Ngebut Naik New CB150R..Tiba-tiba Mesin Hilang Tenaganya. Tanya Kenapa ???

new cb150r se vs reguler

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Ada sebuah kasus baru di new cb150r yang dialami oleh Bro Imam Dwi Prasetiyo. Tiba-tiba saja new cb150r kesayangannya saat dibawa ngebut, tenaganya hilang (mesin tidak mati). Padahal motor termasuk masih baru, sekitar 4 bulan, 4000 km. Bahan bakar juga selalu pertamax, dan sebelumnya aman-aman saja.

Kejadian seperti ini mirip seperti pengalaman ane bawa mazda familia. Mesin enak banget, tenaganya mantab, jauh jika dibandingkan avanza. Tapi suatu saat, ketika mau nyalip truk di jalan pasuruan-purwosari, tepat disamping kanan truk….tenaga mesin hilang. Di gas tidak ada akselerasinya, justru rpm malah turun. Sementara di depan sudah ada mobil besar menghadang, terpaksa mundur ke belakang truk lagi. Herannya kalau dibawa pelan-pelan nggak masalah, ada kaselerasinya ketika digas.

Ternyata permasalahan new cb150r milik bro Imam sama dengan familia ane, yaitu…tangki bensin yang kotor, dan saringan bensin menuju fuel pump yang sudah penuh lumpur. Wajar jika jalan pelan-pelan fuelpump masih bisa memberi pasokan bensin sedikit. Tapi ketika ngebut, kerja fullpump menyedot bensin meningkat maka kotoran/lumpur di filter langsung masuk membuntu saluran bensin, mesin ingin berputar kencang tapi semprotan bensin layaknya idle, yaa ampang.

Berikut ini penampakantangki bensin, fuel pump beserta saringannya ketika di lepas dari tangki bahan bakar.

Fuel Tank bagian bawah

new cbr150 fuel tank bottom

Terlihat ada sedikit karat yang menempel di pinggiran mulut lubang. Disinyalir ada air yang masuk kedalam tangki sehingga tangki berkarat

Fuel Pump

new cbr150 fuel pump muddie

Fuel pump juga terlihat sangat kotor. Berarti bagian bawah dari tangki bensin sudah kotor sekali.

Fuel Filter

new cbr150 fuel filter muddie 2

new cbr150 fuel filter muddie 3

Bagaimana bensin bisa lancar, jika filter bensinnya kotor seperti ini. Banyaknya kotoran yang menempel di filter ini sepertinya tidak lazim. Terlalu banyak untuk kotoran sekedar karat dalam tangki bensin. Sepertinya bukan hanya karena air dan karat tapi juga karena kualitas bensinnya juga buruk.

Jadi para owner new cb150r harus mulai waspada (juga owner motor sport lain), ketika mengalami mesin kehilangan tenaga mendadak saat berakselerasi. Jika semua kelistrikan normal, MIL tidak nyala, maka kemungkinan besar filter bensin terlalu kotor.  Silahkan mampir ke beres, atau bongkar sendiri pompa bensinya, kan pernah motogokil praktekkin caranya bongkar tangki bensin di artikel yang lalu [kuras tangki nvl]

Jika penyebabnya bensin (pertamax) yang kualitasnya rendah, maka  beralihlah ke pom bensin yang lain, mungkin yang swasta lebih baik. Karena seperti halnya tangki bensin kita, tangki bensin spbu kadang juga berkarat dan berair. Kalau mau yakin silahkan beli bensin pakai jirigen, kemudian saat di rumah periksa, kotor dan ber-air atau tidak. Jika tidak berarti spbu-nya ok.

Penyebab lainnya adalah air hujan yang berhasil masuk ke dalam tangki. Bisa melalui bibir lubang, karena daya isolasi karet kurang bagus. Atau lewat lubang lain seperti lubang pernafasan tangki. Kalau mau yakin tentang kemampuan tutup tangki mencegah masuknya air, bisa diuji secara mandiri. Coba copot tangki, kosongkan bensinnya dan biarkan tertutup rapat. Siram dengan se-ember air, kalau bisa air diberi pewarna (merah atau hijau). Selanjutnya buka fuel pump, dan periksa adakah air (berwarna ) yang berhasil masuk ?

Peristiwa seperti ini, bisa menjangkiti semua motor sport. Karena tutup tangki bensinya langsung bersentuhan dengan cuaca di luar. Jadi pemilik motor sport selain new cb150r juga harus waspada akan kasus ini, apalagi jika motornya sering kehujanan secara langsung. Untuk mencegah air masuk ke dalam tangki, beberapa langkah ini bisa dilakukan :

  1. Pastikan lubang pembuangan/drainase tidak mampet. Kalau mampet ya disogrok-sogrok/dibersihkan sampai plong.
  2. Kalau mau aman, ya tutup tangkinya diberi tutup lagi, seperti lembaran plastik dan lain sebagainya, sehingga air hujan tidak langsung mengguyur tutup tangki.
  3. Kalau hujan, lebih baik berdirikan motor dengan standar samping (miring). Karena lubang drain nya ada di sebelah kiri.
  4. Pada saat kehujanan dan ingin mengisi bensin, pastikan kondisi tutup tangki dan tangki sudah dilap sampe kering. Saat antri usahakan motor di standar samping, atau dimiringkan ke kiri, agar air yang terlanjur masuk lewat sela-sela tutup tangki keluar lewat lubang drain.

Bagaimana dengan rivalnya dari klan vixion ? Sama saja mas bro [artikel]

nva tangki kemasukan air bocor

Jadi yang terpenting adalah perlakuan, perhatian dan perawatan. Waspada..masuknya air ke tangki bensin bisa lewat berbagai macam cara. Bias lewat rembesan tutup tangki, bensin spbu yang kotor dan berair, atau proses kondensasi udara dalam tangki (tangki sering kosong). Kenali gejalanya, kuras tangki secara periodik dan hindari resiko-resiko yang membuat masuknya air ke tangki bensi.

Lebih kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

Advertisements

$where = 0;

46 responses to “Ngebut Naik New CB150R..Tiba-tiba Mesin Hilang Tenaganya. Tanya Kenapa ???

  1. Gara gara stupa… Wkwkwk…

    *cling…

  2. air masuk tangki itu emang salah satu fitur unggulan motor batangan AHM sejak jaman old megapro dan tiger, gak bisa ditiru merk2 sebelah.

  3. motor yg lain aman aman saja beli bensin di spbu tsb, kok cb nya yg kena, tanya kenapa!

  4. Mtr baru ko masalah trus ponakan ane mau ambil nih mtor jd kagak jdi gra2 klotok2 sma rangka ringkih.. Soalnya ponakan ane tnggi 177 berat 68kg .. N sering boncengan.. Tkutnya jeblos..
    Akhirnya malah ambil nmax

  5. Padahal tutup tangki rata ngakunya lebih tahan kemasukan air

  6. 3 taun pake gl pro neo tech taun ’99 bersahabat dengan tukang patri n kertas tambal panci,, pindah ke laen bodi pake rx z,, 2 taun g kuat bensin pake hiu ru 120 sd skarang, itu semua gara” tangkie kropos, ‘. =)) ‎​‎ Ћ∂ª=D ~
    .~/ / _. Ћ∂ª=D ~
    _( _ Ћ∂ª=D

  7. Busyet udah berkarat ajaa

  8. ah elah…
    new thunder ane (tutup tangki rata) kagak ada ceritanya tangki kemasukan aer, tangki karatan, tangki bocor, dst.
    thunder lama (tutup tangki model stupa) juga belom pernah denger ada yg sampe kemasukan aer tangkinya…
    suzuki kalo bikin produk gak pernah becandaan untuk hal2 yg vital macem gini.
    bahkan yg remeh pun; coba lah bandingin kualitas velg new thunder atau cover knalpot aja deh, dengan punyanya motor2 batangan AHM (megapro, cb, verza). jauh coy ~

    • Setuju gan.
      Ane owner Newcb150 dan pagi ini ane ngerasain mslah mesin ngadat gini, klo mesin normal, pas bawa jalan langsung ngadat, njiiir nyesel gw pke honda, dulu gw pke generasi suzuki mulai dari shogun kebo, thunder, Satrio fu, shogun Fi 2009 gk pernah ngerasain kualitas motor kyk gini, layanan dealer honda jga sangat mengecewakan didaerah ane, nyesel dan kecewa berat ama honda

  9. Bahan bakar penyebabnya! motor saya tadinya sll pakai pertamax 92 dan 95! tanki bbmnya sll kotor dan menyumbat injektor dan karburator! yg karburator sll banjir, yg injeksi ya ndut2 an dan sering mati mendadak! beda cerita kl pk shell dan total! ga da mslh, mau kotoran, karat atau air! aman2 saja!

    • coba pakai katalis bensin, kalau emang penyebabnya pertamax92/95 soalnya vario karbu saya jg sama pakai pertamax masih ada kayak karat kalau buka karbu. Pas pakai katalis bensin baru berkurang bahkan udah ga ada. Bersih meski di liat tangki ada karat tp ga nyebar.

  10. Baru 4 bulan sudah karat kayak gitu ?? … itu nggak wajar

  11. Pulsar ane ga pnh masalah sama tangki, udah 6thn pula. Parkir motor dikantor sering kehujanan, di jalan juga sering kehujanan. Gda perawatan khusus sama tangki alhamdulillah aman2 saja, gejala keropos juga gda.
    Niat beberapa tahun lagi pengen ganti motor, tapi lihat kualitas motor2 sekarang jadi ngeri nih, bingung yg kualitas materialnya bagus apaan tapi terjangkau. beres bakal laku keras kalo begini.

  12. gak bakalan rame warunge sampean pak dosen, kako artikelnya ttg jeleknya CB (AHM)
    hehehe

    • ini bukan kejelekan, tapi masalah dan solusi,
      jadi rider perlu tahu, bagaimana antisipasinya dan bagaimana mengatasinya

      warung rame juga percuma, kalau isinya komentar tidak berguna

      • hehehe, iya pak dos, komen ane buat sindiran ke komentator yg suka nyerang yg punya warung secara personal, hehe

        • Laki kok nyindir? Omongkan man to man aja bang, itu baru jantan, kecuali ente betina ya rapopo. Ane ga ngerasa kesindir sih, cuma kzl aja liat sindir-sindiran

  13. Note: Bbm kualitas jelek hanya menimpa cb150r..
    Aneh..

  14. @pengamat bilang bbm jelek kek ny NVA diatas kemasukan air

  15. Kalau baru sudah karatan ya namanya kualitas jelek. Kalau motor Honda nggak perlu heran ada kejadian kayak begini

    https://kupasmotor.wordpress.com/2014/12/16/persoalan-kualitas-yang-bikin-pikir-pikir-untuk-beli-motor-honda/

  16. gw juga pernah rasain mesin kehabisan tenaga padahal honda cb150r new streetfire baru saya beli dan kilometernya baru 500,,saya sudah berpikir jangan2 ini produk gagal…selama 1 minggu 3x kejadian saya kehabisan tenaga…sudah bawa di diler tapi kata diler ndk kenapa napa…tapi pas suatu waktu kejadian lagi panasin mesin saat di gas motor saya nggk punya tenaga,,,saat sya buka bagasi ternyata lubang filternya tersendat dengan kain pembersih motor saya…pas saya cabut baru lah normal kembali…sampai sekarang motor saya aman…jadi coba cek lubang filter yang ada di bagasi..jangan sampai kain pembersih motor terlalau dekat bisa ke hisap lubang filter….

  17. bang kalau filternya yang kotor atau masalah nya seperti yang di atas itu,
    kanapa sewaktu berhenti gasnya lancar seperti biasa.,

  18. Christian Tegar

    Motor saya all new cb150r km baru 1300an
    gejala pertamanya, pas di bawa gas ngebut gasnya ilang, trus baru bisa gas lagi langsung gijak gijuk , terus waktu di lampu merah, mesin selalu mati, jadi pas lampu merah , saya gas terus menerus supaya tidak mati, akhirnya saya bawa ke servis honda, dan ternyata isi tangki ane kotor, pertamax kecampur air jadi karat gitu, trus katanya ganti fuel pump, dan garansi jadi nunggu 1-2 bulan

  19. Fuelpum old cb150r emang kalo dibuka ada filter bensinya ya gan??

    • belum pernah buka, tapi seharusnya semua fuel pump ada filternya, karean bensin di Indonesia kotor
      tapi kalau di all new cb150r ada

      • Kejadian di atas sama persis dengan motor saya, memang sampai saat ini juga blm di ketahui pasti air bisa masuk lewat mana, tapi klo kemungkinan besar karna pengisian BBM yg kosong atau setengah, sehingga terjadi penguapan dalam tangki yg mengakibatkan timbul air. Kalau bisa isi BBM full tangki, JANGAN KESERINGAN nunggu kosong/rest baru isi BBM atau ruang tangki kosong setengah pun pengaruh juga buat timbulnya uap yg mengakibatkan air muncul.
        Di tambah lagi SPBU lokal yg tak jarang bersih.
        Dan dari efek pencucian juga pengaruh gan, jadi alternatifnya mungkin saat mencuci bagian tutup tangki cukup di lap aja,toh sudah bersih dengan lap2 sedikit.
        Dan selebihnya tergantung pemakaian agan n sister deh….
        Terimakasih.

  20. Cb 150r hadeh…… nyesel saya ngambil y

  21. itu kalo saringan mampet , cek engine nyala Ndak gan?

  22. Pingback: Tips Membongkar-Pasang Engine (Mesin) Sepeda Motor Bebek | Rider, Mechanic, Engineer, Researcher

  23. Assalamua,alaikum ma,af om saya jg punya cbr 150 ga ada tenaganya di gas bukannya lari malah gerung kenapa ya mohon solusinya om terimakasih

    • kalau nggerung maksudnya putaran mesin ikut naik seiring dengan puntiran gas, itu normal
      tapi kalau mesin nggerung tapi lemot, nggak mau lari, maka kemungkinan besar kampas koplingnya sudah aus
      solusi : buka cover engine (bagian kopling) sebelah kanan, periksa kondisi plat dan kampas koplingnya, kalau sdh aus ganti
      penyebab : sering main 1/2 kopling, baik saat kebut2an atau saat macet di tanjakan dengan beban berat

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan