dimaafin nggih Pak Dosen soale Alfi niki sering berhalusinasi dadhos Simbah engkang sampun suwargi. Amit nggih Pak Dosen

  5. …agar tenaga sepadan dgn tampang…
    …kata2 yg sangat mengintimidasi…
    …seolah olah pk dosen ingin mengatakan…
    …byson itu tampang aja yg sangar…
    …tapi tenagax ngak ada…
    …badan aja yg kekar…
    …tapi tenaga masih kalah ama bebek…

  6. Mas. Byson saya udah pake kawahara 66 karbu 28,.lainnya std
    Nmp . Versa lewat
    Tp nvl kok masih sejajar ya. Seimbang gitu

    Apa pengaruh ban gede 150 ya?

  7. …citra hewan byson yg masuk dalam 10 hewan terkuat di dunia…dinodai oleh yamaha…kalo mau ngasih nama sebuah produk…kira2 dong…harus ada kesesuaian karakter antara nama dan produk…produk impoten kok diberi nama byson…ada2 aja…

  8. Dari sekian bnyk rider maho,ane paling respect sama riderbyson,motornya gahar tapi paling pnya etika dijalanan,nggak pecicilan dijln,tp klo sendirian lho,klo sudah satu club jln bareng ya you know lah.

  9. setuju om

    btw drpd ribut2 gmn kalo si om gokil bikin artikel yg judulnya

    “jika mesin scorpio dicangkokin ke byson”

    pent tw aje ap aj yg dirubah

    1. emang lu doyan ngebut di jalan raya???
      emang nyawa lu ada 7 apa???

      mikir pake otak donk, masa dengkul dipikir… 😆 😆

    2. ya yang mau praktikum, silahkan bro
      artikel ini sebagai pengantar/teori, kalau nggak ada teorinya mau praktikum apaan bro
      kalo ente sekolah di teknik pasti tahu akan hal ini

    1. lha gantian bro, ane yang kasi teori ente yang praktek
      nanti dibandingkan hasilnya
      sementara sampai saat ini ente dah praktek apa bro ???
      kalau belum sama sekali praktek, kenapa menuntut orang lain untuk praktek ?
      lupa dengan ini : “kaburo maqtan ‘indallohu antakulu ma la taf ‘aluun”

  10. mbah darmo sory nyela kalau pak dosen punya motor cs1 dan nvl semuanya di bongkar sendiri tanpa perlu ke beres intinya apa pak dosen sudah paham soal mesin dong dan dia buat artikel bedasarkan fakta dan praktek bukan ngayal bos seharus kita terima kasih dong pak dosen buat artikel buat riview sebuah produk tidak seperti beli kucing dalam karung hanya termakan iklan intinya sih mau beli motor itu sesuai selera mau beli mesin bagus ya ahm mau beli casing bagus ya ymh tul tak he he he jgn komentar kita memperlihat kan pola pikir kita entar ketahuan ngak tau tp sok tau bro

  11. Wow mantap.. cuma susahnya naikin EV itu bikin ribet. Bisa naik tp ntar ga nyaman buat kecepatan lambat di perkotaan. Tp keunggulan tenaga naik cukup tinggi.

  12. perasaan byson ane gak lemot2 amat,cuma tak ganti cdi brt n karbu pwl 26 ori ninja.kmarin pas pulkam msi bisa tu uber2n sma nvl.yang pernah lwat pasuruan probolinggo pasti tau lah jalannya kyak apa.

    1. Byson ane koq ngacir… Scorpio tinggal tunggang langgang…

      Modal oprek blok…

      Sama KEIHIN NYA ninja…

      Knalpot masik pakek udang gala. Melintang kesana kemari…

      Intinya. Seimbang..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan