Akibat Honda CB150R Digunakan untuk FreeStyle, Komponen Cepat Aus

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa melindungi kita semua dari wabah penyakit dan segala mara bahaya, aamiin.

Iwf lanjutkan cerita mengenai dampak dari penggunaan motor standar (dalam hal ini si “black ant” honda new cb150r 2017)  untuk aksi freestyle. Saat awal membeli motor ini, tidak terbayang akan digunakan untuk aksi freestyle, hanya untuk touring bersama rekan-rekan blogger jawa timur. Akan tetapi ternyata pada akhirnya motor ini dipakai si sulung untuk aksi freestyle, yang menyebabkan beberapa kerusakan seperti yang iwf sampaikan pada artikel sebelumnya [artikel].

Ternyata bukan hanya terjadi kerusakan pada beberapa komponen, akibat terjatuh saat freestyle, ada juuga beberapa kerusakan lainnya yaitu komponen aus sebelum waktunya. Salah satu yang sangat tampak adalah rantai beserta gir belakang. Sejatinya umur motor memang sudah 3 tahun, akan tetapi jika iwf yang menggunakan (standar harian), umur rantai bisa mencapai lebih dari 5 tahun. Terbukti rantai cbr150r repsol tahun 2014 masih menempel di motor tanpa kendala apapun, begitu pula dengan honda cs1 2009 (dulu saat masih memeliharanya).

Rantai Motor Lebih Cepat Melar
Motor harian memiliki reduksi standar yang retaif jauh lebih berat jika dibandingkan dengan motor yang dimodofikasi untuk freestyle. Sehingga jika motor harian digunakan untuk wheelie, baik rantai mauun gir belakang akan mengalami pembebanan yang jauh lebih besar dibandingkan jika digunakan untuk harian. Karena ia bekerja dengan torsi terbesar dengan respons yang lebih spontan, akibatnya rantai menjadi lebih cepat melar (mulur).

Sampai pada suatu saat, pengatur ketegangan rantai belakang sudah mentok, dan rantai tetap kendor. Dalam kondisi ini seharusnya rantai beserta gir depan-belakang sudah waktunya diganti yang baru. Akan tetapi karena duit masih belum tersedia, ya terpaksa dipotong dengan alat khusus (special tool). Dan kebetulan iwf sempat menangani pemotongan rantai honda cb150r yang kendor melewati batas ini. Alhasil iwf potong 4 mata rantainya agar ketegangan rantai bisa diatur seperti biasa. Perhatikan potongan kecil rantai honda new cb150r ini.

Gir Belakang Aus
Bersamaan dengan keausan rantai belakang, begitu pula dengan gir belakang. Karena dua komponen ini bekerja secara sinergi, sehingga jika yang satu aus, maka yang lainnya juga ikut aus. Dan keausan gir belakang sangat mudah untuk diamati, terlihat dari mata gir yang sangat runcing dan tidak simetris. Berikut ini penampakan gir belakang honda new cb150r yang sudah sangat aus.

Kondisi gir belakang yang seperti ini akan membuat pertemua antara rantai gir menimbulkan getaran dan bunyi. Masih tetap bisa digunakan meskipun berisik. Efeknya tidak begitu terasa jika berjalan maju, akan tetapi ketika mundur saat atret/parkir maka suara rantai akan bergemeretak, mengkhawatirkan. Jika ada dana bin fulus, memang rantai dan gir seperti ini sudah tidak layak digunakan dan sudah waktunya dilembiru (dilempar beli baru).

Kampas Kopling Aus
Karena mengalami beban kerja yang besar dan spontan, maka kampas kopling akan lebih sering selip. Dan semakin sering selip, semakin cepat pula kampas kopling aus. Akan tetapi iwf masih belum bisa memastikan kondisi kampas kopling si black ant ini, karena terletak di dalam engine, dan males bongkar-bongkar.

Kerusakn dan keausan komonen yang terjadi pada motor iwf honda new cb150r menjadi fenmena yang normal, jika digunakan secara tidak semestinya (dignakan untuk freestyle. Dan kejadian ini juga bisa dialami oelh motor-motor lainnya, terutama motor yang bergenre sport dengan reduksi akhir yang berat, seperti sport full fairing.

Jadi bagi masbro yang memang ingin latiha freestyle ada baiknya memperhatikan part-part ini. Jika motornya baru, ada baiknya part-part ini (satu set gir depan-belakang beserta rantai) diganti dengan kombinasi yang memiliki eduksi yang jauh lebih ringan, misalnya gir depan 13 – gir belakang 45. Akan tetapi jika sudah terlanjur aus, lebih baik ganti ban belakang dengan ukuran yang lebih kecil. Jadi siapkan dana (lagi) ya khusus untuk bagian yang cukup signifikan bagi keberhasilan aksi freestyle.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan