Akibat Honda CB150R Digunakan untuk FreeStyle, Patah-Patah

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua dari wabah penyakit dan berbagai mara bahaya, aamiin.

Sejatinya motor harian, termasuk honda cb150r hanya diperuntukkan untuk penggunaan biasa (standar), yaitu sebagai alat transportasi di jalan aspal. Bukan untuk balapan, off road atau apalagi freestyle. Karena untuk kebutuhan tersebut diperlukan setingan khusus, misalnya untuk balapan membutuhkan power diputaran atas, sedangkan untuk off-road sebaliknya memerlukan torsi besar di putaran rendah.

Untuk keperluan freestyle, motor memerlukan torsi yang lebih tinggi di putaran rendah, agar motor mudah standing (wheelie). Mungkin untuk beberapa orang yang ahli (expert) honda new cb150r bisa di-wheelie-kan. Bahkan beberapa freestyler pemula juga bisa melakukannya, akan tetapi ketika tidak bisa menyeimbangkan posisi, motor bisa terlepar dan mengalami beberapa kerusakan.

Kebetulan iwf punya pengalaman motor honda new cb150r yang rusak, gara-gara digunakan untuk latihan freestyle oleh si-sulung. Beberapa kerusakan yang terjadi pada motor adalah adanya beberapa komponen yang patah, di antaranya :

Spakbor Belakang
Bagian ini adalah yang pertama kali patah ketika melakukan wheelie yang ekstrim (tegak). Karena dipastikan akan gasruk (terkena) aspal, jika kondisi gasruknya ringan, spakbor belakang hanya tergores kasarnya aspal saja. Tapi jika kejadinanya parah, maka bagian ini akan patah.

Footstep Depan
Bagian ini sesungguhnya sulit patah, karena memiliki engsel, sehingga bisa bergerak naik turun. Apalagi jika honda new cb150r sudah dipasang crash-bar, bagian ini hampir tidak mungkin patah, karena posisinya terlindungi oleh crash-bar depan dan belakang. Akan tetapi jika jatuh pada posisi tertentu, footstep depan juga bisa patah, perhatikan gambar berikut ini.

Rangka Alumunium
Pada bagian depan rangka terdapat bagian kecil berbentuk Y berbahan aluminium yang tampak kokoh menghubungkan rangka utama bagian depan dengan mesin. Ternyata bagian ini juga bisa patah jika motor honda new cb150r terjatuh dengan keras (terlempar-terbanting) ke aspal. Bagian ini harus segera diganti jika patah, karena akan mempegaruhi kekuatan struk ranga secara keseluruhan.

Nah bagi para rider yang punya hasrat yang kuat untuk belajar freestyle, perhatikan bagian-bagian ini. Kalau bisa spakbor belakang untuk sementara dilepas jika ingin latihan freestyle, sedang jika kembali digunakan untuk alat trasportasi biasa ya dipasang kembali. Siapkan uang untuk membeli beberapa part aluminium yang kemungkinan akan patah, footstep sekitar Rp. 30.000,- sedangkan rangka aluminimum cukup sulit didapatkan dan harganya sekitar Rp. 60.000,- (sudah termasuk ongkos kirim dalam satu propinsi – jatim).

Bagaimana dengan rangka utama yang berbetuk ‘X’ ?…….Nanti iwf ceritakan pada artikel berikutnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

 

Advertisements

$where = 0;

2 responses to “Akibat Honda CB150R Digunakan untuk FreeStyle, Patah-Patah

  1. Rangka aluminium untuk sementara nunggu barang asli datang, bisa bikin sendiri di tukang bubut, dimal dulu tapi. Aluminiumnya pakai yang seri 6063-T6 atau 7075-T6 yang kuat.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan