Terapkan Strategi Jemput Bola, Suzuki Adakan 100 Pameran di Seluruh Indonesia


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Pepatah “Tak kenal maka tak sayang” benar-benar harus dipegang teguh oleh tim pemasaran, termasuk tim pemasaran suzuki. Di mana ada calon konsumen yang melek internet dan dan juga awam dengan dunia maya. Yang melek internet tentunya mudah mendapatkan iformasi tentang produk unggul dari suzuki, sementara yang awam terhadap internet harus diperlakukan berbeda.

Mereka yang awam internet inilah yang harus dijemput, dengan mengadakan pameran produk suzuki di tempat ramai yang biasa dikunjunginya. Strategi ini biasa disebut jemput bola, dimana justru suzuki-lah yang berperan aktif memperkenalkan secara riil motor-motor terbaiknya. Sehingga konsumen bisa melihat, meraba dan merasakan ergoniminya saat ditunggangi.

Dengan demikian pada akhirnya (diharapkan) memberikan kesan positif di hati masyarakat yang sempat mencobanya. Meskipun saat itu tidak membeli, akan tetapi kesan positif dapat ditularkan lewat mulut-ke mulut kepada keluarga, tetangga dan kerabatnya. Dan terciptalah iklan berantai di kalangan calon konsumen yang awam dengan internet.

Strategi jemput bola ini akan dilaksanakan suzuki dalam bentuk pameran yang cukup masiv. PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) semakin mendekatkan diri kepada calon konsumen di 39 Kota melalui pameran tematik yang digelar sebanyak 100 kali bersama Main Dealer setempat. Pameran tematik yang menghadirkan deretan sepeda motor Suzuki diadakan mulai dari bulan September 2017 hingga Maret 2018 mendatang secara bergantian.

Model dan varian unggulan seperti Suzuki GSX-R150, GSX-S150, All New Satria F150 dan Address akan dipajang di lokasi pameran. Namun calon konsumen juga bisa mendapatkan beragam informasi mengenai produk lainnya seperti Suzuki Nex dan Smash. Selain itu, calon konsumen juga melakukan test ride untuk makin memantapkan pilihannya terhadap produk Suzuki.

Wilayah pelaksanaan pameran dibagi dalam 14 area utama yaitu Jawa Tengah, JABODETABEK, Jawa Barat, Jawa Timur, Batam, Sumatera (tengah dan selatan), Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sulawesi, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Bali hingga Papua. SIS memilih jangkauan pameran bertaraf Nasional untuk menyeragamkan peningkatan brand awareness publik terhadap produk Suzuki. Yohan Yahya – Sales & Marketing 2W Dept. Head PT. SIS mengatakan :

Berdasarkan hasil pengamatan kami terhadap minat dan permintaan publik kepada produk motor Suzuki yang semakin besar, kami mengambil langkah kooperatif dengan lebih mendekatkan diri kembali kepada publik dan calon konsumen Suzuki. Melalui pameran tematik di 39 kota ini, kami harap calon konsumen bisa segera memiliki produk Suzuki dengan mudah dan memuaskan.

Berikut ini jadwal pameran yang akandiadakan PT. SIS di daerah-daerah seluruh Indonesia.

Pulau Jawa

Luar Jawa

Memang demikianlah strategi yang harus diterapkan guna menjangkau masyarakat yang awam dengan internet dan media promosi lainnya. Yaitu dengan menunjukkan secara langsung di tempat yang biasa mereka kunjungi. Ketika mereka mulai “kenal” maka rasa “sayang” akan segera bersemi. Semoga rencana pameran ini berjalan lancar tanpa kendala, sehingga mampu menjadikan suzuki kembali berjaya seperti masa kejayaan “shogun”.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

One response to “Terapkan Strategi Jemput Bola, Suzuki Adakan 100 Pameran di Seluruh Indonesia

  1. gimana orang mau beli produk suzuki wong di Youtube aja yg ada detail cuman produk GSX.

    coba bandingin samas Vario atau Mio bnyak yg review. tim marketing suzuki kurang 2017.

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting