Piaggio MP3 Pelopor Skuter Matik Roda 3. Siapa Saja yang Meniru ?

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga ALlah senantiasa menyelamatkan kita semua dari segala wabah penyakit dan berbagai mara bahaya di manapun kita berada, aamiin.

Salah satu yag membuat insinyur selalu berinonasi adalah bagaimana caranya meningkatkan kenyamanan, barangkali yang bisa dijadikan acuan adalah kenyamanan mobil. Dalam hal meningkatkan kenyamanan sepeda motor roda-2, sangat banyak yang harus di-upgrade, misalnya saat berhenti tidak perlu turun kaki untuk menjaga agar motor tetap tegak. Maka insinyur merancang motor roda-3.

Tentu saja para insinyur segera merancang sistem kaki-kaki yang mirip seperti mobil. Sehingga saat menikung semua ban tetap menempel aspal seperti paten piaggio mp3 di atas, tidak seperti becak. Sudah pernah lihat abang becar beratraksi di jalan ? Kira-kira kayak gini penampilannya.

Ternyata respons pasar sangatlah bagus, karena memang betul dengan adanya 3 roda yang menyangga motor, motor tetap berdiri tegak saat di lampu merah. Bahkan saat menghadapi macet, rider bisa tetap santai selonjoran kaki sambil memainkan gas. Piaggio melihat peluang ini dan segera merilis mp3, selanjutnya banyak pabrikan yang mencoba mengadaptasi teknologi ini, kalau tidak bisa dikatakan meniru piaggion mp3.

Mari simak beberapa pabrikan yang mencoba mengadirkan motor skuter matik dengan konfigurasi roda yang sama…

Yamaha Tricity

Qooder QD3

Peogeot Metropolis

Can Am

Adiva AD3

Dan sepertinya kawasaki juga tertarik pengen bikin trike, yang baru saja dirilis patennya.


Sumber : motorcycle

Dan mungkin masih banyak lagi yang menjadi follower piaggio m3 dalam membangun skutik roda-3. Semuanya dirancang lebih pada peningkatan kenyamanan. Naik skutik sudah nyaman, nggak pelu pakai naik turun gigi, apalagi sudah roda-3, nggak perlu turun kaki saat berhenti, tambah nyaman.

Barangkali, melihat pasar skutik roda-3 (2 roda di depan) yang mulai padat, pioaggio putar haluan, membuat trike (motor roda-3) model lainnya. Baru saja piaggio mematenkan trike model bajaj, yaitu 1 roda depan dan dua roda di belakang. Perhatikan bagaimana piaggio membangun link roda belakang layaknya roda depan mp3.


SumberĀ  freepatent

Kembali lagi piaggio menjadi yang pertama membuat skutik dengan dua roda di belakang. Dan sepertinya para follower juga akan mengikutinya, karena menurut iwf lebih efisien, karena komponen yang dibutuhkan lebih sedikit untuk membangun link pada roda belakang. Iwf bingung juga bagaimana metransmisikan putaran dari cvt ke roda belakang seperti ini.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan