Hasil Pengupasan Aspal Sirkuit Mandalika Hari-2

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Sesuai dengan prediksi iwf di artikel sebelumnya, bahwa proses pengelupasan aspal sirkuit mandalika segmen-1 (dari Sebelum T-17 sampai sebelum T-1), memakan waktu 2 hari. Dan juga cukup akurat, bahwa jalur dari mesin cmm (cold milling machine), mesin penggaruk/pengelupas aspal adalah sebanyak 8 lajur, 7 lajur selebar roller mesin cmm, sedangkan sisianya lajur kecil mungkin sekitar 60 cm. Dan sampai sore hari ini, iwf memperhatikan bahwa pekerja sudah istirahat ketika mesin cmm telah mengerjakan  7 lajur, tersisa 1 lajur sempit diantara lajur-6 dan lajur-7, yang akan dikerjakan besok.

Perhatikan lajur-lajur yang terbentuk dari pengelupasan aspal yang dilakukan oleh mesin cmm di sirkuit mandalika di trek lurus ….

Hampir sama dengan perkiraan iwf di hari pertama kemarin, perhatikan gambarnya

Dan menurut iwf, jika panjang dari tahap pertama pengelupasan aspal ini separuh dari total panjang lintasan yang harus di-resurfacing, maka ada kemungkinan proses pengelupasannya bisa menghabiskan waktu 5 hari (jika tidak lembur). Karena pada hari ke-2 saja, masih tersisa satu lajur kecil yang belum di papas, maka pada hari ke-4 pun kemungkinan besar akan tersisa satu atau dua lajur yang akan dituntaskan di hari ke-5. Terlihat posisi para pekerja dan juga mesin cmm sudah tidak beroperasi di sore hari.

Akan tetapi menurut informasi terakhir, proses pengelupasan pada lajur terakhri (ke-8) ternyata dilanjutkan malam hari ini. Jika demikian maka besok diharapkan area yang sudah dikelupas bisa segera dibersihkan dan langsung dilakukan pengaspalan. Sedangkan mesin cmm akan melannjutkan tugasnya untuk mengelupas aspal tahap-2 yaitu dari sebelum tikungan 1 (T-1) sampai setelah tikungan 5 (T-5).

Semoga saja semua bisa berjalan lancar tanpa kendala, sehingga batas waktu penyelesaian pengaspalan yaitu tanggal 10 maret 2022 bisa dipenuhi, bahkan bisa lebih cepat. Sehingga aspal bisa dikondisikan dengan dipadatkan atau mungkin bahkan dipakai oleh motor-motor moge sekedar untuk membantu proses adaptasi karen ban dengan aspal.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan