Test Top Speed Suzuki GSX-R150, Lebih Kancang Dari Satria FU 150 FI

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pagi kebetulan dapat suasana yang pas, di jalan yang biasa motogokil gunakan untuk test top speed. Yaitu jalan masuk ke arah bandara abdurrahman saleh malang. Mulai gapura setelah patung pesawat sampai tikungan sebelum indomaret. Di jalan ini pula dulu pernah motogokil lakukan test top speed all new cbr150 (k45a) dan satria fu 150 fi (k12).

Kalau dilihat peta google kira-kira penampakan jalurnya sebagai berikut

Dan top speed suzuki gsx r150 yang bisa motogokil  (bb 75 kg) capai, mulai dari kondisi gigi-1 pada jarak sekitar 800-900 meter adalah 120 kpj versi speedometer. Hasil ini lebih tinggi dibandingkan yang pernah motogokil raih untuk cbr150 dan satria fu 150 fi di trek yang sama, dengan kondisi yang juga hampir sama [artikel]. Ini membuktikan bahwa performa gsx r150 bukan cuma isapan jempol, atau katanya-katanya, paling kencang di antara overbore 150 cc yang ada.

Karakter performa gsx r150 di lintasan tersebut hampir sama dengan cbr150 ataupun satria fufi, maklum sama-sama overbore 150 cc. Akselerasi gsx r150 berada di tengah-tengah antara cbr150 dan satria fufi. Sedikit lebih kuat dari cbr150 akan tetapi masih lebih kalem dibandingkan satria fufi. Dan performanya meledak setelah putaran mesin memasuki 10000 rpm (entahlah gigi berapa) tahu-tahu sudah 120 kpj. Handling pada saat kondisi topspeed anteng mirip dengan cbr150, dan beda sekali dengan satri fufi yang mulai liar di kondisi tersebut.

Semoga pengujian ini mencukupi bagi owner gsx r150. Harapannya adalah tidak perlu diulangi pengujian top speed seperti ini, percaya saja lebih selamat. Pengujian top speed di jalan raya sangat beresiko, membutuhkan susana yang pas baik motornya, jalanannya juga ridernya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

21 responses to “Test Top Speed Suzuki GSX-R150, Lebih Kancang Dari Satria FU 150 FI

  1. Pertamax di blog netral. Tarawih omm

  2. lambat amat, 900 m cuma 120 kph. saya di jakarta, jalan warung jati, dari lampu merah ke lampu merah aja dapet 110 kph. jarak dari lampu merah ke lampu merah diukur pake gmaps sekitar 550 m, tapi jarak efektifnya cuma 300 m, soalnya di deket lampu merah udah banyak kendaraan. sesuai sih sama test otomotif 0-402 m dapet 120 kph. motor saya yzf-r15 2017.

    mungkin faktor pengendara atau memang jalanannya cukup padat? tapi kalo jalanan padat sih gak mungkin juga bisa tes top speed, kecuali nekat. faktor motor mah beti lah, buat main di trek lurus, gsx-r150 mirip2 sama r15. lain lagi kalo di circuit, yang cukup sulit buat gantung di rpm tinggi terus-menerus

  3. Ngetes nang di sam

  4. untuk r15 500m dpt 110kph wajar. stroke r15 beda sm stroke gesex150. monggo di cermatai.

  5. Om, buatin perbandingan perbedaan design fu fi sama gsx secara teknikal dong.. Contoh: beda luas airbox berapa, diameter intake manifold, luas air filter, air flow beda berapa.. Dan bisa substitusi gak itu parts gsx dipakai ke fu fi..

  6. jd blogger tuh kyk gini…. dikupas kekurangan… n kelebihannnya… klo merk h..dikupas kekurangannya aja… klo merk y disanjung2 ..nyampe berseri2.. kyk gitu kok bilangnya blog netral…!!!
    anehhh… klo h bagus dibilang dpt amvlop….!! jd blogger kok menyebarkan kebencian!!
    astaghfirullah…….!!!

  7. Rino :
    gak terima bro sama isi artikel Blognya Om Triatmono?
    ekekekekek….

  8. gan, tolong diulas part2 mesin gsx yg beda tapi bisa plug n play ke satria fufi ya, misalnya injektor, dsb.
    makasih gan, moga sukses terus

  9. memang terkencang. walau power on whell 11 12 sm k45a tp jelas bobot udh beda jauh antara ke 2 nya. dan sudah pasti PWR lbh bagus akan membuat motor melaju lebih cepat. good job suzuki

  10. oh ini blog netral ya???
    😀

  11. wuihh 10.000rpm.. aku di jakarta 6.500rpm saja.
    makanya di jakarta aku pakai overstroke, di kampung aku pakai overbore.. jelas beda peruntukan.

  12. Nanya pak dosen, gear belakang gsxr nomer berapa ya,kalau satria kan 38 pak,mau rencana ganti gearset ni dah oblak pdahal baru setahun XD

Leave a Reply