Yamaha NMAX+ AEROX Lebih Laku Dibandingkan All New Vixion+R15. Apakah Kondisi Jalan di Indonesia Mempengaruhi Pangsa Pasar Motor ?


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Mencermati distribusi motor-motor pabrikan yamaha, ada beberapa hal yang menarik, diantaranya market share motor ber-engine mirip 150 cc vva (nmax, aerox, all new vixion dan all new r15). Yang mana engine dengan sistem penggerak klep vva keluaran yamaha ini cukup venomenal. Bagaimana tidak, di awal kemunculannya mampu mendongkrak pamor yamaha di tanah air sebagai engine ter-update, sesuai dengan tagline nya “Semakin di Depan”.

Sangking besarnya kepercayaan yamaha terhadap engine (sohc vva 155 cc) ini, beberapa motor berbasis engine yang mirip kemudian lahir. Diantaranya all new r15, aerox 155 dan yang terakhir all new vixion tipe R. Dua varian adalah matic (nmax dan aerox 155) dan dua varian adalah sport (all new r15 dan vixio-R).

Nah sekarang mari kita lihat distribusinya di bulan juni dan juli 2017…

Jika diperhatikan distribusi dari motor yamaha dengan kubikasi 155 cc ini, ada beberapa hal yang bisa diulas, yaitu :

  • Matic NMAX ternyata jauh lebih laris dan kenaikan distribusinya paling tinggi, baik dibandingkan aerox apalagi vixion, padahal sama-sama menggunakan engine 155 cc vva.
  • Matic Aerox meskipun tampil dengan style yang jauh lebih sporty dibandingkan dengan nmax, meskipun distribusinya juga naik, akan tetapi ternyata kenaikannya masih kalah jauh jika dibandingkan nmax.
  • Motor sport all new vixion di bulan juli juga mengalami kenaikan. Tapi kenaikannya paling kecil jika dibandingkan nmax dan aerox. Sedangkan all new r15 masih belum ada data (per 23 Agustus 2017 jam 9.40 wib ini). Tapi menurut motogokil kenaikan lebih kecil dibandingkan vixion, karena pangsa pasarnya lebih kecil.

Sementara itu, bisa dirasakan secara nyata sehari-hari, bahwa jalanan semakin padat dan macet (terutama di kota). Selain itu di beberapa ruas jalan lurus dan panjang juga banyak yang rusak, sehingga tidak mendukung untuk optimasi topspeed. Kondisi ini jelas dirasakan tidak nyaman oleh rider, apalagi rider motor sport kopling manual, apalagi harus nunduk karena stang posisinya under yoke.

Apakah kondisi ini yang menjadikan calon konsumen motor sport lebih suka meminang nmax dan aerox ? Karena meskipun tipe matic, akan tetapi nmax dan aerox memiliki akselerasi dan topspeed yang cukup memuaskan bagi pengguna motor sport. Sehingga nmax dan aerox menjadi pilihan yang paling tepat bagi rider yang ingin kencang tapi juga nyaman, tidak lelah dan penat di kepadatan lalulintas kota. Dan kenyataan lainnya adalah, nmax yang lebih nyaman ternyata lebih laris dibandingkan aerox, meskipun engine-nya sama, dan style-nya kalah sporty dibandingkan aerox.

Jadi pertanyaannya :

  • Apakah memang ada korelasinya, antara kondisi jalan di tanah air dan minat konsumen terhadap nmax, aerox, all new vixion dan all new r15 ?
  • Jika bro punya uang 25-35 juta, berumur 25-35 (mapan) dan tinggal di kota besar, mana yang mau dibeli dari 4 motor di atas ?

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatuloohi wa barokatuh.

Advertisements

6 responses to “Yamaha NMAX+ AEROX Lebih Laku Dibandingkan All New Vixion+R15. Apakah Kondisi Jalan di Indonesia Mempengaruhi Pangsa Pasar Motor ?

  1. punya uang 25-35 juta, berumur 25-35 (mapan) dan tinggal di kota besar. vario aja lbh murah om, bisa bawa galon. irit dimensinya kecil jd lincah selip2,acg,iss. pd dasarnya matic tetaplah roda kecil jika ingin jalan2 rada jauh/mini touring mending pake motor sport. karena klo pake matic lbh lelah bokong, tulang belakang, dan getaran di tangan bikin semutan.
    jd klo dikota besar ya motor matic sesuai peruntukan saja. klo mo sunmori/satumori ganti pake motor sport.
    jadi beli motor 2, matic dan sport. xixixi

  2. Ngenteni seg mneh sek pak

  3. Pengguna metic ato cup yang pengen. Ganti ke model sport kebanyakan ngambil motor second yang rata2 masih bagus2 n kinyis2,pengguna sport yang beralih ke metic rata2 pilih n max n aerox yang secara performa gak kalah sama motor batangan 150cc…mungkin begitu

  4. Umur segitu plus mapan? Vespa aja deh, pridenya dapet hehe

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting