Yuk Kenalan dengan Motormu, Supaya Nggak Lugu-Lugu Amat Jadi Rider


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Pada dasarnya semua motor 4tak (juga 2tak) memiliki konfigurasi yang mirip-mirip alias hampir sama, baik engine, rangka serta kelistrikan. Perbedaan terjadi karena penambahan fitur terbaru atau karena permasalahan patent. Sekali saja memahami prinsip kerja dari motor pada salah satu merek, maka tidak akan mengalami kesulitan untuk memahami motor lainnya.

Mau motor bermesin besar atau kecil, prinsip kerjanya hampir sama. Untuk mesin 4 tak, merek apapun tetap saja sama prosesnya hisap, tekan, kerja (meledak) dan buang. Saat kerja piston-conrod-crankshaft mentransfer gerakan naik turun menjadi berputar. Perbedaannya mungkin hanya pada jumlah klep, penggeraknya (pegas, pneumatic, desmodromic), jumlah silinder, jenis kopling dan beberapa hal-hal lain yang terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi permotoran.

Coba perhatikan motor yang dipotong-potong (cut away) di gambar judul di atas. Semua motor yang begitu-begitu saja, hanya saja karena kapasitas, performa dan kegunaannya berbeda, maka bagian-bagian motor menjadi berbeda. Dari gambar tersebut, mungkin bisa dibagi menjadi beberapa bagian :

A. Engine/Mesin [artikel]

B. Sistem Pemasukan Udara (Intake System)

C. Sistem Pembuangan Gas Emisi (Exhaust System)

D. Sistem Pendingin (Cooling System)

E. Sistem Bahan Bakar (Fuel System)

F. Rangka/Sasis (Frame/chasis)

G. Roda Belakang beserta pendukungnya (Rear wheel)

H. Roda Depan beserta pendukungnya (Front wheel)

I. Ban (Tyre)

J. Sistem Pengereman (Brake System)

K. Steer

L. Sistem Kelistrikan (Electronic)

Nah untuk artikel yang pertama ini iwf coba bahas tentang engine saja, karena paling penting. Kira-kira engine sepeda motor 4tak terdiri dari bagian-bagian ini :

  1. Piston (seker/seher), terdiri dari beberapa part yaitu piston, ring piston, pen dan clip.
  2. Silinder (bore/boring), terbuat alumunium berlapis lapisan logam kuat atau keramik.
  3. Valve (klep) beserta seating klep
  4. Spark plug (busi)
  5. Bosh klep beserta seal-nya
  6. Per klep beserta retainer
  7. Timing gear beserta camshaft
  8. Timing chain alias kamprat
  9. Conrod (stang seher) beserta crankshaft (as kurk/bandul)
  10. Pompa oli beserta filternya
  11. Sistem kopling beserta kampas, per dan sistem pendukung (seamless)
  12. Gearbox transmisi

Di engine melekat beberapa sistem pendukung. Sistem-sistem ini di luar engine, tapi mendukung engine untuk bekerja. Jika tidak didukung oleh sistem ini, engina akan bekerja tidak optimal, bahkan mati. Sistem pendukung ini adalah :

B. Sistem Intake,

C. Sistem Exhaust,

D. Sistem Pendingin,

E. Sistem Bahan Bakar

F. Sistem Kelistrikan

Perhatikan bagian-bagian engine di atas beserta sistem pendukungnya. Meskipun gambar yang digunakan adalah kawasaki zx10r, akan tetapi bagian-bagian tersebut juga ada pada honda grand. Sedikit perbedaannya adalah di sistem pendingin, zx10r liquid cooled sedangkan grand air cooled. Juga sistem bahan bakarnya, zx10r injeksi sedangkan grand karburator. Sisanya bisa dikatakan memiliki fungsi yang sama.

Jadi, mungkin dari semua bagian motor, engine adalah bagian paling rumit dan paling banyak part di dalamnya. Dalam engine terdapat jiwa sepeda motor, apakah akan dijadikan motor balap, adventure, trail dan lain-lain. Bagian-bagian lain akan menyesuai dengan jiwa motor ini agar tujuan pembuatan motor terealisasi.

Membahas semua bagian motor ini sangat menyenangkan, apalagi bagian-bagian ini bisa disentuh dan bukan hal abstrak yang hanya bisa dibayangkan. Akan tetapi, tentunya akan sangat panjang dan memerlukan berpuluh-puluh artikel untuk menggambarkan dan menjelaskannya. Kalau Allah memberikan kesempatan, in sya Allah akan iwf bahas sampai tuntas.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

One response to “Yuk Kenalan dengan Motormu, Supaya Nggak Lugu-Lugu Amat Jadi Rider

  1. Terima kasih … Lengkap banget ?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan