Track Day Honda CBR250RR…Salurkan Kesenangan Berkecepatan Tinggi dengan Aman


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Track day…..apa perlunya ??? Kebetulan motogokil diundang hadir oleh mpm dalam track day cbr250rr di sirkuit bung tomo surabaya. Karena motogokil tinggal di malang, maka harus menempuh jarak sekitar 109 km. Melewati berbagai tipe jalan, mulai dari yang lurus mulus panjang, sampai jalan keriting bergelombang dan berlubang. Dan tahulah motogokil mengapa track day menjadi sesuatu yang perlu bagi segelongan rider tertentu.

Kebetulan motogokil hadir ke track day menggunakan sport cbr250rr. Motor kelas 250cc yang paling modern teknologinya, juga paling kencang. Saat melewati jalan bagus, mulus dan panjang ingin rasanya menggeber gas sampai mentok limiter. Apalagi jika terlena dan terprovokasi oleh akselerasi yang tiada habisnya di mode sport+, speedometer jarang di bawah 100 kpj.

Dan ternyata memang jadi mubadzir, adrenalin yang sudah terlanjur terpompa keluar dan motor yang powerfull, ketika dihadang oleh jalan yang tiba-tiba rusak (begelombang dan berlubang) dan orang/pengendara yang tiba-tiba menyeberang. Sangat tidak aman dan membahayakan baik badi ridernya juga orang lain. Dan track day menjadi salah satu solusi efektif bagi yang ingin menyalurkan hasrat negbutnya dengan aman.

Tentunya tidak semua rider pernah bahkan berpengalaman ngebut di sirkuit. Karenanya ada sedikit arahan, bagaimana ngebut di sirkuit dengan benar.

Beberapa yang harus dipenuhi oleh seorang rider yang ingin track day adalah :

  1. Memahami istilah-istilah penting di sirkuit. Karena namanya ngebut di kecepatan tinggi, maka beberapa tanda harus dipahami oleh rider ketikan tanda tersebut muncul di kejauhan.
  2. Menggunakan perlengkapan balap yang aman, mulai dari baju, protektor, helm, sarung tangan dan sepatu yang menutupi matakaki
  3. Motor harus fit, terutama bagian rem, foot step, tuas persneling dan rem serta tekanan ban.
  4. Mengetahui posisi riding (riding position) yang benar
  5. Memahami racing line, dan lain-lain

Selanjutnya supaya lebih memahami arahan tadi mulailah para rider peserta track day diajak mengelilingi sirkuit. Ada dua tahap pengenalan sirkut di acara track day kemarin :

  1. Untuk yang awam pengenalan sirkuit dapat langsung dirasakan saat acara selebrasi dengan mengelilingi sikuit 2-lap
  2. Untuk yang serius menyalurkan adrenalin dan performa motor, dapat mengikuti sesi latihan bebas 3 lap. 1 lap dipandu oleh gerry salim dan fendrik alam, 2 lap bebas.

Dan bagi rider yang sudah merasa expert, bisa mengikuti time trial dengan hadiah helm ekslusif. Dan menurut yang motogokil saksikan para rider yang ikut time trial, sudah pada jago, sepertinya sudah sering ikut track day. Jadi even ini mereka jadikan unjuk melepaskan hasrat sekaligus bersilaturahim dengan teman-teman rider cbr lainnya.

Jadi track memang perlu dan menjadi kebutuhan bagi yang doyan ngebut sekaligus punya motor yang powerfull. Sehingga setelah hasratnya terlampiaskan di sirkuti, ketika kembali di jalan umum kembali menjadi rider yang santun dan sabar. Sementara sampai disini dulu kesan motogokil terhadap trackday dalam artikel ini. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

7 responses to “Track Day Honda CBR250RR…Salurkan Kesenangan Berkecepatan Tinggi dengan Aman

  1. yg sport 150cc mw track day jg percuma karena di IRS dan ARRC sendiri jadi bulan2an mesin SOHC yamaha yg terkenal buosok…

    hueheheheh

  2. Lebih keren yamaha dengan Yamaha Sunday Racenya perjenjangan buat komunitasnya jelas mainnya di sentul besar hadiahnya pun jelas

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting