[DIY] Servis SupraX 125, Sambil Menunggu Maghrib (Berbuka Puasa)


servis suprax125

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Ternyata melaksanakan puasa sangat menyenangkan, selain membuat perasaan kita menjadi peka terhadap orang miskin (bayangkan sodara2 kita yg kekurangan makan sampai berhari2), juga membuat badan sehat. Selain itu puasa juga menjadikan kita memiliki harapan, akan mereguk kenikmatan ketika berbuka nanti dan ketika di akhirat nanti (asalkan niat puasanya ikhlas dan sesuai dengan sunnah).

Nah ketika menunggu bedug maghrib ini, daripada kita keluyuran, malah jadinya maksiat (karena mata selalu berburu cewe2 seksi yg jualan takjil, yang mengakibatkan pahala puasa kita angus, cuma dapet laper ama aus doang), mending kita otak-atik motor kesayangan di rumah (Catatan : Ngaji Al Qur’an masih lebih baik dari pada ngoprek motor). Kebetulan ane sudah beberapa kali nyervis Supra X 125, mungkin pengalaman ane bisa bermanfaat buat bro2 semua yg kebetulan punya motor kirana, karisma dan suprax125 (karbu), karena mesinya mirip.

Seperti motor2 lainnya, biasanya bagian mesin yang diservis adalah :

  1. Saringan udara
  2. Karbu
  3. Setelan klep
  4. Kerenggangan busi
  5. Setelan koplin otomatis.
  6. Kalo perlu ganti oli.

Ok kita mulai…..,alat2 yg dipake adalah : obeng + (mata runcing dan tumpul), obeng -, kunci sok/pas ukuran 8,9,10,12,14 dan 17,  vuler gauge, penyetel klep, obeng dll. Langkah awal, ya buka cover body, untuk supraX 125 tahun 2005 dan tahun 2012 agak sedikit berbeda. Langkah2 buka covernya (versi motogokil) adalah : bagian 1-2-4-3-5-6. Gunakan obeng yg pas agar baut nggak aus

cover body

Jika oli mesin dianggap perlu diganti, panaskan motor 2-3 menit, buka penutup oli atas (plastic) dan buka baut drain untuk menguras oli (inget, untuk membuka arahnya kekiri , bayangkan bro ada di kolong motor).

ngetap oli2

ngetap oli

BERSIHKAN SARINGAN UDARA

Copot sekrup pake obeng, ambil filter dan bersihkan, dengan disemprot angin kompresor. Kalo kotor banget, ya dah waktunya ganti. Kalo belum/nggak punya duit, bisa ikuti tip berikut : rendem di air deterjen, semprot angin compressor, jemur sampe kering, kasi oli 10w-40, semprot lagi pake angin kompresor, dah siap dipasang lagi.

bersihkan filter udara

BERSIHKAN KARBU

Kalo berasa tarikan nggak enak, bisa jadi karbu kotor. Periksa jika ada rembesan bensin, berarti seal-nya sudah keras, minta ganti. Langkah2 nyervis karbu :

1. Lepas penutup skep(putar ke kiri) pake tangan (jangan pake tang, tutup karbu bisa cacat) dan cabut skepnya pelan2/lembut (untuk menghindari skep baret)

lepas karbu1

2. Lepaskan komponen2 skep (jika dianggap perlu), konektor  TPS, kabel cuk (choke), kendorkan baut2 di manifold dan karet penghubung dengan filter udara.

lepas karbu2

3. Copot karbu, lepas baut ACV/air cut-off valve (kalau perlu), lepaskan baut mangkuk karbu, copot mangkuk karbu, periksa pelampung dan jarum pelampungnya (kalo cacat ganti jarum nya, karena bisa menyebabkan karbu bocor). Kalo nggak punya duit, bisa diskur dengan menggunakan odol.

lepas karbu3

4. Periksa main dan pilot/slow jet (kalo perlu di lepas dengan menggunakan obeng -), kalo ada semprot dulu dengan carb cleaner, selanjutnya semprot dengan angin kompresor (ati2 cairan cleaner kena mata)

lepas karbu4

Kemudian rakit lagi karbu nya, tapi jangan dipasang dulu. Kita lanjutkan langkah berikutnya

SETEL KERENGGANGAN KLEP

Langkah2nya adalah :

1. Buka tutup klep in dan ex dengan menggunakan kunci 8, kemudian buka penutup as magnet dan lubang pengiintip dengan menggunakan ring tebal. Selanjutnya putar ke kiri dengan mengguakan kunci sok 14, tempatkan garis T pada notch (coakan) di lubang intip

stel klep1

2. Periksa kerenggangan klep, jika tidak sesuai, atur dengan menggunakan kunci pas 9 dan alat pemutar baut valve adjuster (pengatur kerenggangan klep). Kendorkan mur dengan kunci 9, atur kerenggangan dengan memutar alat pemutar, jika sudah sesuai (gunakan vuler gauge), kencangkan murnya dengan tetap menahan agar baut pengatur kerengganggan klep tidak ikut berputar.

stel klep2

Jika sudah selesai, periksa apakah sil oli pada tutup pengatur kerenggangan klep tidak bocor, kalo bocor, ganti sebelum memasang tutup kembali. Kalau belumsempet beli, bisa pake tip ini : lepas karet sil, bersihkan jalur/tepat sil pada tutup sampai bersih dan kering (pake sabun, dilap pake tisu, dijemur), beri jalur tesebut sil silikon merata sepanjang jalur, masukkan sil karetnya ke jalur tersebut tekan sampai sil silikon luber keluar, bersihkan sil silikon yang luber. Sekarang sil karet dah sedikit lebih tinggi dari permukaan tutup nya, biarkan kering 10-15 menit, baru dipasang, insya Allah nggak bocor lagi.

Selanjutnya Karbu bisa dipasang kembali, ingat yang harus dihubungkan adalah skep, TPS dan coke.

MEMERIKSA KERENGGANGAN BUSI

Copot busi dan lihat kondisinya (dah tau ya, kondisi pembakaran terlihat di busi). Lihat apakah ada yg rusak, baik itu elektrodanya atau insulatornya, kalo rusak maka baiknya diganti. Jika busi masih bisa dipakai, bersihkan elektrodanya dengan amplas halus, atur celah busi 0,8-0,9mm dan pasang kembali dengan lembut (pake tangan), setelah terasa putaran sudah mentok, baru gunakan kunci untuk mengeratkan, biasanya cukup 1/8-1/4 putaran.

periksa busi

Jika perlu dan ada bahannya (carbon degresser/cleaner berbentuk busa), sebelum busi dipasang kembali, semprotkan cleaner ke ruang bakar lewat lubang busi, tunggu 5 menit, sedot dengan menggunakan spet bekas tinta printer_selang kecil.

SETEL KOPLING OTOMATIS

Motor bebek umumnya menggunakan kopling sentrifugal/otomatis, yang karena pemakaian ada kemungkinan terjadi keausan pada penekan per kopling, sehingga perlu disetel ulang. Langkah2nya sebagai berikut : Kendurkan mur pengunci (lock nut) dengan kunci pas 14, (sambil tetap menahan lock nut) putar pengatur kopling dengan obeng -, ke kanan ½-1 putaran, kemudian putar kekiri sampai terasa tertahan, kemudian putar 1/8 putaran ke kanan, kemudian kencangkan lock nut-nya.

stel kopling otomatis

Kalo sudah rakit kembali semua sampai utuh, nyalakan mesin, dan setel karbu. FINISH

Pemeriksaan tambahan lainya yg meliputi rem, gas, lampu rem, lampu depan, dll kayaknya dah banyak yg bisa.

Sampai disini obrolan kita tentang servis motor suprax125, mohon maaf kalo ada kurang dan salahnya. Kalo ada suhu2 yang lebih faham, mohon pencerahannya.

Semoga bermanfaat, wassalamu;alaikum wR wB.

Artikel lain tentang oprek2 mesin motor

Servis Pulsar 180 UG4

Bongkar Head Cylinder CB150RSF

Bongkar Head-Blok Cylider Honda Grand

Bongkar Kopling Honda Grand

Bongkar Magnet Honda Grand

Advertisements

$where = 0;

36 responses to “[DIY] Servis SupraX 125, Sambil Menunggu Maghrib (Berbuka Puasa)

  1. mantap….
    supra x 125 saya dari baru beli sampai tahun ke 7 pemakaian ga pernah diservus ke beres cuma ganti ol,busi,filter udara kampas rem dan ban luar dalam,soal nya ga pernah jalan jauh. setiap hari bolak balik kantor 10 km/hari kecepatan maks 60kmh.
    kalo karburator cuma disemprot pake engine cleaner jadi kaga pernah dibongkar

    kira kira ada ngaruh ya bro?

  2. domba garut yeah

    supra x silent banter wkwkwk

  3. Wah, andai ente punya vario 125 ya

  4. wah mantep nih buat referensi servis supra 125 ku. nice share mas. 😀
    sayangnya alat di rumah nggak selengkap milik njenengan. salah satunya ya buat stel klep itu. 🙄

  5. Gila,lengkep banget mas,mudah mudahan bermanfaat,hehe motor ane juga supra x 125.

  6. satu semseter beres daslam satu lembar hehehe

  7. beli valve adjuster wrench dimana oom?

  8. gan mau tanya.. motor saya sama persis kayak agan.. saya abis ngbersihn karbu pas saya pasang lg ko pas nyain msin susah hidup ya?
    mau hidup klu choke di tarik & klu di tutup mesin mati.. pnyebabnya apa ya gan?
    mhon bntuan’a..
    krim ke email sya . indra11061992@gmail.com

    • kalau mesin dalam kondisi dingin, memang susah hidup, harus dibantu choke, seperti saat menghidupkan mesin di pagi hari.
      itulah perlunya choke, karena saat dingin suhu kerja ideal belum tercapai, sehingga membutuhkan campuran yang lebih kaya agar mudah terbakar.
      coba setting lagi air-screw nya sampai pas.

  9. kalau gas di tarik malah mati penyebab’a apa ya gan? apa ada kesalahan pemasangan mj & pj

    • coba diperiksa mangkuk karbu nya, jangan2 ada kotoran ngambang, jadi digas, kotoran tsb nyumbat mainjet, kalo gas di lepas kotoran lepas lagi, idle hidup kalo digas malah mati.
      atau campuran terlalu kaya, jadi kalo digas, busi langsung basah, jadi mati. sebentar kemudian distarter hidup lagi, karena businya sdh kering

  10. Motor saya supra x 2010, karbu brsan di servis + busi jg ganti baru.. klo jalan pelan kadang2 suka mati mesin padahal stelan gas jg sdh cukup bagus.. apalagi yg perlu dicek ya Mas Bro biar tdk suka matian… suwun

    • Mesin kadang2 mati ada beberapa masalah :
      1. Campuran terlalu kaya atau terlalu miskin (permasalahnnya ada di karbu, bisa dilihat di kepala busi)
      2. Kompresi bocor (permasalahnnya ada di ruang bakar, bisa dicek di lubang busi pake tangan)
      3. Pengapian lemah (permasalahan di busi, lihat pengapian di kabel koil)

  11. Minta tolong lagi ya Mas Bro, Supra X 125 th 2010 jika cuaca dingin terutama habis hujan pada saat jalan agak menurun gasnya seperti nyangkut kalau dikecilkan. Jadi harus injak rem terus blayer gas dulu baru bisa mengecil gasnya. Masalahnya pada apanya ya Mas Bro…? Suwun.

  12. coba dikasih oli/pelumas yang tidak merusak karet pada bagian dalam stangnya, insyaAllah lancar lagi.

  13. maaf mau tanya 2 kabel yang ada di karbu seperti gambar diatas fungsinya buat apa yah?

    lalu bila putus berpengaruh tidak terhadap karbu atau yang lain
    terima kasih

    • itu kabel tps (throttle position switch), untuk mengubah kurva pengapian saat bukaan sempit dan bukaan lebar

      • kabel TPS saya putus di ujungnya karena kelalaian montir waktu kemarin service…….. saya komplein namun montirnya minta maaf….. ketika saya mau beli kabel satu set TPS nya ternyata tidak ada yg jual di bengkel2 tersebut…. sekarang kabel tidak terpasang…. namun motor tetap bisa jalan….. adakah ada pengaruhnya terhadap pengapian saat bukaan sempit dan bukaan lebar tersebut bila kabel tersebut tidak terpasang?
        mohon maaf banyak bertanya…. sebab saya khawatir akan jadi masalah pada mesin/karburator motor 🙂

  14. rafiwahyuqullinas

    selang yang tabung filternya panjang yang deket karbu itu di pasang di mana ?

  15. gan supra125 ane thun 2009, problemnya masuk gihi 1234 tarik gass kok kaya ndut ndutan padahal ane uda ganti mangkok ganda. kampas ganda. kampas kopling. n uda ganti seher, tp msi ndut ndutan , tp klo per kopling blum di ganti mas, bdw kira” haru ganti per n ring kopling juga ya mas . saranya dong om tks sblumx

    • coba digas full saat netral, jika juga ndut2an, berarti setting karbunya nggak pas
      tapi kalau saat netral lancar, dan ndut2an saat dinaikin maka kemungkinan masalahnya memang di kopling
      kalau kampas koplingnya sudah diganti, maka kemungkinan terahir memang per koplingnya yang sudah lemah

  16. malam pak dosen.supra x 2011 ane udah oversize 75.semisal ingin supaya power naik siknifikan gmna pak?smisal rpm di naikin.cdi ap yang recomended pak.trus noken as.

  17. 125 pak.karbu.oprek yang masih enak buat harian

  18. selama tidak terjadi perubahan rasio kompresi yang signifikan, cukup pakai cdi standar. Kalau mau naikin rpm, paka cdi racing, bisa rextor atau brt.
    Kalau brt ane punya nih, baru. Nggak jadi kepasang, motor keburu di jual

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan