“KIPASS” Smart Key System Ala Kawasaki Ninja 250FI, Pertama di Kelas Sport 250CC. Bagaimana Cara Kerjanya ?


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Motor mahal memang harus aman dari pencurian, salah satu pengamannya adalah kunci kontak pintar (smart key). Dan kawasaki sudah menerapkannya sejak lama di moge-mogenya yang umumnya disebut immobilizer system. Tepatnya di motor kawasaki concours 14 yang dikenal dengan KIPASS (Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation Start System), di tahun 2004.

Dan teknologi smart key yang canggih ini, kini dimiliki oleh kawasaki ninja 250fi, yang dipamerkan di IMOS 2018. Tentu saja kipass langsung bisa meningkatkan sistem keamanan ninja 250fi ini. Dari yang sifatnya manual (konvensional) menjadi keyless, yang terbukti sangat sulit dibobol maling.

Prinsip kerjan miriplah dengan keyless system-nya suzuki gsx r150, kira seperti ini diagram bloknya

KIPASS merupakan sistem aktifasi cerdas jarak dekat dibuat khusus untuk motor kawasaki. Cara kerjanya sampai mesin siap menyala dibagi menjadi 9 langkah :

  1. Tekan switch
  2. ECU switch akan mengirim sinyal ke ECU Kipass
  3. ECU kipas akan mengirimkan gelombang radio (elektromagnetic) dengan jarak jangkau sekitar 1.5 meter (5 feet)
  4. Jika FOB ada disekitar radius 1.5 meter maka ia akan menerima dan mengirimkan sinyal balik keberadaannya. Karena gelombang radio ini sifatnya terbuka (bisa disadap), maka komunikasinya terenkripsi dengan kode yang rumit (teknologi misty dari mitsubishi).
  5. Jika kode enkripsi cocok maka ecu kipass mengirimkan sinyak ke switch, dan lampu switch menyala
  6. Ecu switch menyatakan siap untuk difungsikan (tidak rusak)
  7. Ecu kipass memberi sinyal untuk menghidupkan ecu engine
  8. Ecu engine memberikan sinyal ke ecu kipass menyatakan siap (standby)
  9. Switch siap untuk diputar (ON) disaat 3 ecu dalam kondisi bekerja, dan engine siap dinyalakan.

Ketiga ECU yang bekerja terregistrasi dalam ecu kipass di pabrikan kawasaki. Jika mengganti salah satunya (karena rusak) maka harus dilakukan registrasi ulang semua ecu-nya. Dan ini hanya dapat dilakukan di dealer resmi kawasaki dengan bantuan komputer dan software Kawasaki Diagnostic System (KDS).

Jadi pengaplikasian kipass pada kawasaki ninja 250 fi benar-benar memberikan keamanan yang sangat kuat. Sehingga memberikan rasa aman bagi ower/pemiliknya ketika parkir di garasi maupaun di tempat parkir umum. Karena kawasaki merupakan pioneer dalam mengaplikasikan samrt key di motor sport 250cc nya, maka layak jika diacungi dua jempol. Maklum saat ini maling juga mengincar moge yang mahal harganya.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan