Jangan Sampai Garansi Motor Honda Kalian Hangus, Perhatikan KPB !

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Dulu banget, pernah iwf terkaget-kaget saat di depan kasir bengkel resmi. Mau bayar ongkos servis dan ganti oli motor baru tapi dah lama nggak dipake. Lah kagetlah biayanya tiba membengkak tidak seperti biasanya, karena biasanya ongkos servisnya gratis, sekarang harus bayar. Ternyata meskipun kilometer-nya masih rendah (karena jarang dipakai), waktu servis-nya sudah kelewatan terlihat di Kartu Perawatan Berkala (KPB). Pantesan jadi terasa mahal, lha wong ada biaya servisnya yang mencapai nilai puluhan ribu (hampir seratus ribu rupiah).

Nh, ternyata banyak dari konsumen yang belum paham tentang servis gratis yang diberikan untuk setiap pembelian motor Honda, seperti halnya iwf. Untuk mendapatkan service gratis tersebut, konsumen wajib membawa KPB. Pada waktu melakukan pembelian sepeda motor Honda , konsumen akan mendapatkan KPB dan Garansi Motor. Ada kalanya konsumen tidak mengetahui manfaat dan kegunaan KPB.

Ada perbedaan aturan penggunaan KPB antara motor type matic, Cub dan sport, yaitu :

  • Pada KPB type matic dan cub, ada 4 Kartu Perawatan Berkala (KPB) gratis yang diterima konsumen untuk digunakan pada waktu service ke AHASS beserta ketentuan jadwal service selama masa garansi. KPB dapat digunakan dengan periode kilometer atau periode bulan pembelian sampai dengan 1 tahun.
    • Untuk KPB 1 yaitu gratis jasa servis dan oli gratis dengan ketentuan maksimal 1.000 kilometer atau bulan ke-2 dari tanggal pembelian. Itu bisa dipilih tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu.
    • Sedangkan pada KPB 2 – KPB 4 konsumen mendapatkan gratis jasa servis.
      • Dan dengan catatan KPB 2 maksimal 4.000 km atau bulan ke-4 dari tanggal pembelian.
      • Untuk KPB 3 , maksimal 8.000 km atau bulan ke-8 dari tanggal pembelian.
      • Sementara KPB 4 maksimal 12.000 km atau bulan ke-12 dari tanggal pembelian
  • Pada KPB type sport, ada 3 Kartu Perawatan Berkala (KPB) gratis yang diterima konsumen KPB 1 , hampir sama seperti type matic atau sport yaitu :
    • KPB1 saat kilometer mencapai 1.000 km atau 2 bulan tanggal pembelian konsumen berhak mendapatkan service gratis dan ganti oli.
    • Pada KPB 2, mendapatkan gratis jasa service dan berlaku pada setiap 6.000 km atau bulan ke enam.
    • Dan KPB 3 juga sama konsumen mendapatkan gratis jasa servis dengan catatan maksimal 12.000 km atau bulan ke-12 dari tanggal pembelian

Kartu garansi motor berlaku selama 5 tahun dengan dibagi menjadi 3 periode yakni garansi frame atau elektrik masa berlakunya 1 tahun atau 10.000 km, Engine masa berlakunya 3 tahun atau 30.000 km dan Sistem Injeksi masa berlakunya 5 tahun atau 50.000 km. M Bondan Priyoadi Selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim, mengatakan :

“Sebaiknya konsumen memanfaatkan KPB ini agar perawatan motor Honda tetap terjaga dan dengan melakukan perawatan rutin di AHASS juga dapat menjaga garansi tetap terjaga dan tidak hangus.”

KPB dapat digunakan di semua AHASS di Jawa Timur maupun di Indonesia. Setelah 1 tahun berjalan, selanjutnya konsumen dikenakan biaya seperti service regular. Jadi mas bro sekalian yang baru beli motor honda, jangan sampai mengabaikan KPB ini. Masa dapat servis dan oli gratis disia-siakan, kan sayang.

Selama pandemi, seluruh jaringan AHASS selalu berkomitmen dalam penerapan protocol kesehatan. Mulai dari penyediaan tempat cuci tangan dan/ atau hand sanitizer, penggunaan masker dan face shield, serta pengaturan jarak kursi di area ruang tunggu. Dan membersihkan area AHASS dengan cairan pembersih/ desinfektan sercara berkala, agar konsumen dapat dengan aman dan nyaman melakukan service motornya di AHASS.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

One thought on “Jangan Sampai Garansi Motor Honda Kalian Hangus, Perhatikan KPB !

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan