Rangking Alexa Blogger Otomotif Indonesia. Di mana Posisimu di situlah Hargamu

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroaktuh

Semoga Allah menyelamatkan dan mensejahterakan kita semua selama di perjalanan dan ketika sampai di tujuan

Beberapa hari yang lalu iwf mendapatkan pemberitahuan bahwa nilai artikel yang dipablis di motogokil berkurang nilainya, karena disebabkan peringkat alexa motogokil turun. Memang sih iwf lagi males nulis (nggak mud), biasanya bisa nulis rutin sampai 2-3 artikel perhari, tapi beberapa bulan terakhir iwf hanya bisa nulis beberapa artikel per minggu (parah ya turunnya wkwkwkwk). Dan ketika iwf coba tengok rangking motogokil.com di alexa…..eh bener juga anjlog, se anjlog-anjlognya.

Dulu sebelum self-hosting peringkat motogokil rangkingnya berada di bawah 1 juta-an. Dan ketika iwf lihat tadi malem, ternyata peringkat motogokil anjlog di atas 2.5 juta-an. Jangankan dibandingkan dengan rangking alexa blogger otomotif nasional papan atas, dibandingkan dengan blogger rekan-rekan di jatimotoblog, rangking motogokil juga nyungsep alias jadi blog papan randu lapuk, wkwkwkwk.

Pantesan artikel di motogokil dinilai turun oleh pabrikan pemberi sponsor, ya turun 15%. Ternyata nilai sebuah artikel dari seorang blogger sebanding dengan rangking alexa, semakin rendah rangkingnya semakin rendah pula nilai artikelnya di mata “pemberi sponsor”. Nggak perduli seberapa tinggi kualitas artikel yang ditulis, harganya sama saja, disesuaikan dengan rangking alexa-nya.

Nah berikut ini peringkat blog motogokil dan beberapa blog (nggak semua, cuma iwf ambil beberapa saja) yang sempat iwf rangkum. Juga iwf sertakan beberapa media otomotif nasional serta beberapa web otomotif internasional yang biasa menjadi rujukan blogger-blogger nasional, sekedar untuk komparasi.

Ya sudah nggak masalah juga sih, konsekuensi dari males nulis artikel, ya anjlog ranking alexa-nya. Dari tabel di atas bisa dipetik beberapa pelajaran yaitu

  1. Web media online nasional seperti grid-oto dan motorplus-online memiliki peringkat yang sangat tinggi di dunia (menurut penulusuran iwf dengan cara mengisi alamat web ke dalam kotak run analysis di alexa). Bisa mengalahkan rangkingnya banyak web otomotif luar negeri yang sering menjadi rujukan blogger nasional.
  2. Blogger otomotif nasional (menurut yang iwf biasa pantau) yang memiliki tingkat terbaik beurutan (mohon maaf jika ada yang merasa blognya tidak tercakup di dalamnya) :
    • iwanbanaran
    • tmcblog
    • semisena
    • otomaniac
    • bonsaibiker
    • kobayogas
    • ridertua
    • pertamax7, dan seterusnya
  3. Blogger otomotif nasional papan atas sebahagian besar didominasi oleh blogger yang berdomisili di wilayah dki dan jabar. Entah apa yang merasukinya…
  4. Banyak web otomotif internasional justru peringkatnya di bawah blog otomotif nasioal. Cukup menarik untuk dianalisis, web/blog sumber berita (leader) rangking alexanya kalah dibandingkan blog yang meng-copy beritanya (follower). Maka kita jadi faham bahwa yang paling menentukan tingginya peringkat alexa buka pada isi berita/artikel, akan tetapi pada jumlah pengunjung (view).

Iwf juga sempat berbincang-bincang dengan para blogger, tentang bagaimana ia mengelola blog-nya sehingga ia bisa meningkatkan rangking alexa-nya. Juga sempat mengamati beberapa blogger kondang mengenai apa yang ia sajikan bagi pemirsanya, sehingga ia mempunyai rangking alexa yang begitu tinggi. Kesemuanya itu in sya Allah akan iwf tulis pada artikel selanjutnya, sehingga para blogger pemirsa artikel ini bisa meniru untuk ikut sukses mengelola blog-nya masing-masing.

Lhah pasti kebanyak pembaca yang mungkin juga blogger akan bertanya :

” Kenapa iwf tidak mempraktekkan untuk mensukseskan blog motogokil.com ?”

Jawabannya sangat mudah, iwf kekurangan sumberdaya, yang meliputi

  • Kurang waktu (nggak sempat, karena nge-blog hanya kegiatan sampingan),
  • Kurang tenaga untuk mengetik (nggak kuat melek lama, alias gampang ngantuk) dan
  • Tentunya yang paling menentukan adalah kurangnya (usaha) untuk membangun koneksi dengan sumber-sumber informasi, seperti konekasi dengan para pentolan dan orang dalam pabrikan motor.

Nah semoga informasi ini sedikit memberikan pencerahan bagi kita semua, siapa kita dan siapa meraka. Harus sadar diri dan tidak boleh iri serta dengki kepada blogger yang sudah sukses. Tentunya mereka juga telah menempuh tahapan-tahapan yang tidak mudah untuk mencapai capaian sampai sukses seperti sekarang ini. Kalau memang mau sukses seperti mereka, maka harus fokus dan mencoba yang lebih baik dari mereka. Serta menghindari kegagalan dengan tidak melakukan kesalahan-keslahan yang telah mereka lakukan.

Mohon maaf jika ada salah tulis, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullhi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

23 responses to “Rangking Alexa Blogger Otomotif Indonesia. Di mana Posisimu di situlah Hargamu

  1. wah ada satuaspal dot com, blog nyerempet banyak

  2. Punya saya turun… Wkwkwk…

  3. nyimak ah artikel berikutnya

  4. TS sentimen karo aku. blogke ora di katutke.. dussnann

  5. Pingback: Rangking Alexa Blogger Otomotif Indonesia. Di mana Posisimu di situlah Hargamu | motorgoodness

  6. pendapatanya bloger kondang udah kaya CEO perusahaan. bisa lebih malah. ngeriiiiiiiii…..

  7. Pingback: Tip-Trik Blogger Kondang untuk Blogger Otomotif Pemula | MOTOGOKIL

  8. Ikutan komen ah… Lewat aplikasi wp android susah ngetik komen.
    Aku cuma blohher pinggiran papan triplex
    https://semarmotoblog.com/2019/12/07/pemanggilan-konsumen-pcx-150-honda-tidak-mau-disebut-recall/

  9. Pingback: Dengan Ketekunan dan Silaturahim Ranking Alexa Blogger GBO Naik Semua. Ada Lho yang Naik Sampai 75% | Rider, Mechanic, Engineer, Researcher

  10. Pingback: Rangkin Alexa dan Similarweb Blogger Jawa Timur Mengejutkan. Blogger Kalem Rankingnya Tinggi | Rider, Mechanic, Engineer, Researcher

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan