Uji Kecepatan WMC250EV Motor Listrik Bertenaga 335 BHP

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pada artikel sebelumnya, iwf pernah menampilkan motor konsep yang dirancang White Motorcycle Concepts yaitu WMC250EV. Ide baru ditawarkan terkait aplikasi saluran aerodinamis yang luas untuk mengurangi area frontal motor dan koefisien drag tanpa menggunakan semi-streamliner bersumbu rendah dan diperpanjang. Dan memang hasil pengujian menunjukkan bahwa setup yang lebih umum pada saat pemecahan rekor kecepatan saat pengujian.

Perbaikan juga dilakukan untuk mengurangi daya angkat bagian depan dengan penggunaan penggerak dua roda depan. Ada dua motor listrik yang dipasang di hub depan yang tentu saja memberikan efek bobot dan juga peningkatan power di bagian depan. Sedangkan bagian penggerak roda belakang dilakukan melalui rantai tertutup  untuk memaksimalkan traksi, yang dapat menjadi masalah penting di dataran garam licin di mana rekor akan dicoba.

Hasil pengujian model komputer pada pengujian uji terowongan angin menunjukkan bahwa terjadi penurunan hambatan sebesar 70% dibandingkan dengan sepeda jalan konvensional terbaik. Akan tetapi hasil ini diuji secara riil untuk menverifikasi pencapaian tersebut. Dan untuk pengujian tersebut perlu dilakukan uji guncangan WMC250EV di bagian rangka untuk membuktikan performa aerodinamis serta memastikan bahwa drivetrain listrik bekerja sesuai rencana.

Awalnya, motor ini dipacu dengan menggunakan powertrain 100kW (setara dengan 137bhp), tetapi versi finalnya akan memiliki sekitar 250kW on tap (335bhp). Bahkan dengan tenaga yang tersedia kurang dari setengah, tim senang dengan hasilnya. WMC250EV  telah mampu melaju dengan kecepatan 170mph (sekitar 274 kpj). Dan masih akan terus dioptimalkan sampai mencapai target akhirnya adalah untuk mengambil rekor dunia hingga 250mph atau lebih. Saat ini rekor kecepatan tertinggi dipegang oleh mantan bintang GP dan WSB Max Biaggi di atas motor Voxan Wattman dengan kecepatan 228.05mph (367 kpj).

Rob White, yang merupakan desainer dan pengendara WMC250EV, mengatakan:

“Saya senang dengan kemajuan yang telah kami buat dan tingkat minat yang tinggi dari proyek ini. Ini adalah sepeda motor yang dipesan lebih dahulu dan untuk itu berjalan langsung dari kotaknya fantastis. Keyakinan saya bahwa kami akan sukses terus meningkat.”

Baca juga :

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan