Marc Marquez Membuat Michelin Kerepotan


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Sampai tahun 2018 ini masih banyak pembalap yang merasa kurang cocok dengan spesifikasi ban yang disediakan michelin. Padahal michelin sudah mulai menyediakan ban bagi pembalap motogp sejak 2016. Artinya masa pencarian data, dan masa memastikan solusi atas semua masalah sudah dilakukan selama 2 tahun.

Dan ternyata salah satu penyebabnya adalah gaya balap marc marquez yang menyebabkan michelin harus melakukan perubahan yang cukup signifikan dan cepat pada spesifikasi ban-nya. Marquez dangan setingan honda rc213v telah melakukan pengujian secara maksimal saat latihan bebas (free practice). Hal ini bisa diketahui ketika marquez menikung dengan kemiringan yang melebihi 60º, di mana saat itu marquez mengujinya sampai batas maksimal, alias sampai crash.

Karena batas maksimal marquez lebih tinggi dibandingkan pembalap lain, maka michelin merasa bekerja dengan marquez menjadi lebih sulit ketimbang pembalap lain. Bos michelin Taramasso mengutarakan :

“It is difficult to make a tyre that works for Marc, then Viñales, then Dovizioso,…”

[ terjemahan bebasnya ” (lebih)sulit membuat sebuah ban yang bisa bekerja dengan baik dengan marc, ketimbang vinales atau dovizioso” ]

Pada akhirnya michelin harus menerima masukan dari marquez untuk melakukan perubahan atau upgrade agar sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan. Tentunya hal ini sangat sulit mengingat riding style, setingan motor, kualitas aspal, layout sirkuit memiliki variasi yang sangat beragam. Apalagi marquez seringkali neguji kemampuan ban sampai kondisi maksimal, bagitu pula michelin harus mengakomodasi kondisi tersebut.

Mengenai hal ini bos michelin mengatakan :

“Since Marc Marquez came it has changed. He goes far off the bike and he brakes very late and strong and puts a lot of force on the front tyre. We had to do a large review: it is more than an evolution, it is more of a revolution – we changed casing, profile, compound.

[Ketika marc marquez tiba semua menjadi berubah. ia membawa motor dengan sangat jauh (perbedaannya dengan rider lain) dan ia mengerem dengan sangat terlambat dan kuat dan menenpatkan sebahagian besar tekanan pada ban depan. Kami harus melakukan banyak review : hal ini lebih dari sekedar revolusi – kita telah merubah mantel, profil dan juga kompon]

mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan