Tidak Sabar Menunggu Masuknya Honda Grom Scrambler ? Mengapa Tidak Bikin Sendiri

Diposting pada

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Awal tahun 2018 konsep honda grom terbaru dimunculkan. Motor kecil tapi kelihatan keran, kayaknya enak nih buat jalan-jalan santai. Perawakan motornya sih kekar laksana motor sport dengan tangki bensin di depan. Akan tetapi mesin (engine) nya masih tiduran, layaknya generasi astre (mulai dari astrea star sampai suprafit).

Kalau engine-nya mirip honda grand/prima, atau karisma/suprax125, berarti bisa dong kita bangun sendiri nih grom ala-ala ? Tentu saja bisa, namanya modifikasi tidak ada matinya. Asalkan ada dana dan kemauan, bentuk apapun bisa dibangun, termasuk membangun honda grom ini. Akan tetapi lebih baiknya jika kita gunakan basis yang modifikasinya tidak terlalu frontal. Jika engine-nya sudah serupa bagaimana dengan main frame nya (sasis utama) ?

Main frame honda grom kira-kira seperti ini

Jadi sasis honda grom memang mirip dengan sasis honda bebek. Akan tetapi jauh berbeda dengan sasis star/grand/prima yang monocoque. Lebih dekat dengan sasis supra/X atau jupiter yang terkenal handal dalam roadrace. Tentu saja bebek-bebek lainnya yang bermesin tiduran juga bisa digunakan, dengan penyesuaian tertentu.

Di mainframe bagian depan tinggal buat dudukan tangki bensin. Bisa permanen dengan menggunakan las, bisa juga tidak permanen dengan menggunakan clamp dari diral (mirip clamp pada stang jepit). Tapi yang laing murang adalah dengan las, hanya saja akibat las-lasan tersebut, kekuatan batang frame bisa berkurang. Sedangkan tangki bensinnya bisa cari yang sesuai di pasar loak, atau cari custom-an banyak di jual di forum motor klasik.

Selanjutnya tinggal pekerjaan tambahan untuk kaki, sadel, stang dan lampu depan/belakang, yang juga cukup menyita tenaga dan dana. Asalkan ada kemauan, in sya Allah akan ada saja jalan untuk mewujudkannya. Jika berbasis supra/x tentu saja tidak terlalu mahal, sekitar 2 jutaan, apalagi merek lain akan lebih murah.

Selamat mencoba, semoga termotivasi, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

 

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan