Heboh !!! Honda X-ADV 750 Masuk Indonesia. Hebatnya Di Mana ???


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Pagelaran IIMS 2019 sudah dibuka kemarin, dan beberapa model motor langsung hits mewarnai dunia maya. Salah satunya adalah honda x-adv 750, motor dengan style scooter tapi bukan scooter matic biasa (dengan transmisi cvt). Iwf jadi coba selidiki apa sih yang bikin heboh, karena sesungguhnya motor ini bukan motor baru, akan tetapi sudah lama release di luar negeri.

Yang pertama bikin kaget harganya mas bro, yang menyentuh hampir setengah milyar (tepatnya 435 juta), apa ini yang bikin heboh ? Nggak sih, karena cbu diimpor bulet-bulet, ke sini. Tapi iwf bukan melihat dari sisi harga tersebut, melainkan dari sisi teknisnya. Yaitu motor ini dibekali oleh trasmisi dual clutch system (dct), yang mungkin salah satu yang paling eksotis di aspek kopling saat ini.

Jika melihat enginenya motor ini layaknya motor sport dengan kapasitas engine 750 cc dua silinder bertenaga 40 kW. Akan tetapi bentuknya mirip skuter, coba lihat bentuk frame-nya, benar-benar mirip motor matic. sementara mesinnya di depan dan hampir selonjoran seperti motor bebek. Lihat gambar berikut…

Transmisinya manual menggunakan gearbox juga reduksi akhir dengan gir-rantai (sproket). Yang membuat transmisi manualnya nya spesial, karena mengadopsi sistem dual clutch. Perhatikan gambar gearbox yang canggih ini.

Jadi poros gigi genap dan gigi ganjil terpisah, bahkan rumah kopling dan poros (shaft)-nya juga berbeda. Secara diagram prinsip kerjanya terlihat tidak serumit yang dikira. Sangat sederhana seperti yang tampak pada gambar berikut.

Karena perpindahan gigi-nya selang seling antara 2 sistem gigi genap dan ganjil, maka terasa halus.  Sehingga kombinasi sistem gearbox dan dct menjadikan akselerasi laksanan motor manual akan tetapi perpindahan gigi persnelengnya halus laksana motor matik. Jika dibandingkan antara perindahan gigi secara manual tanpa dan dengan dct, grafik kecepatannya/waktu nya seperti gambar berikut.

Dari gambar tersebut, topspeed dan akselerasinya menjadi lebih tinggi dibandingkan transmisi manual. Apalagi jika proses perpindahan gigi yang dimotori oleh putaran shift drum dilakukan secara otomatis dengan kontrol elektrik dibantu dengan sistem hidrolik, akan semakin halus lagi. Jadi rider tidak perlu pencet handle kopling, tinggal gas saja, karena kontroller akan memindahkan gigi secara otomatis berdasarkan kecepatan motor.

Jadi honda x-adv ini merupakan campuran motor sport-scooter-adventure-matic. Dapat dibawa on maupun off road dengan nyaman karena tangan kiri tidak perlu lelah menekan handle kopling. Juga lebih efisien dan lebih ramah lingkungan, karena mengurangi dampak penurunan rpm saat pindah gigi.

Teknologi lainnya yang cukup membantu adalah pemilihan besarnya torsi engine sesuai yang dibutuhkan yang dilakukan oleh honda selectable torque system (HSTC). Teknologi yang mirip seperti riding mode di honda cbr 250rr, untuk menghindari selip ataupun wheelie. Sementara itu dulu yang bisa iwf sampaikan, yang menurut iwf pantas membuat honda x-adv keren dan mampu membuat heboh.

Aslinya memang motor ini keren banget, akan tetapi terlalu mahal bagi kebanyakan rider di tanah air. Bagusnya honda (ahm) bikin motor seperti ini tapi dengan engine yang lebih kecil. Menurut iwf bagus banget jika ahm bikin motor dengan style serupa dengan konstruksi sebagai berikut :

  • Frame honda pcx atau airblade
  • Engine dohc 150 mirip dengan cbr dengan sudut silinder lebih landai.
  • Pakai dct bagus, tapi kalau nggak ya pakai manual seperti motor sport atau semi otomatis seperti motor bebek.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

One response to “Heboh !!! Honda X-ADV 750 Masuk Indonesia. Hebatnya Di Mana ???

  1. Bayu(realname)

    Harusnya pake mesin revo AT kang kalau mau dijejelin dualclutch
    Jujur bosen sama mesin matic yang secara garis besar sama saja
    Penginnya mesin kaya mesin bebek body kaya air blade baru joss
    Layak sandang nama matic sport

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan