Ram Air Tunnel Opsi Paling Mudah Meningkatkan Power Next YZF R25


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Yamaha global sudah membocorkan gambar paten dari yzf r3, yang kemungkinan besar akan menjadi r25 untuk asia tenggara. Gambarnya dapat dilihat di blog otomotif tanah air, dan tidak begitu signifikan perbedaannya. Tapi tentu saja ada perbedaannya yaitu penampakan ram air intake di antara dua headlamp nya.

Blogger kondang masih meragukan, apakah ram air tersebut berfungsi layaknya r6 atau hanya sekedar pajangan agar style-nya racy. Perhatikan lubang di antara dua headlamp ini, sekilas tidak bisa dibedakan mana yang fungsional dan mana yang pajangan…

Ram Air YZF R6

Lubang (bukan) Ram Air YZF R15

Peningkatan power sangat tergantung dari seberapa banyak udara yang bisa dimasukkan ke silinder (efisiensi volumetrik-VE). Berbagai cara dilakukan mekanik balap untuk meningkatkan VE, yaitu melalui :

  • Desain profil camshaft
  • Desain port intake
  • Desain intake runner
  • Optimasi klep dan seating klep
  • Aplikasi air induction system (ram air intake) dan lain-lain

otogokil melihat dari para rivalnya yang sudah memiliki power 39 ps, sementara yamaha r25 masih sekitar 36 ps. Kesenjangan ini harus diatasi oleh yamaha pada r25 terbarunya. Peningkatan power melalui optimasi camshaft, porting sudah sama dilakukan. Maka sulit bagi r25 untuk menyamai rival-rivalnya (cbr250rr dan new ninja250fi) jika tidak mengaplikasikan ram air intake system.

Karena mengaplikasikan ram air ini tidak terlalu sulit dan efeknya sangat signifikan meningkatkan VE pada kecepatan tinggi. Jadi motogokil punya keyakinan, jika yamaha meng-upgrade power r25 sampai tembus 40 ps, maka ram air ini akan diaplikasikan. Karena ram air intake memang terbukti mampu meningkatkan tekanan (positif) dalam boks filter, dan otomatis juga mampu memberikan peningkatan power.

Berikut ini hasil pengukuran tekanan udara dan peningkatan power pada zx9r.

Mengenai perubahan box air filter, menurut motogokil tidak ada masalah bagi yamaha. Karena tinggal mencontoh motor sport yamaha lainnya seperti r6. Jika penampakan fuel tank dari paten next r25 masih mirip yang lama, bisa jadi dalamnya berbeda. Seperti halnya yang tampak pada new ninja 2250fi.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

sumber : sportrider

 

Advertisements

$where = 0;

8 responses to “Ram Air Tunnel Opsi Paling Mudah Meningkatkan Power Next YZF R25

  1. di mana-mana figur power di brosur itu cuma pengukuran on crank, bukan saat menggunakan ram air. jadi misalnya power cbr250rr 38.7 PS, aslinya bisa 40 PS ketika kondisi berjalan.

  2. dan juga fungsi utama dari ram air adalah sebagai cold air intake. kalau peningkatan tekanan sangat rendah, efeknya cuma di bawah 5%, itupun sudah kecepatan sangat tinggi.

  3. kalau hujan ada potensi sebagian uap air lolos masuk ruang bakar ga ya?

  4. Masa tekanan cuma naik 5%? Klo ngeliat grafiknya naik berlipat2 lho … yg bener komen lu apa data grafiknya tuh

    • meningkat sih meningkat, tapi peningkatannya lebih disebabkan oleh udara yang masuk lebih dingin, bukan karena peningkatan tekanan. ingat, densitas udara meningkat seiring penurunan suhu, jadi lebih banyak oksigen yang masuk ke silinder. berdasarkan grafik pada kecepatan 170 mph (273,588 km/h) peningkatan tekanan udara cuma 44 milibar (1 psi = 69 milibar). 70 mph (112 km/h) aja cuma 8 milibar apalagi yang cuma JJS.

      lalu lihat grafik pengukuran power, pengukuran dilakukan mulai dari 8250 rpm, pengukuran dyno biasanya dilakukan pada gigi 5/6, maka perkiraan kecepatan pada 8250 rpm adalah 100+ mph. maka dari grafik bisa disimpulkan bahwa efek dari ram air baru terasa di kecepatan yang sangat tinggi 100+ mph. cbr250rr pun belum tentu bisa mencapai top speed segitu. tapi kembali lagi, cbr250rr bisa lebih cepat dari ninja 250 karena efek dari cold air intake, sehingga udara yang masuk ke mesin lebih dingin daripada harus menghisap udara panas di sekitar mesin.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan