Inikah Basis Motor Calon Pengganti Honda Tiger ???

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Bagi biker lawas tentunya tidak dapat melupakan motor sport yang sempat mejadi legenda di awal tahun 90-an sampai awal abad 21. Dialah honda tiger motor sport 4tak dengan kubikasi terbesar saat awal kemunculannya. Yang hegemoninya mulai semakin redup dengan hadirnya motor sport injeksi yamaha vixion.

Motor sport tipe touring berpendingin udara, nyatanya masih sangat diminati. Hal ini disebabkan karena kepraktisannya dalam hal sistem pendingin, karakter performa dan lain-lain. Di mana market share motor jenis ini saat ini justru dikuasai oleh sang adik yaitu honda verza. Nah bagi yang kurang puas dengan performa verza tentunya akan sangat merindukan lahirnya new tiger dengan kubikasi yang lebih besar dan performa yang juga lebih besar.

Ternyata di negara tetangga, tepatnya india, telah lahir motor sport 200 cc. Jika dilihat basis enginya tidak jauh berbeda dari basis engine verza, new megapro dan juga crf150. Akan tetapi konfigrasinya lebih besar, dengan bore x stroke = 66.5 mm x 57.5 mm, menjadikan motor ini memiliki kubikasi 199.6 cc, mirip dengan kubikasi tiger.

Inilah motornya, hero xtreme 200

Secara penampakan sangat india, dan jika ingin di bawa ke Indonesia sepertinya akan banyak ubahan. Akan tetapi secara umum, baik engine, roda maupun rangkanya sudah sangat layak untuk dijadikan pengganti tiger. Karena powernya juga lumayan nendang bro, 18.34 bhp dengan torsi 17.1 Nm, cukuplah buat menjelajah jalan-jalan di nusantara.

Selain tampangnya yang kurang cocok dengan selera konsumen roda dua di tanah air, masih ada beberapa yang perlu disesuaikan. Menurut motogokil beberapa spesifikasi yang harus di upgrade dari versi india ke versi Indoneisa adalah :

  • Pengabutan dari karbu menjadi pgmfi. Atau malah ahm menyediakan kedua tipe tersebut, karburator juga fi.
  • Percepatan ditambah, dari 5-speed menjadi 6-speed. Karena mindset konsumen saat ini, motor keren giginya 6-speed.
  • Topspeed juga harus ditingkatkan dari 120 kpj, kalau bisa naik jadi 145 kpj. Ini bisa dilakukan dengan sedikit meningktakan performanya menjadi 19.5 bhp.

Berikut ini spesifikasi umumnya

Mneurut motogokil, basis motor ini adalah yang paling realistis untuk mejadi basis pengganti tiger sang legenda. Karena honda tinggal memodifikasi engine verza, dibore-up menjadi 200 cc, serta dipasangi gearbox 6-speed. Sedangkan frame bisa langsung ambil miliknya new megapro yang memang sudah monosok. Dengan banyaknya kesamaan di atas, maka harganya bisa ditekan, tidak jauh di atas megapro fi, atau setara dengan all new cb150r.

Sementara itulah terawangan motogokil mengenai basis motor pengganti tiger. Sangat sayang honda (ahm) membiarkan segman ini kosong. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

 

Advertisements

$where = 0;

8 responses to “Inikah Basis Motor Calon Pengganti Honda Tiger ???

  1. Mantappp,, tapii body haruss disesuaikan,, semoga AHM pa’s dalam setiap peluncuran ploduk ploduknya

  2. Mesin udahlah cukupp,, tinggal rubah bentuk body,, serahkan pada YIMM

  3. hero sudah bukan bagian dari honda pak dosen jadi seperti nya bukan ini penerus tiger cmiiw

  4. Karena akan berbenturan dengan ncb,
    Itulah kenapa honda gak hidupkan lagi tiger200cc

    Paling realistis ya pake mesin 250cc, air cooled
    Set harga di atas ncb dengan power 20-21 hp

    Desain? Hmm paling pas ya mirip2 cb400 superfour

  5. Pffffttt.. Sohc 2 klep yg lbih canggih drpd sohc 4 klep or dohc nya suzuki nih motor. Katanya Fu Karbu bisa dilibas ama nie motor tp nie motor megap2 lawan gl max 125cc or cs1. Padahal cs1 or gl max kelenger lawan fu karbu.

    Logika yg aneh kaum ngepbeha…

    Ngoahahaha

  6. raine elek, kudu ganti rai sek

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan