Aspal Sirkuit Mandalika Mulai Dikelupas, Seberapa Cepat Riilnya ?

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Track sirkuit mandalika yang sedianya akan diaspal ulang sudah dilakukan mengelupasan. Tidak seperti yang awal iwf perhitungkan dalam artikel sebelumnya, rupanya jumlah rit/jalur mesin cold milling machine (CMM) akan lebih banyak dari perhitungan iwf. Dan laju (speed) millingnya pun tidak dalam kondisi maksimal yaitu 5,3 km/jam (88 meter/menit), sepertinya berjalan jauh lebih lambat.

Terlihat dalam gambar berikut, jika pekerjaan dimulai jam 08.00 (entahlah mesin CMM jam berapa dihidupkan/mulai bekerja), maka ketika sudah (mungkin) hampir jam 12.00, pengelupasan apal masih 1 rit dan belum sampai garis start. Perhatikan gambar berikut…

Perhatikan gambar bayangan dari para pekerja di gambar tersebut. Posisi bayangan menunjukkan waktu sudah hampir 12 siang. Sedangkan pengelupasan yang dilakukan oleh mesin cmm baru satu jalur dan belum sampai garis start. Padahal dari posisi tersebut sampai batas akhir setelah tikungan 5 masih lebih jauh dari yang sudah ditempuh. Apalagi banyak tikungan (5 tikungan) yang biasanya lintasannya lebih lebar, mungkin jalur cmm lebih banyak dibandingkan track lurus.

Akhirnya iwf harus merevisi kecepatan pengerjaan pengelupasan aspal dengan menggunakan mesin cmm ini. Yang pertama adalah jumlah track. Jika diperhatikan lebar kikisan/garukan/pengelupasan yang dilakukan oleh mesin cmm dan dibandingkan dengan lebar track lurus, maka cmm harus bekerja lebih dari 7 kali, perhatikan gambar ini.

Untuk tikungan sepertinya akan lebih banyak jalur cmm yang dibutuhkan untuk mengikis semua bagian aspalnya. Gambar ini memperlihatkan posisi start dari pengikisan aspal sirkuit mandalika sebelum tikungan-17 (T-17). Dan Juga posisi mesin cmm yang sudah melewati tikungan-17 dan mulai memasuki track lurus.

Menurut iwf pengikisan bejalan dengan kecepatan yang bervariasi. Ada yang dalam 20 detik mampu mengikis sekitar 1 meter, ada yang dalam 78 detik mampu mengikis 6 meter.

Jika diambil kecepatan yang paling cepat, yaitu 6 meter dalam 78 detik, atau 277 meter/jam, maka kemungkinan pengelupasan seluruh bagian akan membutuhkan waktu sekitar 22 jam. Bahkan mungkin lebih, jika kecepatan pengikisan ditikungan berjalan lebih lambat dan tikungan lebih lebar daripada lintasan (track) lurus. Jadi perhitungan para insinyur dan tukang memang cukup akurat, dikelupas hari ini besok sudah bisa diaspal ulang.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

1 Trackback / Pingback

  1. Hasil Pengupasan Aspal Sirkuit Mandalika Hari-1 - MOTOGOKIL

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan