Hai Blogger Otomotif Waspadalah Terhadap Efek Samping Minuman Penambah Stamina !

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semoga Allah selalu meyelamatkan dan mensejahterakan kita semua, di manapun kita berada, aamiin.

Pekerjaan menjadi blogger otomotif sangat mengandalkan mata sebagai sarana/indera mendapatkan sekaligus menuliskan informasi. Jika malam blogger otomotif (tanah air) memantengi mention dari berbagai sumber informasi internasional untuk dijadikan bahan artikel. Sedangkan waktu siang terkadang harus touring baik untuk memenuhi undangan pabrikan maupun untuk memenuhi jadwal test ride motor baru…juga sebagai bahan artikel.

Terkadang mata sudah tidak bisa diajak bekerja sama lagi, sementara target artikel belum terpenuhi. Atau saat riding (test-ride/touring) mata sudah sangat lelah bahkan mungkin sudah terjadi beberapa kali microsleep. Nah saat itulah muncul godaan untuk menghilangkan kantuk ketimbang tidur. Diminumlah minuman-minuman yang memberikan kesan menyegarkan pandangan mata, langsung jreengg. Semangat menulis atau riding pun kembali bergelora.

Menurut yang pernah iwf dengar secara langsung dari praktisi (adik kandung sendiri) saat nyetir mobil, meminum minuman berenergi (atau sering juga disebut penambah stamina dan lain-lain) benar-benar terasa efeknya. Mata langsung melek dan hilang kantuknya. Dan kegiatan nyetir dapat diteruskan tanpa harus tidur untuk beristirahat dan menghilangkan kantuk.

Akan tetapi ternyata banyak pula cerita yang iwf juga dengar langsung dari para peminum minuman berenergi ini. Dan kesemuanya berakhir dengan keadaan yang sangat tidak menyenangkan bahkan yang paling mengerikan adalah kematian. Berikut beberapa kisahnya :

  1. Teman iwf yang satu ini bernama agung, seorang dosen ub meninggal karena gagal ginjal dan koplikasi, salah satu penyebab utamanya adalah minuman berenergi. Kisahnya diawali saat ia masih menempuh pendidikan magister dan doktor, yang kerap kali meminum minuman jenis ini untuk menghilangkan katuknya saat ia belajar, meneliti maupun mengentik laporan. Dan ketika luluspun ia selalu tampak bugar, padahal aktifitasnya sangat banyak. Mulai dari berdagang ikan, mengajar dan lain-lain. Walhasil akhirnya ia ambruk juga, ternyata ginjalnya telah kena dan terpaksa diambil. Usaha transplantasi di china gagal karena terjadi penolakan. Akhirnya transplantasi dengan ginjal keluarganya dan berlangsung sukses. Meskipun demikian masih terjadi sedikit perlawanan dari tubuh, yang diatasi dengan minum obat yang sangat banyak setiap hatinya. Tidak kurang ia harus menghabiskan obat seharga 250 ribu rupiah setiap harinya. Namun ia lengah dan lupa, kesibukan menjadikannya kerja diluar batas, dan akhirnya ia ambruk lagi dadn tidak tertolong.
  2. Teman iwf lainnya adalah wiro motoblogger salah satu pendiri jatimotoblog. Ia juga mengalami gagal ginjal akibat minuman-minuman bernergi tersbut. Berikut kisahnya…Sejak 1998 malih peminum rutin extrajoss cs, lama tdk terasa dan berpengaruh. Baru 2011 aq mulai sakit ginjal dan cuci darah. Tahun 2016 tdk ada ampun GGK (Gagal Ginjal Kronis) hanya bisa baik dengan transplantasi. Kalo tdk ada yo cuci darah saja atau CAPD kayak aq selama 3 tahun ini.
  3. Ada lagi kenalan iwf (pak rt di temenggungan malang) yang terkena serangan jantung saat minum extrajo**. Iwf langsung dengar dari cerita pak rt sendiri saat sudah agak sehat, apa yang menyebabkan ia terkena serangan jantung, padahal saat itu ia baru saja olahraga (kalau nggak ssalah main bola). Ia bercerita bahwa ia telah gunggungan, ia mengambil extrajo** dua saset, dimasukkan ke air di botol aqua besar dan meminumnya. Dan seketika ia terkena serangan jantung yang mengharuskannya opname, kalau nggak salah akhirnya pasang ring. Dan tidak lama kemudian ia juga akhirnya meninggal dunia, mungkin memang sudah taqdir dari Allah.

Nah buat teman-teman blogger mohon waspada dengan minuman-minuman jenis ini. Memang pada awalnya bisa memberikan kesegaran fisik, peningkatan stamina dan hilangnya kantuk. Akan tetapi menurut iwf itu hanyalah sulapan (stimulan) yang diberikan oleh bahan-bahan kimia dalam minuman tersebut, karena sejatinya tubuh memang sudah waktunya istirahat. Kalaupun terpaksa minum, cukup sekali dua kali saja dan kemudian dibarengi dengan meminum air putih yang banyak, untuk meminmalisir efek buruk dari minman ini.

Kesehatan tubuh tidaklah ternilai (begitu kata teman yang telah mengalaminya). Tiada guna segala prestasi yang dicapai jika tubuh rusak dan sakit. Lebih baik mematuhi sinyalsinyal yang diberikan tubuh, ngantuk ya obatnya tidur, jangan dipaksakan (padah iwf kalau lagi nyetir atau naik motor juga kadang maksa, alchamdulillah masih diselamatkan Allah).

Semoga bermanfaat, dan semoga Allah menyelamatkan dan menyehatkan kita semua sampai akhir hayat. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

One response to “Hai Blogger Otomotif Waspadalah Terhadap Efek Samping Minuman Penambah Stamina !

  1. Pingback: Hai Blogger Otomotif Waspadalah Terhadap Efek Samping Minuman Penambah Stamina ! | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan