[DIY] Melepas Hose Comp (Saluran Bahan Bakar Injeksi) Satria Fu 150 Fi

 

soket selang bbm injeksi
soket selang bbm injeksi

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pada artikel sebelumnya, pernah motogokil ulas bagaimana melepas saluran bensin nvl. Dan ternyata sistem clamp pada hose comp (saluran bensin) sistem injeksi tidak sama dengan milik suzuki satria fu 150 fi. Perlu dicermati karena jika salah, bisa bahaya, pipa plastik pada fuel pump bisa patah.

Pada nvl pelepasan selang bensin relatif lebih mudah. Dengan sekali cungkil pengunci/clamp, soket selang bensin bisa dilepas dengan mudah.

Jpeg
Fuel hose clamp nvl

Tapi tidak dengan milik satria fu 150 fi, berikut ini perbedaannya…

Jpeg
Fuel hose clamp satria fu 150 fi

Pengait no.1 ditekan sambil dicungkil ke atas untuk menarik pengunci (lock) dari hose clamp. Tapi hose belum bisa dicopot, karena masih terkunci oleh pengunci 2. Pengunci no.2 ada di kiri dan kanan, dicunkil ke luar sedikit, secara berbarengan baru hose bisa dilepas dengan mudah.

Dan cara ini belum tentu cocok untuk motor dengan sistem injeksi lainnya. Perhatikan  sistem pengunci hose comp (saluran bensin) pada beberapa motor berikut.

Yamaha jupiter z1

fuel-pump-clamp jupiter z1

Kawasaki ninja 250

fuel-pump-clamp ninja

Honda vario

fuel-pump-clamp vario

Verza

fuel-pump-clamp verza

Bagi yang mau kuras tangki bensin sendiri (DIY) jangan takut. Gampang kok melepas saluran bensinnya. Coba saja pelan-pelan, sabar, insya Allah berhasi. Daripada harus pulang-balik ke bengkel, antri, bayar lagi.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

10 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan