Waktunya Berpaling ke Suzuki

Diposting pada

00 satria fu 150 fi black

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sebelumnya ane sering mengulas performa dan potensi yang diusung satria fu 150 fi di atas kertas. Kemudian banyak blog yang turut menshare mengenai upgrade apa saja yang diberikan oleh suzuki untuk satria terbarunya ini, banyak sekali, bahkan hampir semua sisi. Selanjutnya kemarin saat mencoba dan melihat langsung, akhirnya …wah ini memang motor yang “gue banget” nih.

Tentunya sangat subyektif menganggap suzuki satria fu 150 fi cocok dengan, ane. Tapi bagi yang memiliki postur, style riding, posisi tempata tinggal yang sama dengan ane, mungkin bisa dijadikan salah satu referensi. Tapi untuk supaya tidak menyesal dalam menjadikan satria fu 150 fi sebagai pilihan, memang lebih baik mencobanya secara langsung.

Nah sekarang ane coba menjelaskan apa arti di balik kata “gue banget” untuk suzuki satria fu 150 fi ini :

  1. Ane adalah seorang rider dengan tinggi badan rata-rata sekitar 165 cm (mungkin bagi ana sekarang termasuk pendek). Jadi motor akan terasa nyaman jika tidak terlalu tinggi (kaki menapak sempurna) dan juga tidak terlalu berat agar enak untuk menggeser-geser (maklum garasi sempit). Cocok dengan seat hight satria fu 150 fi yang rendah dan bobot yang ringan.
  2. Dalam keseharian penggunaan motor, ane termasuk rider yang lebih suka kencang daripada pelan. Oleh karena itu pertimbangan dalam memilih motor biasanya adalah yang sudah kencang bawaan dari pabrik. Dan motor yang cocok adalah motor yang bernapas panjang dengan power besar yang sambung menyambung setiap pergantian gigi. Cocok dengan satria fu 150 yang memiliki konfigurasi engine dohc, overbore, 6-speed, power terbesar dikelasnya (13.5 ps@10000rpm).
  3. Ane juga rider yang realisitis, bahwa kondisi jalanan di Indonesia tidak semuanya bisa dilewati dengan ngebut, jadi cukup suka juga dengan motor yang gesit, mudah selap selip. Dan ternyata kombinasi bobot yang ringan dan torsi maksimum yang lumayan besar (13.8 N.m@8500rpm) menjadikannya cukup mampu menghadapi jalanan macet.
  4. Kegandrungan terhadap teknologi engine yang baru dan superior, menjadikan satria fu 150 fi ini begitu menarik buat ane.
  5. Masalah performa yang sudah dibuktikan oleh para test rider, racer dan dragster menunjukkan satria fu 150 fi ini benar-benar cocok, dengan style dan soul ane.

Mungkin ada beberapa kukurangan yang merupakan bawaan dan juga yang nanti akan menghadang satria fu 150 fi ini, yaitu :

  1. Bengkel yang lebih sedikit dibandingkan honda dan yamaha. Bagi ane nggak masalah, kebetulan ane tinggal di kota, bengkel meskipun sedikit tapi ada. Dan mungkin juga tidak perlu antri panjang, karena owner motor suzuki juga sedikit. Kalau sempat yang diservis dan dibongkar sendiri di rumah, anggap saja refreshing.
  2. Spare part sulit atau mahal. Ane nggak tahu kalau masalah ini, tapi jika ini terjadi, ya terpaksa motor harus off dulu (nggak masalah sih bisa paka cbr150) sambil menunggu ketersediaan spare part yang dibutuhkan. Kalau masalah spare part mahal, ane masih yakin “ada harga ada kualitas”, mungkin yang mahal adalah spare part impor asli dari jepang.
  3. Boros. Nggak masalah, toh sebanding dengan performanya. Lagian satria fu 150 fi kan sudah injeksi, seboros-borosnya, masih lebih boros yang karbu. Atau mungkin masih borosan cs1 ane di rumah. Dan masalah spbu, kebetulan di malang banyak spbu, jadi nggak masalah. Bagi bro yang jauh dengan spbu yang menyediakan pertamax, tolong poin ini dipertimbangkan, karena tangki bensin satria termasuk paling kecil, sedangkan satria fu minimal minum pertamax.
  4. Ukuran ban tidak sebanding dengan powernya. Nggak masalah, bisa diganti dengan yang sedikit lebih besar, depan naik satu strip, belakang naik 2 strip. Kalau perlu ganti dengan velg+ban old cb150r (beli second), tapi harus ngumpulin duit dulu.

Itu semua terkait dengan apa-apa yang ada pada fisik motor satria fu 150 fi, sangat cocok dengan ane. Dan mungkin yang satu ini juga sangat menentukan, mengapa harus satria fu 150 fi, apa itu ? Ya ..harganya bro, cuma lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan sonic150r dan mx-king. Mari kita lihat perbandingan harga satria fu 150 fi, sonic150r dan mx-king di malang jawa timur. Mungkin diler lain atau kota lain harganya bisa berbeda.

Jpeg
Harga bebek super Malang, Feb 2016

Bagi bro n sis yang setipe dengan ane, mungkin sekaranglah waktu yang tepat melirik produk suzuki. Tidak bakalan rugi, ya reken-reken membantu memberi nafas buatan, agar suzuki bangun dari semaput/pingsan nya. Semoga dengan bangkitnya kembali suzuki, maka dunia permotoran di Indonesia akan semakin semarak, dan konsumen memiliki lebih banyak pilihan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

56 thoughts on “Waktunya Berpaling ke Suzuki

  1. Bagai mana ya…… Ai masih setia dgn fu 2008 yg masih mulus kinyis2 tanpa big problem….. odometer sdh kembali ke angka nol lebih 10000 koma sekian km…. maklum. Sering di bawa touring bolak-balik medan, aceh, padang…… hooooooooooo…..

      1. Ai ada rencana ambil cbr650f….. padahal tabungan itu sebenarnya buat all new pajero semprot aduhai punya….suatu saat nanti(wlw gak tau kapan kesampaiannya) hahaha

  2. Welldone Suziiee.. scr pribadi saya respect sama motornya/sfu150fi… tapi Kalo Inget alayer2..cabe rawit dkk.. Jd males beli suzie.. sama ky ninin250.. banyakan alayer yg make.. malessssss.. ntar sama kyk mas Boy.. hahaha mendingan beli CBR..

  3. Iya Bro.. motor bagus jane.. tp memang pangsa pasarnya ya emang mrk2 iku yg di bidik..(alayer,cabe jahe dsb..haha) ane 85kg_172cm wis blaaass gak nyaman.. sdh pernah nyobain.. respect sm motornya.. tidak sm fansboynya.. nunggu cbr250rr saja..

  4. Kalo ane sih gk cocok,, cz mindset ane beli motor buat ngembangin riding skill. Dan tipe macam FU itu dah maenan ane dijaman SMA dulu.. Udah kenyang mah mulai yg standar smpe yg dibelah separuh sasis jok nya πŸ˜€
    ..
    k45 knp ane demen, cz ni motor 150cc dg dimensi hampir mndekati 250cc, dg power seiprit tp body seabreg, gmn kita bisa memacu kecepatan dg tepat itu tantangan, fisik tetap terjaga di kala macet & perjalanan jauh itu olah raga, plus tetep bejek gas saat melibas cornering itu kebanggaan. πŸ™‚
    ..
    bukan apa” sih cuman bukan selera ane lg aja πŸ™‚
    nih tetep motor bagus yg berevolusi dg baik (gak seperti merk yg lainya) sejauh pengamatan ane.

    1. …dg kata lain, lulus high performing k45 maka skill kita sdh siap buat lepas-liar kan cbr250rr / gsx-r250 πŸ™‚
      ..
      its about road passion bro!

  5. Fu injek bikin ngiler ane sih.. trutama performanya yg ganas..
    Tapi ane gak suka mtr ayago :v

    Btw ane boleh nanya?
    Tinggi badan ane 174cm, riding style lebih suka ngebut.

    Kira” pilihan mtr sport 150cc apa ya yg cocok bwt ane? Ane trtarik sm ocb dn cbr karbu..

  6. yep ini motor value for money..performa dapet,material part2 oke…FXR jadul aja power 20 hp msh pke blok baja.byangin kl pake SCEM..so nunggu GSX150/250 ah..

  7. ane si respect banget sama nih motor bebek yg lain serasa inferior banget di depan fufi hehe, tapi karena pernah nyoba fu karbu punya temen n langsung diteriakin sma tmen2 ga cocok sama postur ane (170cm/75kg) hehe.

    ane ga suka ngebut2 si tapi kadang iseng aja klo ada yg alay dijalan. udah cocok sekarang pake p200ns πŸ˜€

  8. jujur om kekurangan no dua itu gak realistis deh kayanya, hanya opini orang2, jujur org tua saya dagang motor, saya tau gimana cara cari sparepart, nyari sparepart suzuki gak sesusah yang dibilang orang jarang2 malah gak ada stok, saya heran susahnya tuh dimana? bengkel selain beres juga suka jual sparepart suzuki, gak tau deh ya kalo wilayah lain, dan mengenai harga mahal? ah gak juga, malah kebilang murah, atau sama lah kaya merk lain, mungkin yang kata kata orang mahal itu mereka bandingin sama harga sparepart abal… motor saya skrg fu karbu gen 3, sebelumnya bajaj 125, malahan waktu bajaj belom bangkrut, sparepart bajaj yg susah dicari, mau kanibal aja susah, dan kualitas? hmm… bobrok bgt terutama di sektor mesin, kudu yg rajin perawatan, kalo merk suzuki entah kenapa, males ganti oli berbulan2 pun masih lancar jaya, cocok juga buat yg males ke bengkel…

    minat bgt ama fu fi, sayang fu yg skrg mau dikemanain, beres terdekat gak nerima tuker tambah malah…

  9. om gokil om gokil, padahal baru kemaren saya lihat om semangat banget pamerin teknologi new cb ke orang lain, eh ini mau beli motor lagi. salut deh. btw mau gantiin motor yang mana om? atau cuma nambah aja?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan