Kawasaki Tingkatkan Teknologi “Concept J” untuk Proyek Superbike Roda Tiga

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroaktuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tentunya mas bro sekalian sebagai pengamat otomotif roda dua di tanah air pernah melihat bahkan mungkin pernah mencoba motor roda tiga Yamaha Niken atau Piaggio MP3. Motor roda tiga ini punya konsep roda depan yang mampu mengikuti kemiringan seperti halnya motor roda, sehingga konstruksinya menjadi sangat rumit. Nah kawasaki mencoba menerapkan konsep motor roda tiga ini pada superbike, yang pengembangannya sudah hampir 10 tahun sampai saat ini.

Insinyur Kawasaki telah melakukan pekerjaan pengembangan mesin dan pada tahun 2013,  ‘Concept J’ diluncurkan pada motor show di Tokyo. Prototipe ini menggabungkan sejumlah teknologi radikal termasuk tenaga listrik, posisi berkendara yang berubah bentuk dan tata letak roda tiga.

Tata letak roda tiga itu terkenal karena penggunaan dua lengan ayun depan satu sisi dan setang yang tidak biasa yang bergerak selaras dengan roda. Jadi ketika diputar di sudut palang yang terhubung ke roda bagian dalam naik dan yang menempel ke bagian luar roda bergerak ke bawah. Dan teknologi ini telah ditetapkan dalam serangkaian aplikasi paten dari Kawasaki sejak Concept J memulai debutnya.

Sekarang kawasaki telah memberi gambaran tentang tahap pengembangan selanjutnya, dengan superbike roda tiga baru yang muncul dalam dokumen strategi baru-baru ini. Meskipun hanya muncul sebagai ilustrasi umum (sangat kecil) dari teknologi masa depan, kemunculan motor ini bertepatan dengan paten yang diajukan awal tahun ini untuk versi terbaru dari suspensi twin-swingarm depan, yang menunjukkan versi sederhana dari set-up yang dikembangkan untuk Concept. J. Meskipun sulit untuk memilih detail dari gambar kecil, beberapa komponen dapat dikenali.

  • Swingarm belakang satu sisi, misalnya, langsung dari Kawasaki H2 supercharged.
  • Perkembangan roda tiga dan H2 berjalan paralel;
  • Mesin empat silinder supercharged yang akan muncul dalam produksi H2 dua tahun kemudian (seperti yang tampak pada Concept J saat tampil pertama kali di Tokyo Motor Show 2013)

 

Kawasaki Concept J Bagian Depan

Meskipun berbagi swingarm tidak berarti kendaraan roda tiga juga meminjam mesin supercharged, itu adalah pilihan paling jelas dari rangkaian unit daya Kawasaki saat ini, terutama mengingat fakta bahwa kendaraan roda tiga cenderung lebih besar dan lebih berat daripada konvensional. sepeda. Paten terbaru Kawasaki juga tampak menunjukkannya bahwa ada bagian rangka baja yang berbentuk tabung (mirip dengan desain H2). Paten menyebutkan ‘kerangka… dibentuk dengan menggunakan pipa logam dan mesin bensin’, meskipun motor listrik disebutkan sebagai sebuah alternatif.

Secara cerdik, suspensi depan dirancang agar sesuai dengan rangka konvensional, bahkan mengganti headstock biasa sebagai dudukan untuk shock depan. Tautan vertikal dari dua lengan ayun depan bekerja pada rocker yang dibaut ke monoshock di satu ujung dan ke dudukan pusat di ujung lainnya. Sistem ini berarti bahwa sepeda dapat bersandar dengan bebas – goncangan hanya bergeser dari sisi ke sisi – tetapi rocker menekan pegas ketika kedua roda bergerak ke atas secara bersamaan.

Bagian rangka tambahan, dibaut ke dudukan engine depan, membentuk dudukan untuk lengan ayun depan kembar.

Untuk memastikan roda berputar secara serempak, roda-roda tersebut dihubungkan melalui tautan memanjang yang berjalan di sepanjang lengan ayun kembar ke tautan melintang berporos yang dipasang sejajar dengan titik poros lengan ayun. Kawasaki dapat dengan mudah mentransfer teknologi yang sama ke beberapa model.

Kemungkinan besar kita akan melihat sistem tersebut muncul pada konstruksi konsep lain dan dengan mesin berbasis H2. Hal ini dapat dilihat dalam dokumen strategi terbaru Kawasaki. Ada peluang bagus bahwa mesin itu awalnya ditakdirkan untuk diungkapkan di Tokyo Motor Show 2021, tetapi acara itu telah dibatalkan karena pandemi Covid, jadi mungkin kita bisa melihatnya pada akhir tahun ini di salah satu ajang Eropa. pameran sepeda motor.

Saat ini kawasaki sedang mencoba untuk membuka jalan dengan konsep sepeda roda tiga baru. Perusahaan mengklaim ini adalah kendaraan masa depan. Pada tahun 2013 saat kawasaki meluncurkan J Concept di Toyko Motor Show, Presiden Kawasaki Shigehiko Kiyama berbicara tentang konsep tersebut dan mengatakan :

“Mengeksplorasi kemungkinan menarik dari platform transportasi yang dapat disesuaikan yang menyenangkan, mudah dan nyaman”.

Video yang dirilis di halaman YouTube Kawasaki USA minggu lalu menggemakan kemajuan serupa:

“Masa depan, bagi kami, tidak dibatasi oleh batasan hari ini. Ini dibebaskan oleh imajinasi kami.”

Tahun lalu Yamaha merilis kendaraan roda tiga mereka, Niken, yang menjadi sepeda produksi roda tiga pertama dan sejauh ini merupakan salah satu sepeda paling dramatis yang ditampilkan di TMS terbaru. Namun konsep di atas mencakup fitur-fitur baru, yang tampaknya menawarkan sedikit lebih banyak daripada platform berbasis MT-09 dari Yamaha, termasuk tampilan head-up, tampil tegak dan mode menyerang. Dan tentusaja kawasaki tidak ingin ketinggalan untuk memberikan pilihan alternatif bagi para calon konsumen, khususnya yang tertarik dengan superbike roda tiga di masa mendatang.

Baca juga :

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Sumber : MCN

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan