Honda PCX 160 2021 Aplikasi Frame Baru, Apa Untung dan Ruginya ?

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga kita semua selamat di perjalanan sampa ke tujuan.

Honda pcx 160 2021 memang layak mendapat predikat all new. Karena selain engine-nya baru, frame nya juga baru. Bahkan jika diamati secara seksama, frame-nya bisa dikatakan berubah secara total, baik man frame maupun subframenya.

Tentunya perubahan frame ini tidaklah main, banyak sekali faktor yang dipertimbangkan. Baik dari segi kekuatan, kemudahan fabrikasi, kemampuan mendukung bentuk dan juga part lain yang melekat padanya seperti fairing dan engine, serta beberapa detil yang terkai performa seperti handling dan kestabilan. Dari pengamatan sekilas, maka iwf dapat memberikan sedikit opini mengenai kelebihan dan kekurangan frame baru ini.

Frame pcx 160 2021 terlihat lebih sederhana. Dari kesederhanaan ini didapatkan minimal 2 keuntungan, yaitu :

  1. Pekerjaan fabrikasinya lebih sedikit, otomatis ongkos nya juga lebih murah. Sehingga ditinjau dari sisi poduksi dan ekonomi lebih menguntungkan.
  2. Material yang digunakan lebih sedikit, otomatis fram menjadi lebih ringan, katanya sih lebih ringan sekitar 0,726 kg (sekitar 1,6 pound). Kelebihan ini cukup berkontribusi pada pwr, dan jika diproduksi dalam jumlah banyak tentunya juga lebih menguntungkan secara ekonomi.

Kekurangannya baru bisa iwf prediksi jika terjadi pada kondisi ekstrim. Hal ini bisa dilihat dari konstruksi bagi sub-frame bagian belakang. Ada beberapa bagian yang sebelumnya ada di frame pcx 2018, pada frame pcx terbaru justru ditiadakan. Penopang subframe dan palang melintang di bagian belakang ditiadakan. Jika terjadi kondisi ekstrim berikut :

  • Dalam kondisi standar menurut iwf tidak akan terjadi masalah. Akan tetapi jika diberi bobot yang berlebih, subframe pcx 150 2018 terlihat lebih tangguh.
  • Jika terjadi insiden dari samping pada bagian belakang, maka impact hanya ditnggung sendiri oleh salah satu subframe kanan atau kiri. Sedangkan pada pcx 2018 terdapat pipa baja yang menghubungkan antara keduanya sehingga dapat lebih kokoh.

Memang sih, sepertinya honda sudah menyadari hal tersebut. Makanya pipa baja subframe bagian belakang lebih besar (lebih kuat) dari sebelumnya. Akan tetapi menurut opini iwf, pada sektor ini frame pcx 2018 lebih baik.

Semoga bermanfaat, wasalamu’alikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan