” Terpaksa ” HRC Mengembangkan Honda RC213V Secara Marquez Sentris

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senatiasa menyelamatkan kita semua dari berbagai wabah penyakit dan segala mara bahaya, aamiin.

Hubungan simiosis antara marc marquez dan honda (hrc) memang sangat kuat. Motor honda rc213v menjadi suatu paket yang lengkap jika ridernya adalah marc marquez. Tanpa marc marquez honda rc213v menjadi pudar kedigjayaannya, apa sebab ?

Sebabnya marc marquez selalu memberikan masukan pada mekanik dan insinyur honda untuk menyesuaikan settingn motornya dengan gaya balapnya. Mengapa seakan-akan hanya marc marquez yang mampu membangkitkan superioritas honda rc213v ? Karena gaya balap marc marquez terbilang ekstrim, dan ini ia lakukan agar performa honda rc213v berada di batas maksimumnya. Hanya dengan cara ini honda rc213v-marc marquez mampumeraih prestasi gemilang (triple crown) di motogp hingga tahun lalu.

Demi mencapai performa tertinggi, mau tidak mau baik mekanik maupun insinyur hrc harus memenuhi permintaan marc marquez. Karena marc marquez mampu membuktikan bahwa memenuhi permintaannya (setingan motor) tidaklah sia-sia. Oleh karena itu mayoritas jajaran menejemen hrc sepakat bahwa paket honda rc213v-marc marquez harus dipertahankan, bahkan sampai 4 tahun.

Dalam suatu kesempatan marc marquez mengatakan :

” Honda (hrc) tidak merakit motor (rc213v) hanya untuk saya. Saya hanya beradaptsi “.

Jadi honda sebagai suatu pabrikan memang selalu ingin menjadi yang “ter” dalam semua bidang khususnya pada pengembangan motor balap rc213v. Pengembangan yang terus-menerus yang berkesinambungan terkadang menjadikan honda rc213v mencapai bentuk “monster” . Yang mana hanya orang-orang tertentu (pembalap motogp tentunya) yang mampu menaklukkannya dan membawanya ke kemenangan demi kemenangan. Dan salah satu pembalap tersebut adalah marc marquez.

Marc marquez dengan talenta yang melekat pada dirinya seperti sedang membangkitkan monster rc213v. Masukan darinya untuk merubah setingan hanyalah perantara untuk menjembatani antara keganasan honda rc213v dengan talenta marc marquez. Jadi talenta adalah yang utama dan ubahan setingan adalah “fine tunning” dalam membawa performa honda rc213 mencapa limitnya.

Sehingga ketika marc marquez cidera seakan-akan tiada pembalap yang mampu membawa motor yang dikembangkan marc marquez. Butuh kekuatan dan stamina ekstra dalam menjinakkan dan mengeksplor seluruh performa rc213v. Dan sayangnya belum ada pembalap yang mampu mencapai simbiosis dengan rc213v sebaik yang marc marquez capai.

Jadi bukan salah marc marquez membalap sampai titik ekstrim, bukan pula salahnya hrc yang larut dalam irama marc marquez. Karena memang harus berjalan beriringan untuk mencapai kemenangan demi kemenangan. Pembalap honda lainnya bukan tidak berusaha, akan tetapi usaha mereka belum mampu mecapai tingkatan yang telah dicapai marc marquez.

Bahkan dalam sebuah artikel terdahulu iwf pernah menuliskan bahwa gaya balap dan kecepatan marc marquez di atas hodna rc213v telah membawa pembalap-pembalap lainnya “naik tingkat” bahkan sampai ke taraf yang membahayakan [artikel]. Karena jika marc marquez semakin cepat dan semua pembalap berusaha keras untuk mengejarnya, maka mereka bisa melampai limitnya, baik limit dalam hal skilnya maupun limit motornya. Itu bisa mengakibatkan kecelakaan (crash) yang berbahaya bagi dirinya juga pembalap lainnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan