Tip-Trik Blogger Kondang untuk Blogger Otomotif Pemula

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semoga Allah selalu menyertai perjalanan kita semua dengan keselamatan dan kesejahteraan.

Iwf pernah menjanjikan dalam artikel sebelumnya mengenai beberapa trik (hasil terawangan iwf) terhadap kinerja blog otomotif nasional papan atas. Dan pada artikel ini iwf coba paparkan trik apa saja yang mereka terapkan dalam membuat artikel. Trik ini tidak semerta-merta akan menaikkan ranking alexa ya, karena parameter meningkatnya rangking alexa bukan cuma artikel.

Berikut ini terawangan iwf mengenai blog otomotif papan atas yang mungkin bisa diadopsi dalam mengelola blog mas-bro sekalian…

  1. iwanbanaran; bahasa yang lugas khas jawa timuran cukup menarik minat pembaca khususnya orang jawa, khususul khusus orang jawa timur. Bisa dibayangkan jika 10% saja netizen suku jawa (khususnya jawa timur) datang menyimak info di iwanbanaran.com sudah jutaan. Belum lagi pemirsa setia dari berbagai suku di Indonesia dan dunia, jadi meskipun artikel yang diterbitkan tidak terlalau banyak (menurut sekilas pengamatan iwf rata-rata di bawah lima artikel per hari) tetap saja view-nya membludak, banyak banget.
  2. tmcblog; artikel yang diterbitkan sangat banyak, bahkan pernah iwf hitung sampai 10 atau lebih artikel perhari. Dan terkadang artikelnya juga sangat teknikal dan panjang (lebih dari 500 kata). Dan menurut pengamatan iwf, mas topik sebagai admin tmcblog sangat perhatian terhadap mention-mention dari blog otomotif internasional. Jadi beliau rajin dan tekun mantengin blog-blog otomotif internasional papan atas, sehingga menjadi yang terdepan dalam menyampaikan berita-berita terbaru. Inget ya, mantenginnya malam hari, karena di “sana” aktifnya siang hari di mana saat itu di Indonesia sedang asyik-asyiknya tidur malam.
  3. semisena-otomaniac; keduanya menampilkan spesifikasi motor yang baru muncul beserta harganya. Tentu saja akan sering dicari oleh orang-orang yang mau beli motor atau ingin membahas motor tersebut, entah dari spesifikasinya, warnanya atau harganya. Terkadang ketika kita mencari motor keluaran misalnya 2019, mereka juga tetap bisa menyajikannya meskipun tahun keluarannya 2018.
  4. bonsaibiker; nah blog ini lebih banyak membahas kejadian kecelakaan di jalan raya ketimbang membahas sepeda motor. Tentu saja, berita kecelakaan sangat mudah viral dan sangat sering terjadi. Bahkan dalam satu hari dapat terjadi beberapa kecelakaan bahkan puluhan yang juga menelan banyak korban. Terkadang ada berita lanjutan yang merupakan berita verivikasi dari beirta sebelumnya, jadi satu kasus bisa jadi dua artikel. Dari tipe berita kecelakaan saja sudah bisa menyedot banyak view, belum lagi berita-berita lainnya sekitar sepeda motor.
  5. ridertua; bisa dikatakan inilah blogger paling tua yang sempat iwf temui secara langsung. Menurut yang iwf serap dari beliau minimal ada 4 jurus yang ia terapkan untuk mengelola blognya agar selalu optimal, yaitu :
    • banyak view yang ia dulang merupakan buah banyaknya artikel yang dipablis. Menurut penuturannya ia mempunyai target bahwa setiap hari harus pablis artikel minimal 10 artikel, luar biasa.
    • memberdayakan media sosial dalam mensosialisasikan artikel-artikel dalam blognya.
    • lebih fokus pada berita motogp, yang mana berita ini bersifat internasional dan memiliki banyak peminat
    • meningkatkan kualitas penampilan blog
  6. pertamax7; blog ini sungguh fenomenal karena berumur sangat muda. Meskipun demikian performanya bisa melebihi blog-blog yang lebih senior. Dari yang iwf amati performa pertamax7 sebahagian besar disumbangkan oleh banyaknya artikel yang dipablis perhari. Banyaknya bahkan terkadang melebihi tmcblog dan ridertua. Akan tetapi artikelnya merupakan artikel potongan-potongan dari sebuah artikel yang panjang, yang dikemas sedemikian rupa sehingga tampak layak sebagai artikel yang mandiri.
  7. motoblast; merupakan blog sekaligus lapak untuk penjualan dekal produksinya. Karena gambar/visual dekal yang dibuatnya selalu update, banyak sekali peminat modifikasi dekal. Dari yang memang berniat ingin membeli dekal di motoblast sampai yang mencuri desainnya. Bahkan motoblast mampu menyediakan dekal untuk motor terbaru, gokilkan…orang-orang masih bingung ngurusin spesifikasi dan harga, motoblast sudah menghasilkan dekal baru yang gress dan fresh. Makanya viewer motoblast bukan hanya dari Indonesia bahkan banyak yang berasal dari luar negeri, bahkan sampai mencoba untuk meng-order yang dibuat di motoblast.
  8. sisanya (termasuk motogokil akhir-akhir ini) mirip-mirip,  merupakan blog yang menyajikan info sekitar motor baru baik info review hasil test ride maupun replikasi info-info dari blog papan atas dalam dan luar negeri. Diselingi dengan info yang diolah sendiri dari pengalaman pribadi dan berbagai sumber informasi otomotif serta opini orang-orang terkenal di dunia otomotif untuk membantu mencerahkan para pembaca. Bahkan banyak juga blog yang sebahagian besar isinya adalah press realese dari berbagai pabrikan. Semakin banyak artikel perharinya, semakin besar pula view-nya, dan tentu saja semakin tinggi rangking alexa-nya.

Nah sekarang silahkan mas-bro para pengasuh/admin blog otomotif memilih, mana yang paling sesuai untuk diikuti dalam mengoptimalkan performa blog masing-masing. Silahkan langsung diterapkan,

  • menggunakan bahasa khas suku mayoritas,
  • aktif mentelngi/mengawasi berita otomotif di seluruh dunia,
  • update spesifikasi semua motor,
  • sebar berita kecelakaan di jalan raya,
  • pecah-pecah artikel yang panjang menjadi artikel kecil-kecil
  • mengulas berita motogp atau event yang peminatnya banyak di seluruh dunia
  • membuat sesuatu yang khas yang banyak dibutuhkan pengendara motor
  • atau sekedar mempablis sambil sedikit modifikasi berita dari pabrikan.

Bisa menempuh satu atau beberapa cara di atas, atau bahkan menempuh seluruh trik yang digunakan blogger papan atas tersebut. Pastinya usaha yang tekun akan membuahkan hasil yang manis. Selamat mencoba hai para blogger otomotif pemula…..(blogger yang sudah bangkotan jangan ikut-ikut, paka cara sendiri aja, wkwkwkwk).

Mohon maaf jika terawangan dan penulisan iwf keliru, koreksi dari para blogger kondang akan lebih mencerahkan para blogger pemula yang sedang meniti karir di dunia perbloggeran. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

10 responses to “Tip-Trik Blogger Kondang untuk Blogger Otomotif Pemula

  1. Pingback: Tip-Trik Blogger Kondang untuk Blogger Otomotif Pemula | motorgoodness

  2. Mantab sekali ulasannya.
    Kapan aku bisa 10 artikel per hari ya?

  3. Terima kasih banyak infonya, sangat bermanfaat buat saya yang masih blogger pemula ini.

    Salam.

  4. Wah, udah bisa komen…. Sebelumnya koq susah yak? Apa karena kolom website di isi?
    https://semarmotoblog.com/2019/12/11/petisi-recall-honda-adv-150-ditutup-apa-alasannya/

  5. Wah saya nomor 3 dan 8 nih wkwkwk

  6. Wah saya nomor 3 dan 8 nih

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan