Komparasi Performa-Harga Honda CBR 250RR dan Kawasaki ZX25R….Mending Mana ?

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantasa menyelamatkan kita semua dari wabah penyakit dan mara bahaya di manapun kita berada, aamiin.

Setelah kawasaki merilis secara resmi zx25r beserta harganya, yang memang ditunggu-tunggu netizen, lantas bagaimana tanggapannya ? Banyak juga yang galau dan bingung, mau bertahan dengan honda cbr250rr (bagi yang sudah punya), atau mau pulih yang mana, bagi yang baru naik kelas dari kelas di bawahnya 150cc. Kegalauan ini disebabkan oleh kelebihan-kelebihan yang dimiliki zx25r sedangkan kebingunngan karena harganya yang beda jauh (lebih mahal), jika dibandingkan cbr 250rr.

Untuk sedikit mengobati kegalauan dan kebingunngan mau pilih yang mana, kawasaki zx25r dengan 4 silindernya dengan power 50hp atau honda cbr250rr dengan 2 silindernya dengan power 38hp, coba simak komparasi komprehensif iwf dari 2 motor ini…

Diketahui dari informasi resmi masing-masing pabrikan baik honda maupun kawasaki, bahwa power-berat honda cbr 250rr adalah 28,5 kW (38,22 hp)-165 kg, sedangkan kawasaki zx25r adalah 37,5 kW (50,28 hp) – 180 kg. Dari dua parameter ini dapat diketahui power/weight (pwr) nya, yaitu :

Jadi secara brosur (di atas kertas), zx25r lebih ngacir pada saat power puncaknya tercapai dibandingkan cbr 250rr. Nah sekarang mari diperhatikan pada saat awal sampai waktu singkat tertentu (sama-sama star dari kondisi diam), siapa yang lebih ngacir ? Perhatika tabel ini

Dari tabel di atas menunjukkan bahwa engine kawasaki zx25r akan lebih cepat mencapai power maksimumnya dibandingkan dengan honda cbr250rr. Karena grafik kenaikan power-nya dibandingkan kenaikan putaran engine-nya lebih curam. Artinya dari 2 komparasi ini, di aas kertas (secara teori), mau kebut-kebutan jarak dekat atau jarak jauh, kawasaki zx25r akan menang.

Lalu bagaimana dengan seorang rider yang membandingkan antara kedua motor ini dengan harganya ? Maka iwf bisa buatkan sebuah parameter yaitu power/harga (juta rupiah) atau kalau boleh iwf buat istilah sendiri PCR (power to cost ratio). Artinya dalam 1 juta rupiah berapa power yang diberikan oleh masing-masing engine ini.

Setelah kawasaki zx25r unggul dalam 2 parameter performa di atas, untuk kali ini honda cbr 250rr unggul dalam produktifitas. Yaitu dalam 1 juta rupiah honda cbr 250rr mampu menghasilkan power sebesar 0.63 hp, sedangkan kawasaki zx25r hanya mampu menghasilkan 0,52 hp.

Artinya dalam hitungan kasar di atas kertas, ketika harga cbr 250rr disamakan setara dengan zx25r untuk menambah performa engine-nya, maka cbr 250rr power akan mencapai

0,62 x 96 = 59,6 hp.

Atau untuk mendapatkan power yang setara dengan zx25r, honda cbr 250rr harus di-upgrade performanya dengan biaya sekitar

(50,28-38,22)/0,62= 19,44 juta (dibulatkan 20 juta-an).

Jadi harga total honda cbr 250rr standart + modifikasi performa hanya  61,6 juta + 19,44 juta = 81 jutaan (lebih murah 15 juta dibandingkan zx15r std). Mungkin setelah power ini tercapai, honda cbr 250rr dapat lebih ngacir, karena bobotnya jauh lebih ringan.

Baik mas bro sekalian, jadi kalau mas bro memang ingin motor yang lebih kecang sejak lahirnya (kondisi standar pabrik). Mau kencang tinggal gas nggak mau repot modifikasi performa segala, maka kawasaki zx25r sangat cocok buat mas bro. Apalagi dengan keunggulan dari aspek lainnya yang pernah iwf tulis di artikel sebelumnya (di sini), zx25r layak menjadi pilihan utama.

Akan tetapi bagi masbro yang cintanya hanya untuk honda dan tidak mau pindah ke lain hati, maka honda cbr 250rr masih layak kok dipertahankan. Tambah budget sekitar 20 jutaan, dah imbang bahkan lebih ngacir dibandingkan zx25r. Tapi ya itu… gengsi 4 silinder dan merdunya suara knalpot 4-inline tidak didapetkan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa abrokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan