Hasil Pengupasan Aspal Sirkuit Mandalika Hari-1

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Sampai saat artikel ini di tulis yaitu jam 10 malam, Senin 28-02-2022 mesin cold milling machine (cmm) telah melakukan tugasnya, yang sepertinya dihentikan saat hari menjelang petang (tidak lembur). Karena tidak terlihat penerangan yang menyertai proses pengelupasan yang dilakukan mesin cmm. Karena memang tidak ada penerangan yang memadai di main track sirkuit mandalika, maklum mandalika adalah sirkuit yang digunakan pada siang hari, bukan malam hari seperti di qatar.

Sampai sore tadi mesin cmm telah berhasil menyelesaikan pengupasan aspal sebanyak 3 jalur sirkuit mulai dari sebelum tikungan-17 sampai sebelum tikungan-. Untuk start pengerjaan sebelum tikungan 17 ada di artikel ini, sedangkan untuk ujung dari pengerjaan hari ini yaitu sebelum tikungan 1 bisa dilihat di gambar ini …

Terlihat dengan sangat jelas ujung pengerjaan pengelupasan aspal hari ini, kira-kira 100 meter sebelum tikungan-1. Padahal tikungan-1 sampai setelah tikungan-5 masih belum tergarap. Kalau menurut hasil hari ini, bisa-bisa proses pengelupasan aspal memakan waktu lebih dari 3 hari, 2 hari untuk segmen ini (sekarang dan besok), dan (mungkin) 2 hari digunakan untuk mengelupas aspal dari sebelum tikungan-1 sampai dengan setelah tikungan-5.

Melihat panjang lintasan yang ingin diaspal mulai dari sebelum tikunagn-17 sampai dengan setelah tikungan-5, kok iwf merasakan panjangnya lebih dari 17,5% dari panjang total lintasan, kira-kira 754, 25 meter. Karena lintasan lurus dari sirkuit mandalika saja panjangnya 507 meter, belum ditambah panjang lintasan dari sebelum tikungan-17 sampai lintasan lurus, dari lintasan lurus sampai setetlah tikungan-5.

Coba perhatikan 3 gambar berikut

Menurut perkiraan iwf panjang lintasan yang akan dikeruk, jika benar dari sebelum T-17 sampai setelah T-5, maka dilihat dari layout, hampir mencapai lebih dari 1000 meter, atau sekitar 25%. Jika demikian pantas saja jika dikerjakan lembur 24 jam bisa diselesaikan dalam 2 hari, dan jika dikerjakan hanya di siang hari maka akan memakan waktu sekitar 4 hari.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Hasil Pengupasan Aspal Sirkuit Mandalika Hari-2 - MOTOGOKIL
  2. Hari-3 Pengupasan Aspal Sirkuit Mandalika, 1 Lajur Selesai - MOTOGOKIL
  3. Hari Ke-10 Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Selesai - MOTOGOKIL

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan