Salah Satu Rahasia Besarnya Power Satria fu 150 Fi

Jpeg
Red Bullet

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Saat awal kemunculan, motogokil lumayan heran, mengenai besarnya power satria fu 150 fi. Apa pasal ? Karena dengan kubikasi yang sama (bore x stroke) dengan pendahulunya (versi karbu) tetapi powernya bisa berbeda 2.5 ps. Memang kompresinya (CR) naik dari 10.2 ke 11.5, akan tetapi naiknya cr tidak serta-merta mampu mendongkrak tenaga sampai 2.5 ps.

Uniknya untuk motor yang powernya diletakkan pada putaran tinggi, maka powernya akan rendah diputaran rendah (ngempos/lemot), begitu pula sebaliknya. Sedangkan pada satrai fu 150 fi powernya benar-benar terasa mengehntak sejak putaran rendah, apalagi ketika putaran tinggi, lebih ganas lagi. Jika melihat konstruksi intake runner, lebar filter dan dimensi leher knalpot, maka suzuki mendisain agar satria fu 150 fi ini memiliki kelebihan di rpm rendah. Tapi agar karakter dasar tidak berubah (akselerasi tinggi di rpm tinggi) maka ada beberapa bagian yang menyesuaikan.

Seperti yang pernah motogokil ulas di artikel sebelumnya, bahwa part-part yang disematkan pada satria fu 150 fi merupakan part yang “top” untuk sekedar motor harian. Tapi karena masih mempertimbangkan pembatasan power dan efisiensi, maka dilakukanlah pembatasan performa. Salah satu bagian yang mampu memberikan keduanya (power booster dan effisiensi) adalah keberadaan tabung induksi.

Ternyata satria fu 150 fi mengaplikasi tabung induksi yang cukup besar jika dibandingkan dengan cbr150r (k45). Berikut ini penampakannya

Jpeg
Sistem pemosokan udara satria fu 150 fi

Prinsip kerjanya sederhana :

  1. Pada saat piston menghisap udara, maka pada mulut tabung induksi akan mengalir udara dengan kecepatan tertentu (sangat cepat)
  2. Akibat maka tabung induksi akan mengalami kevakuman
  3. Saat piston melakukan langkah kompresi, kevakuman tabung induksi menghisap udara yang belum sempat masuk ke silinder, dan menjadi tambahan pada langkah hisap selanjutnya.
  4. Pada saat overlap klep in dan ex, tabung induksi membantu mencegah udara segar+bensin mengalir masuk ke knalpot, akan tetapi masuk ke tabung induksi.

Tentunya insinyur suzuki sudah mengukur berapa volume tabung induksi yang sesuai dengan karakter performa satria fu 150 fi. Bagi bro-bro yang mau mau mencontoh aplikasi tabung induksi seperti ini, tentunya bisa mencoba (try and error). Yaitu dengan memberi cabang pada intake manifold atau karet intake runner, seperti ini.

tabung-induksi

Jadi, menurut motogokil, jika karakter dasar dari motor adalah kuat torsinya di rpm rendah, maka untuk meningkatkan torsi di rpm tinggi dengan menggunakan tabung induksi ini.

Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wr wB.

27 Komentar

  1. Sudah lama yamaha aplikasikan tabung induksi sprt itu diRXKing,.jk tabung induksi maka akslerasi RXK drop terasa

  2. lah ini bukanya akal akalan suapaya karbu vakum bisa seenak karbu PE ?
    pernah baca di group pulsar
    volume tabung disarankan sebesar volume ruang bakar
    pengen aplikasi e jupiter mx 135,,

  3. percuma pake bgituan klo power on wheel dibawah verza. sport 150cc power on wheel terbaik masih di pegang OCB dengan power 17.8dk (16.5 on crank), kedua di pegang verza 15.2dk (12.5dk on crank)

    pada test dyno waktu OCB n verza keluar

    ngoahahaha

    :v

  4. D NVL g ada tuh, tp ada 2 selang yg fungsinya entah buat apa (sama” buntu). klo d liat dr belakang box filter udara, posisi yg panjang ada d sbelah kiri, nah yg kanan tu cilik gt mlengkung kyak idung gajah. Antara 2 itu, mana yg bsa d jdiin induksi tabung?

  5. Min itu gambar paling Bawah Motor Saya..yg di foto oleh indra Motor plush..Tulisan jg gak jauh beda dengan M plush..Lain kali Cari berita Modal Kamera keliling Panas2an cari objek..jgn asal copas aj..Kasiahn jurnalis Beneran yg kerja panas2an cari berita..gak modal copas begini…Ke biasan Mental Blogger seringnya comot kerjaan orang gak modal sendiri

    • makanya ane tetep tampilin tuh sumbernya
      santai bro, jurnalis juga sering kok copas dari media lain,
      silahkan cek tabloid motor plus banyak juga yang copas, silahkan ente kritik juga
      contoh : silahkan cek motorplus edisi 892/XVII 06-12 april 2016 hal.18-19, hal 20, hal 22-23, hal 24-25…copas apa bukan?

      • asalamualaikum om…
        numpang tanya nih…. fu fi ane … ane ganti pake knalpot racing… tapi di rpm rendah ny ngempos .. tapi kalo rpm tibggi mah jos….
        kira kira biar gak ngempos di rpm rendah apanya yg di stel ya om ???

  6. asalamualaikum om…
    numpang tanya nih…. fu fi ane … ane ganti pake knalpot racing… tapi di rpm rendah ny ngempos .. tapi kalo rpm tibggi mah jos….
    kira kira biar gak ngempos di rpm rendah apanya y

    • kalo boleh saya bantu jawab,
      apakah header kebesaran dan relatif pendek shg torsinya turun, akselerasi bawah serasa ngempos?

      jadi kalo mau diganti knalpot racing ukuran header standar dikonversi ke ukuran knalpot racing menggunakan rumus:

      P1/P2 = d1 / d2
      P: panjang pipa
      d: diameter dalam pipa

      misalnya diketahui header fu fi standar, diameternya 23,5mm, panjangnya 1,2m, ingin diganti knalpot racing menggunakan pipa header diameter 26mm, maka panjangnya adalah:

      120cm/P2 = 23,5mm / 26 mm
      P2 = 132,76cm atau 1,33m minimal
      jadi panjang minimal 1,33m, jika dipanjangkan lagi torsinya akan lebih mantap.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan