Komparasi Spesifikasi, Fitur dan Harga Nex II vs Beat Esp vs Mio M3


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Harga resmi suzuki nex 2 sudah dirilis (otr jakarta), dan seperti biasanya “WOW”, suzuki memberikan harga yang paling kompetitif. Ditentukannya harga resmi nex 2 ini seakan ingin melengkapi gebrakan suzuki di kelas skutik entry level, setelah kemarin menggebrak dengan disain terbaiknya. Dan dengan bermodal dua aspek ini saja suzuki nex 2 seharusnya sanggup memeriahkan pangsa pasar skutik di kelas entry level ini.

Tentu saja konsumen juga akan memperhatikan aspek lain pada motor pilihannya selain desain dan harga. Aspek tersebut adalah spesifikasi dan fitur-fitur yang diberikan. Agar komplit komparasinya, berikut motogokil sajikan komparasi antara nex2 dan kompetitornya (honda beat esp dan yamaha mio m3).

Secara spesifikasi, komparasi ketiga motor skutik entry level mirip-mirip. Hanya saja ada beberapa aspek yang dominan di tiap-tiap merek. Berikut tabelnya

Dari sisi dimensi nex 2 sedikit unggul dengan tinggi jog yang paling rendah, sehingga paling terjangkau untuk rider wanita yang kebanyak berbadan kecil. Groud clearence nya juga sedikit lebih tinggi sehingga bagian bawah motor lebih aman dari gangguan polisi tidur. Sedangkan beat esp dan mio m3 unggul pada aspek bagasi yang jauh lebih luas, sehingga lebih fungsional.

Dari sisi performa, nex 2 berada di tengah-tengah antara beat esp dan mio m3, sesuai dengan volume silindernya yang juga pertengahan. Hanya saja power maksimum nex 2 keluar pada putaran mesin yang lebih tinggi menjadikannya topspeednya bersaing dengan mio m3. Sedangkan akselerasi sudah pasti dikuasai oleh mio m3 dengan torsi yang paling besar di putaran yang paling rendah pula.

Untuk ukuran kaki-kaki nex 2 sudah setara dengan beat esp. Artinya baik nex 2 dan beat esp sedikit lebih unggul dibandingkan mio m3 dengan ban yang lebih lebar. Sehingga terasa lebih mantab dan nyaman saat melibas lobang-lobang kecil yang banyak tersebar di jalan.

Dan untuk masalah harga…ini dia, nex 2 paling murah. Harga tertingginya saja masih lebih murah dibandingkan harga terendah dari beat esp dan mio m3. Di aspek harga inilah suzuki nex 2 unggul telak dibandingkan kompetitornya. Dan dengan selisih harga yang diberikan sebesar sekitar 1.3 juta, konsumen suzuki nex 2 dapat melakukan upgrade untuk melengkapi keungguan nex 2 dengan membeli :

  • Box (top atau side)
  • Part penambah performa

Bagaimana dengan fitur-fiturnya, mari kita komparasikan

Untuk kelas standar, nex 2 masih minim fitur. Dari 4 fitur umum yang diberikan hanya 1 yang tersedia yaitu shutter key. Sedangkan untuk fitur kelas advance bisa dikatakan imbang, nex 2 memiliki fitur headlamp LED dan usb charger, tapi tidak memiliki fitur-fitur yang dimiliki kompetitornya. Sayang sekali gebrakan nex 2 kurang menyentuh aspek fitur-fitur ini, barangkali menurut suzuki fitur-fitur yang tidak dimiliki nex 2 memang kurang siginifikan fungasinya bagi user.

Yang menurut motogokil “paling” menonjol selain desain dan harga adalah teknologi enginenya. Karena teknologi suzuki nex 2 (seperti generasi sebelumnya) mengunsung keunggulan pada aplikasi sensor-sensor yang komplit (TOP, TPS, IATS, IAPS, CKPS, ETS dan O2S). Teknologi yang diusung bernama Suzuki Eco Performance (SEP), dengan perubahan pada hole injectornya menjadi 6 buah dan perubahan konfigurasi ECM. Sehingga menjamin pasokan bensin yang paling efisien di segala cuaca dan berbagai kondisi jalan. Makanya jangan heran kalau nantinya nex 2 menjadi skutik entry level paling irit.

Ok masbro and sis, sekarang pilihan di tangan anda. Mau motor dengan kehandalan tinggi dengan style paling sporty dan harga palingĀ  kompetitif, nex 2 bisa pilihan pertama. Silahkan kunjungi dealer terdekat untuk melihatnya secara langsung dan merasakan sensasi performanya.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan