Wajib Bagi Suzuki Mengadakan Latihan Safety Riding, Mengapa ??? Ini Alasannya


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Bro n sis pemirsa motogokil yang terhormat, marilah kita wali dengan beberapa kata-kata berikut. Lalulintas, pengendara motor, kecelakaan dan korban serta tewas. Maka kita akan mendapatkan bahwa pengendara sepeda motor (rider) adalah yang paling rentan menjadi korban kecelakaan fatal di jalan raya. Dan banyak yang berujung pada hilangnya nyawa sang rider.

Oleh karena itu, pabrikan sepeda motor merasa berkewajiban untuk menanamkan sebuah sikap ke dalam jiwa para rider. Yaitu pentingnya berkendara yang aman di jalan raya. Karena konsekuensi yang dihadapi di jalan raya sangatlah besar dan mahal, yaitu hilangnya nyawa secara sia-sia.

Dan khususnya bagi pabrikan suzuki menjadi sesuatu yang bisa wajib, alias fardu ‘ain. Karena beberapa alasan berikut, yaitu :

  1. Motor-motor suzuki saat kemunculannya selalu menjadi yang paling powerfull di kelasnya, alias paling kencang saat itu. Berikut beberapa contohnya, di kelas bebek 125 ada satria ru, arashi, di kelas ayam jago ada satria fu/fi, di kelas sport 150 cc ada rgr 150, fxr 150 dan gsx r150. Semakin besar power motornya, semakin besar kemungkinan ngebutnya, dan semakin besar pula kemungkinan kecelakaannya.
  2. Sebahagian besar konsumen motor suzuki (menurut hasil pengamatan motogokil) memilih motor suzuki karena performanya. Bukan karena style nya ataupun karena iritnya.
  3. Jalanan semakin padat, pengendara motor amatir (sim nembak/bahkan belum cukup umur) semakin banyak, kondisi di jalan raya semakin sulit diduga. Sehingga kurangnya skill sang rider, akan berdampak fatal jika terjadi hal-hal yang tak terduga oleh pengguna jalan lain.

Oleh karena itu sebagai bentuk tanggung jawab suzuki terhadap faktor keselamatan rider,  PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengadakan Safety Riding Training, yang diadakan di Sentul International Karting dan Motorcycle Cirkuit, Jawa Barat pada Kamis, 20 Juli 2017 kemarin. Dalam kegiatan ini, PT. SIS ingin memberikan :

  1. Pengenalan kepada para peserta Safety Riding Training mengenai teknik mengendarai motor yang benar dan aman. Training ini akan dibawakan oleh Dyan Dilato sebagai Safety Riding Instruktur. Peserta training sendiri terdiri dari 20 peserta trainer suzuki, 25 peserta media dan bloger, 5 peserta anggota club.
  2. Penyampaian teori mengenai safety riding, pembahasan yang akan disampaikan mengenai penguasaan dalam berkendara, posisi berkendara, sistem pengereman, posisi saat menikung sampai dengan tata tertib touring.
  3. Praktek langsung di area Sentul International Karting dan Motorcycle Cirkuit. Untuk mengakomodir kebutuhan para peserta training, disiapkan 20 motor GSX S, 5 motor GSX R, 3 motor Satria,  dan perangkat keselamatan berkendara seperti jaket dan helm.

Menurut pengamatan motogokil, pelatiha safety riding memang sangat penting bagi rider, terutama rider nubie. Karena kebanyakan mereka baru bisa naik motor, akan tetapi belum bisa “mengendarai” sepeda motor. Banyak diantara mereka yang tidak memperdulikan rambu-rambu di jalan raya, juga etika berkendara. Semoga dengan intensifnya penyelenggaraan latihan safety riding ini, masyarakat, khsusunya rider, semakin tercerahkan, akan pentingnya berkendara dengan aman dan nyaman di jalan.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Baca juga artikel mengenai kencang dan powerfull nya motor-motor suzuki

Semakin kencang motor, ridernya harus semakin bertanggung jawab. Harus semakin waspada, semakin tinggi skillnya dan semakin bijaksana di jalan raya.

Advertisements

2 responses to “Wajib Bagi Suzuki Mengadakan Latihan Safety Riding, Mengapa ??? Ini Alasannya

  1. Rider newbie bisa tertib atau tidak ternyata juga dipengaruhi oleh cara riding bapaknya lho…

  2. good, lebih bagus lagi kalau bisa intens ke komunitas mengadakan safety riding setiap ada event

    http://elangjalanan.net/2017/07/22/review-kualitas-oli-x-ten-setelah-dipakai-2-000km-bagaimana-penguapannya/

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting