Motor Bebek Masih Akan Tetap Bertahan, AHM Pertahankan Eksistensi Honda Revo

honda revo 2020

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua, di manapun kita berada.

Belasan tahun pakai motor bebek, mulai dari tahun 1993 sampai dengan 2011, membuat iwf tidak bisa melupakan, betapa funsionalnya motor yang satu ini. Di awali dengan honda grand, kemudian naik kelas ke supra x125 dan terakhir naik kelas lagi ke honda cs1. Tapi yang paling berkesan adalah honda grand, karena paling banyak sejarahnya.

Secara fungsi (menurut iwf) motor bebek adalah motor yang paling fungsional. Dengan konsumsi bahan bakar yang paling irit (efisien) dan kemudahan yang mirip motor matik (semi automatic). Tentu saja ini merupakan kelebihan yang sampai saat ini masih banyak yang mengandalkannya. Efisien karena transfer tenaga mengguakan rantai-sproket, dan mirip matik karena menggunakan kopling ganda setrifugal.

Dengan kapasitas mesin 110cc yang dilengkapi teknologi PGM-FI, berpendingin udara, engine new honda revo mampu menjangkau 59,8 km dengan 1 liter (metode ECE R40) menggunakan metode pengukuran EURO 3 (EURO 2 = 62,2 km/liter). Jauh lebih Irit jika dibandingkan matik yang ada saat ini. Selain itu dengan dua sok belakang, menjadikannya sangat tangguh untuk mengankut beban yang cukup berat, cocok untuk cari duit.

Mesin-Revo-X

Oleh karena itu honda (ahm) masih terus berusaha mempertahankan segmen yang dulu pernah jaya ini. Ada beberapa tipe motor bebek yang masih diproduksi ahm, dan yang baru saja mendapatkan penyegaran tampilan adalah honda revo. Ahm memperkenalkan tampilan baru revo ini, sehingga dinamakan “New Honda Revo-X”. Dan honda revo saat ini merupakan generasi terbaik dari revo-revo sebelumnya. Perhatikan evolusi revo mulai dari pertama dirilis tahun 2007 sampai sekarang.

honda revo 2007-2020

Tidak bisa dicegah, bahwa perkembangan zaman, menjadikan trend minat konsumen berubah. Yang tadinya motor bebek merupakan market share terbesar, sekarnag bergeser menjadi yang paling kecil, bahkan lebih kecil dari sport. Saat ini market share motor bebek (cub) honda hanya tersisa 6% saja. 

Thomas Wijaya, Direktur Marketing AHM mengatakan :

“Sepeda motor bebek masih terus diminati masyarakat, terutama bagi mereka yang membutuhkan transportasi dengan karakter tangguh, irit, dan mampu menerjang segala kondisi jalan. Oleh karena itu, kami memberikan penyegaran melalui warna merah yang menarik dan stripe baru  untuk menanggapi permintaan pasar terhadap sepeda motor andalan kami di segmen ini, yaitu New Honda Revo series,”.

Untuk melayani keinginan konsumen, ahm berusaha meningkatkan tampilannya. Oleh karena itu diluncurkanlah berbagai warna baru dan variasi stripingnya. Ada 2 tipe new revo yang dirilis :

  • New honda revo X harganya Rp 16.423.000 (on the road (OTR) DKI Jakarta). Hadir dengan 2 pilihan warna (gambar judul) yakni
    • Attractive Red dan
    • Quantum Black.
  • New honda revo fit harganya Rp 14.621.000 (OTR DKI Jakarta), dengan 3 pilihan warna yakni :
    • Neo Green,
    • Raving Red dan
    • Galaxy Blue.

This slideshow requires JavaScript.

Selain fitur engine yang irit, New Honda Revo series mengaplikasian beberpa fitur yang fungsional :

  • rem cakram depan
  • sistem kunci kontak berpengaman auto lock (Auto Secure Key Shutter)
  • tangki bahan bakar yang dengan kapasitas hingga 4 liter,
  • bagasi serbaguna sebesar 7 liter
  • pijakan pembonceng terbuat dari bahan aluminum 

Kalau melihat revo saat ini jadi teringat dengan supra x125 tunggangan iwf dulu. Kalau dibandingkan tentu saja ada kurang dan lebihnya. Pastinya bentuknyanya sudah mirip dengan beberapa kelebihan yaitu sudah injeksi dan footstep bencenger alumunium. Sedangkan kekurangannya adalah kurang agresif, knalpotnya nggak sporty blas dan engine-nya kurang nendang.

supra x125 2009

Menurut iwf, ditengah kelesuan pertumbuhan ekonomi Indonesia, justru motor bebek ini yang paling berguna bagi rakyat. Apalagi tahun 2020 ini diprediksi pertumbuhan ekonomi merosot sampai 4,xx %, artinya beban hidup masyarakat semakin berat. Motor yang paling cocok adalah motor yang paling irit dan paling tahan banting. Honda new revo adalah salah satu pilihan terbaiknya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Spesifikasi Honda Revo X
Mesin
Tipe Mesin SOHC, 4 Langkah, SOHC, Silinder Tunggal
Kapasitas 109,17 cm3
Rasio Kompresi 9,3:1
Sistem Pendingin Pendingin Udara
Diameter x Langkah 50 x 55,6 mm
Tenaga Maksimal 6,56kW (8,91 PS) / 7.500 rpm
Torsi Maksimal 8,76 Nm (0,86 kgf.m) / 6.000 rpm
Tipe Kopling Multiplate Wet Clutch with Diaphrgam Spring
Starter Starter Kaki & Starter Elektrik
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi/PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Transmisi 4 Kecepatan
Dimensi
Panjang 1.919 mm
Lebar 709 mm
Tinggi 1.080 mm
Jarak Sumbu Roda 1.227 mm
Jarak Terendah 135 mm
Berat 97,5 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4 Liter
Kaki-kaki
Tipe Rangka Tulang Punggung
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Suspensi Ganda
Ban Depan 70/90 – 17 M/C 38
Ban Belakang 80/90 – 17 M/C 44P
Rem Depan Cakram Hidrolik dengan piston tunggal
RemBelakang Tromol

 

 

Advertisements

$where = 0;

One response to “Motor Bebek Masih Akan Tetap Bertahan, AHM Pertahankan Eksistensi Honda Revo

  1. Pingback: Dibayangi Pertumbuhan Ekonomi Melemah, AHM Rilis Honda Rebel dan Africa Twin. Untuk Apa ? | the motorbike goes by skill or you get killed

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan