Assalamu’alaikum wR wB
Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan
Beberapa komentator (yang mungkin agak terlambat mendapatkan info) pernah menasehati motogokil untuk memverifikasi dulu sebuah informasi sebelum dipublis. Sebelumnya (seingat motogokil) belum pernah ada komentator yang komen seperti ini. Mungkin hal ini terkait dengan pemberitaan salah ucap/salah dengar/salah ketik media terhadap harga usd yamaha xabre yang seharusnya 5 juta tertulis 15 juta.
Karena info ini sangat menarik (harga usd xabre 15 juta ?) maka dalam waktu singkat lahir banyak artikel dari para blogger (termasuk di motogokil.com) dan juga meme lucu di facebook. Mungkin karena menjadi ramai di dunia maya, dan memberikan image merugikan, menjadikan yimm mengkoreksi sehari kemudian. Dan dengan tiba-tiba, tanpa ada artikel tambahan, sumber yang dijadikan sumber berita merubah angka 15 menjadi 5. Akhirnya banyak blogger kecele, dan banyak komentator menyalahkan blogger dengan komentar seperti ini :
“Kenapa info dari suatu media masa tidak diverifikasi dulu kebenarannya, sebelum dijadikan rujukan dalam menulis artikel ?”
Nah sekarang terdengar hangat, ada bocoran frame yang katanya akan digunakan di gsx-r250, yang katanya akan rilis tahun 2017. Kira-kira blogger yang menjadikan info ini sebagai artikel, sudah memverifikasi langsung ke suzuki jepang atau belum ? Atau langsung email/telpon ke media yang membocorkan info ini, apa benar begitu ? Dan apakah komentator-komentator yang kemarin menuntut verifikasi, juga menuntut sang blogger untuk menverifikasi info ini terlebih dahulu sebelum ditulis dalam artikel ?
Kalau buat motogokil, percaya saja dengan info-info tersebut. Untuk sementara berprasangka baik bahwa narasumber terpercaya. Sehingga info yang mereka berikan bisa dianggap valid dan langsung dijadikan bahan artikel tanpa harus memverifikasi terlebih dahulu. Asalkan sumber beserta alamatnya disebutkan, karena info berasal dari mereka.
Lalu bagaimana kalau mereka (narasumber salah), ya harus diakui karena bersumber padanya, artikel yang dibuat ikut salah, dan harus direvisi atau dihapus. Lalu bagaimana dengan komentator yang ngotot untuk minta info diverifikasi terlebih dahulu ? Ya monggo saja silahkan berepot-ria memverifikasi sendiri, karena merasa tidak percaya dengan artikel dari blogger.
Ditunggu komentarnya :
” Menyebarkan Info Dari Media Lain Apakah Perlu Verifikasi ? “
Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.
suruh bikin artikel sendiri aja kang, mumet ngurusin satu satu gituan mah, anggep aja warna warni pengunjung blog, toh gakan 100% setuju isi artikel hehehe
http://kobayogas.com/2016/02/09/inikah-desain-paten-motor-sport-suzuki-gsx-r250-bocor-lads/
hayoo
dah tanya ke suzuki jepang apa belum tuh bocorannya
wkwkwkwkwk
wakakakakkaa
http://kobayogas.com/2016/02/10/diskusi-dicegat-polisi-saat-razia-kunci-kontak-maen-cabut-sah-kah/
Kang Mas Dab,Bro-DOS, hasil its 150 gak di publish,barang kali aja mau korek DOHC-nya bisa sampai terbang, Tuh mekanik kasih tau cara yg bener korek dohc-nya masa rangking 1 sampai 7, muka LELE semuah,,,,,
Aku ora melu2 ah…
http://traktordohc.com/2016/02/12/diskon-suzuki-satria-f150-injeksi/
mayoritas blogger (kecuali tmc) dan pembaca blm cerdas dlm analisa kegagalan dan kesuksesan sebuah brand.
mereka msh terkungkung dlm halusinasi opini. padahal realitanya publik pengguna merupakan seleksi alam yg akan menilai apakah ini layak dibeli apa tdk.
kenapa honda bs sampe 70%,
kenapa yamaha msh bs bertahan di kisaran 25%,
kenapa suzuki jatuh di 1%.
klo memang benar opini produk suzuki lbh baik dr honda, lah kok bisa suzuki gak laku….?
saya sbg orang yg pernah menggunakan multi brand paham knapa akhirnya pilihan masyarakat spt ini. jd yg mengatakan mesin suzuki lbh baik dr honda dan yamaha itu bulshit. saya sering kena trobel di shogun 110 terutama di sistem kopling, pernah membandingkan antara karisma dan shogun 125 dr sama2 baru buat operasional kerja.
dan ternyata mesin suzuki yg ngebul duluan dan mesin karisma awet wlwpun body krng ok. itu baru sdkt contoh, dan banyak kasus yg lain yg saya analisa. dan kesimpulannya ya cocok dg realita yg ada sekarang.
dimana honda mendoninasi, yamaha msh bertaji dan suzuki terkapar.
percayalah publik tdk bodoh dan tau apa yg terbaik bg mereka
sip, ane sependapat sama ente om, ttg suzuki yg tidak sebagus kata para penggemarnya, faktanya sekarang supra x lawas (yg sebelum 125cc) malah banyak yg masih sehat dr pada shogun 125 yg relatif lebih baru
Honhon cuma bungkusnya kurang sip…..icik kiwir katanya, untuk harian cukup bandel
kenapa honda bs sampe 70%,
kenapa yamaha msh bs bertahan di kisaran 25%,
kenapa suzuki jatuh di 1%.
=============================
https://7leopold7.com/2016/02/08/tugas-swat-ahm-melakukan-counter-strategi-agar-gaung-xabre-tidak-terlalu-mencuat-benarkah-etiskah/
Kalau menurut saya, ketimbang mengganggu image produk lawan dengan dis-informasi atau kampanye, kenapa tidak fokus dengan pengembangan produk sendiri. Honda memiliki nama besar secara global sebagai produsen motor dengan teknologi tinggi. Itu sebabnya saya meragukan. (leopold)
Yang lebih heran, kenapa data “distribusi” AISI MS Honda (AHM) 70% lebih tapi kok masih saja seperti yang Leopold katakan? Dan untungnya Leopold meragukan hal tsb, karena beliau tipe Blogger penyeimbang.
😀
ketoke iki sing warunge tutup kae yo???
http://78deka.com/2016/02/10/inilah-sensor-tekanan-ban-motogp-dari-michelin/
wehhh kecuali blogger tmcblog? whatt??? kayaknya perlu banyak2 baca blog deh..
https://m.bukalapak.com/p/handphone/memory-card/onl3m-jual-original-otg-sandisk-32g
Media otomotif yang hadir tidak cuma satu.. yang datang tidak cuma wartawan detik.
Wartawan lain media lain tidak ada yang mendengar 15 juta.
Hanya informasi aja. Detik menampilkan artikel baru dengan cataran kaki sebagai ralat artikel sebelumnya.
Kembali ke niat aja ..
Mengutip komentar leopold
“saya tambahin contoh “counter strategi agar gaung Xabre tidak terlalu mencuat” misalnya dengan memperbesar gaung:
1. “harga USD 15 juta rupiah, lalu harga motornya sendiri berapa”
Ini catatan kaki diartikel yg lebih baru———–
Artikel ini sudah diupdate untuk mengoreksi harga upside down.
(rgr/lth)
perlu dan harus sesuai dengan bidangnya… wkwkwkwkwk
http://menyusurijalan.com/2016/02/09/spyshoot-bertemu-mobil-kamuflase-mobil-apakah-gerangan/
betul itu harus cari dulu data validnya, ngetik artikel postingan blog itu sbnernya cepert, 10 menit jadi artikel, tapi nyari data yang bener itu yg lama, bisa seharian malahan haha…
http://warungasep.net/2016/02/09/wow-ada-renderan-terbaru-honda-rvf-1000-dan-suzuki-gsx-r250-disana/
Yeep.. tabayyun kalo dapat informasi..
Ga telan mentah2.. dikunyah2 dulu 😀
dikenyot-kenyot dulu
http://warungasep.net/2016/02/10/all-new-satria-fu-injeksi-akan-launching-tanggal-16-februari-2016/
Kayaknya ga’ perlu juga sih buat verifikasi, cuma mungkin tanggung jawab moral aja bagi yg nulis niat-nya mau seperti apa? Mau pembodohan otomotif atau apa? Bagi pembaca aneh banget-lah blogger yang terkenal pengajar yang cerdas, ahli matematika ,ahli mesin ,ahli filsafat mungkin , mau menulis berita konyol dikarenakan bisa jadi mmg pejabat-nya yg salah atau wartawan yg salah.Lebih lebay bin konyol lagi karena sebelum-nya sudah ramai di blog otomotif muncul harga part di thailand dari produk yg sama di situs resmi ingat situs resmi yg super duper valid tentang harga shock yg kalo’ dikonversikan ke rupiah dari bath sekitar 6 jutaan.Semua dikembalikan ke niat awal aja sih kalo’ nulis artikel, semoga faham
Nanti dibilang ulah tim swat. Pdhl statemen itu dtg dri petinggi yamahoo.mudahnya maling teriak maling.
Statemen dari petinggi.. tapi dari semua media yang hadir, cuma satu dengernya 15jt.. typo..
Telan mentah2.. apa berusaha cari info sebanyak2nya
Kebersihan hati aja
motogondes + kobelyogas ikrib bingits
jiaaahhhhh…
cemburu doi…!!!
tergantung isi beritanya, kalau gak spesifik atau umum ya menurut ane sih gk usah konfirmasi. tapi kalo udah spesifik banget seperti bahas masalah performa yang kdu ada test lebih lanjut baru dah konfirmasi
http://stpblog.me/hari-pers-nasional-presiden-jokowi-kritik-media/
Sori om gokil menurut aku yg bodoh ini ..kasus USD xabre sama rangka gsx 250 r beda….kalo xabre kan udah lounching sumber beritanya banyak ..harga part dari thailand jg dah keluar…kalo si gsx baru bocoran…sumbernya msh dikit dan pabrikan gak bakalan kasih info produk yg blom launching..
membahss rumor, benar salah masih 50%……
Toh nanti juga ketahuan siapa yang benar. nggak masalah sumbernya nggak valid. yang penting diberitakan apa adanya.
https://kupasmotor.wordpress.com/2016/02/09/motor-karbu-sebenarnya-juga-bisa-irit-kok-bro-pabriknya-saja-yang-takut-nggak-laku-sehingga-memilih-cuma-jual-versi-injeksi/
nilai sebuah informasi tergantung dari pengemasannya. sperti chassis gsx-r250, menurut bocorannya akan sperti chassis motogp. hal itu positif aja dan diharapkan oleh publik.
ketika misalkan sy dpt berita yg belum jelas/ rumor bahwa chassis tsb seharga 30jt dan harga jual motor 60jt, selanjutnya sy mengemas tulisan bahwa dg chassis yaitu frame dan swingarm seharga setengahnya hrga jual motor, sy indikasikan atau ber asumsi parts/ komponen yg digunakan di suzuki gsx-r250 itu pasti material down grade, performa dan durabilitas akan negatif tdk optimal. akibat cost chassis, harga yg lain terpaksa ditekan. terjadi suatu kesimpulan negatif awal yg belum didasari fakta sebenarnya. harga chassis yg masih berupa rumor.
tapi kalau sy mengemas kalimat dg kesimpulan bahwa ini masih rumor, belum jelas kepastiannya….itu mungkin gak jdi issue pro- kontra krena tdk ada opini negatif yg terbangun.
kembali ke niat sy mau bagaimana mengemasnya. supaya kontra -produktif sy akan drive pembaca supaya terbangun opini negatif. bila sy netral, sy akan kemas dg kalimat yg berimbang
Om pengamat ….hebat…..!
Om arena ding..hebat
wah ….sy biasa aja pak….awam lah
sikap sy gak pro ke kawasaki dan yamaha. aktualnya sy pro ke semua merk lainnya honda, suzuki, ktm…. sampai saat ini motor ter favorit masih honda jadul sy dulu, sperti yg ada di avatar
Mewakili…
Ini termasuk suudzon ga seh..
Ampe merembet harga motor dengan mesin sama..
Udah jelas entu pabrikan punya katalog harga yg valid..
Komenmu lbh cerdas om drpd artikelnya..
mana nih blogger yg ngaku2 dosen juga? yg ditanya nik/nip dosen tp gk punya…??
ekekekekee
asyiknya komentar di blog om gokil semua komentator baik pro maupun kontra dipastikan lolos (selagi tidak ada bhs kebun binatang dan amoral) jadi bisa saling berargumen bahkan mengkritik yg punya warung.
coba ente komen diwarung om momok, apa bisa begini…?
Ah syiapa bilang?
Komen ane sering dikarungin kok ngahahahaha.
Padahal ane gak pernah bawa-bawa ragunan apalagi amoral.
Tapi ane gak mempermasalahkan tuh. Dilolosin syukur, dikarungin emangnye ane pikirin.
Ane mah nggak BAPER.
Contoh komen BAPER : nggak bisa komen di satu blog, eh pidato bin curhat bin nyampahnya di blog laen ngahahahahaha.
Any kuesyen?
ane dah pasang jaring-jaring
barang siapa menulis komen, tanpa adab, kemungkinan besar nyangkut jaring
jadi tahu dong knapa komen ente masuk karung
yups si biker_akamsi memang tidak beradab..
wong uteknya ditaroh di p*antat
Komen ane dikarungin tuh. Padahal data ukuran tebal shock depan resmi dari pabrikan buat perbandingan.. di artikel piksen..
tampilin lagi bro disini aja
😀
Ok ditest.. di artikel sono yg tampil cuma
Koment dikarungin..
Nampilin data ini di artikel yg rider piksen disuruh hati2..
Kembali keniat daah
😀
Shock megapro diukur diujung yg melengkung kedalam.. shock piksen yg diukur dibagian yg putus..
Data pabrikan
Diameter luar, diameter dalam. Panjang
Honda Tiger 31-25-525 tebal 3mm
Honda Tiger New 31-25-525 tebal 3mm
Honda Mega Pro 2011 31-25-555 tebal 3mm
Yamaha Scorpio 33-28-566 tebal 2,5mm
Yamaha ScorpioZ 33-28-566 tebal 2,5mm
Yamaha Vixion 33-28-537 tebal 2,5mm
Yamaha Byson 41-36-570 tebal 2,5mm
Itu doank masuk karung
sama bro kayak yg ane dapet
disini malah sampai ke metik 😀
http://ezac4k3eep.blogspot.com/2013/09/ukuran-standart-sper-part-skok-depan.html
makany lucu aja kecelakan malah dibuat BC
😀
masalahnya Xabre itu udah dilaunching
lah GSXR 250 cuma masih sekedar rumor belom tau wujudnya kayak apa
tapi serahlah
“emang gue pikirin” (indro warkop)
😀
yang penting ada sumbernya … percaya atau gak silahkan gitu aja ! yang penting isinya gk mencemarkan nama personal khan gk apa!
klo merasa dirugikan silahkan tuntut lewat jalur hukum!
https://m.bukalapak.com/p/handphone/memory-card/onl3m-jual-original-otg-sandisk-32g
Verifikasi sih menurut ane nggak begitu perlu.
Yang perlu itu analisa.
Ada motor seharga 29jutaan.
Ujug-ujug ada sumber yg bilang harga usd-nya 15 juta.
Nah yang diperlukan itu analisa.
Kan bisa dilihat usdnya merk ohlins bukan? Oh ternyata bukan.
Merk WP bukan? Oh bukan juga.
Pake showa ttx mungkin? Oh tidaks ternyata.
Apakah mungkin ada motor harga sok depannya setengah harga motornya?
Setau ane dibelahan bumi manapun di motor apapun kagak ade tuh ngoahahahahahah (kecuali motor modifan supra fit dijejelin usd ohlins ya).
Nah setelah dianalisa kan bisa disimpulkan.
Oh sepertinya mustahil.
Mungkin typo.
Dll.
Tapi tergantung juga sih siapa yg menganalisa.
Anak TK atau Dosen ngganteng lengkap dengan NIK/NIP?
Jika hasil analisa si dosen ya masuk akal sih kalo die percaya harga sok usd xabre 15 jeti. Dosen ber NIK/NIP gitu loch ngahahahaha.
Any kuesyen?
sejak kapan ente tahu merek usd xabre ? barusan ? duluan mana dengan tulisan oto detik versi 1 ? Saat itu ente kemana ? ngumpet ?
bukannya harus ente senang, artikel itu sdh dihapus, itu tandanya motogokil mengaku salah, karena sumbernya salah
kalau masih ngomongin artikel itu, berarti ente masih dendam (kenapa?), belum bisa move-on, alias ngambekan kayak anak tk nggak dibeliin permen. masa komentator kawakan sekelas biker akamsi, yang mencoba “tampil” smart sepicik itu ? malu ah
apalagi bawa2 dosen, nik/nip, sudahlah jangan dihubungkan dengan itu, karena ente nggak tahu apa2 tentang itu. lagian inikan diskusi ringan, jangan terlalu serius, anggap saja hiburan
Di thailand kan udah nongol duluan pak..
Mahasiswa aja disuruh verifikasi data..
Media otomotif ga cuma detik oto..
Media lain menyebutkan 5 jt. Yg hadir dengar 5 jt..
Apa mesti ngeyel sama data pencilan
Darimana ane taunya?
Ya pakek ilmu ANALISA lah pak dosen ngahahahaha.
Emangnya dunia informasi di Internet cuma dari motogokil.com doang ngoahahahaha.
Kan udah ane jelasin panjang lebar dikomen ane. Udah cape2 ngetik jugak ngoahahaha.
Untungnya nih, ane udah maklum dengan pak dosen. So, ane udah biasa…ngahahahaha
Any kuesyen?
Begini aja deh pak dosen.
Ane sederhanakan ye komen ane.
Di artikel ini ente nanya begini : ‘menyebarkan info dari media lain apakah perlu verifikasi?’
Betul?
Ya ane jawab. Boleh dong ane jawab.
Jawabannya apa? Silahken baca komen ane diatas.
Masalah merk usd itu kan contoh perumpamaan ane dari ANALISA.
Seperti yg ane bilang (diulang lagi dah), kagak ade didunia ini motor yang harga sok depannya setengah dari Harga motornya.
Kecuali motor modifan Honda beat pop ice dijejelin sok ohlins ttx ngahahaha.
Lalu dendam? Dendam untuk apa pak dosen? Kan komen ane sesuai dengan artikel yg ente bikin.
Artikel yang ntu udeh dihapus aje ane kagak tau ngahahaha.
Ngemeng bawa-bawa ragunan ane gak pernah.
Ngemeng nggak pantes ane gak pernah.
Komen dikarungin ane nggak baper dan nggak dendam ngahahaha.
Any kuesyen?
coba ane pengen denger analisis untuk frame calon gsx-r250 dari ente bro yang sedang ramai dipublis blogger kondang tanah air (ane nggak ikut2 lho, takut disuruh verifikasi),
mungkinkah gambar patent itu frame gsx-r250 ?
Ane lanjutin komen ane soal artikel gsx250 ya (bentar nyruput kupi dulu ngahahaha).
Begini ya, soal artikel gsx250 itu kan isinya tentang rumor, tentang bocoran, tentang ‘leak document’.
Mosok iya musti di verifikasi ke suzuki gini : hey suzuki, Ini bener nggak next gsx250 ngahahaha.
Terus ngarep suzuki jawab gini : iya bro / bukan ah / mau tau aja atau mau tau bingits ngahahaha.
Lha wak haji aja secara tersirat ditulisannya kayak bersikap ‘to good to be true’.
Kenapa dia bersikap begitu? Karena dia MENGANALISA.
Nggak menelan mentah-mentah info yang masuk.
Ya namanya bocoran bisa betul bisa juga hoax.
Intinya tetap, terpenting itu menurut ane adalah ANALISA. Verifikasi? Ndak perlu ah.
Lagipula antara artikel usd 15 juta dan bocoran gsx250 itu nggak bisa disamakan.
Ndak apple to apple
Jaka sembung jualan baskom
Nggak nyambung Om, ngahahahaha.
Untungnya, ane udah maklum dengan cara berpikir dosen resmi ber NIK/NIP yang luar biasa ini.
Jadi ya biasa aja.
Karena emang udah biasa sih…ngahahahaha.
Any kuesyen?
he he he
hebat ente kalau nulis komentar, cepet banget
ya sudahlah karena kita sudah sama-sama mengerti santai saja,
karena kita selalu berseberangan silahkan ente kritik ane, ane akan biarkan kritikan ente dibaca komentator lain, supaya “kepintaran” terlihat, puas kan ?
ane sudah jelas identitasnya, sekarang ane pingin tahu sipa ente, ha ha ha
tunjukkan wajahmu …wahai biker akamsi (nggak berani juga nggak apa2)
Ah siapa bilang ane selalu bersebrangan sama ente pak dosen yang ngganteng?
Coba dicek di file ente. Terutama file D.I.Y.
Ane beberapa kali komen mendukung kok.
Contohnye nih, artikel rante bekas yang ente bikin jadi dudukan tools ditembok.
Itu ane ikutin lho pak dosen. Dan hasilnya maknyoss.
Wajah ane? Lha pan mau komen dimarih musti ninggalin identitas. So pasti pak dosen udah tau ane dong ngahahahaha.
Biar buat pak dosen aja lah data ane. Ngapain diumbar. Ane cuman komentator kayak yang laennya. Kagak lebih.
Any kuesyen?
nih orang ngetik panjang lebar ujung2 nya sampah yg keluar dari mulut sampah
Bisanya ngetik sampah aja belagu nulis, tuh dosen-nya lg di intrograsssi, peripikasi persus anal-isa, iya buat loe, iya kamu, dasar dodoll,,,
dosen punya nip kok gak mampu beli ktm rc8 ?
ya maklum bro dosen miskin, juga keturunan dari keluarga miskin
mampunya cuma beli itu kredit lagi, yang penting halal.
ha ha ha emangnya masalah buat lo?
Kalo cuma satu sumber yg bilang 15juta (detik)
Otomotifnet. Kompas dll kagak.
Yg laen yg hadir juga pada denger harga nya 5jt..
Kalo ngeyel pake data pencilan ..
Yaa sudahlah…kembali keniat masing2.. Wallahualam..
Team black campaign resmi (baca:swat) dari salah satu pabrikan itu memang sulit dibuktikan
Sama hal nya dengan penggiringan opini blogger2 (bahasa kasarnya blogger ternak) yg “agak” berpihak pada salah satu pabrikan juga sulit dibuktikan
Mau ngomong apa juga disuruh ngaku ya susah .. bilang nya pasti netral sesuai analisa profesional dan jurnalistik
Ibarat kentut
Fisiknya ga keliatan, tapi bau nya kemana2
hayooo … siapa yang kentut
piss om ..
kalo honda punya swat kalo yamaha punya tim cawet gitu ya jeng?
Wah, klo memang benar, ini saran saya sampai dibuatkan artikel oleh masbro, hehehehehe…. terima kasih sebelumnya…
Ehm, maksud saya untuk menyarankan verifikasi itu agar tulisan masbro tidak bias atau jadi kontroversial….
Bisa jadi wartawannya salah ketik atau salah dengar…
Kan ada media lain yang memberitakan yang bisa dijadikan pembanding sblm nulis artikel….
Kenapa saya menyarankan ini, karena masbro adalah dosen yang jadi bloger sehingga artikel yang dibuat setidaknya berkualitas berdasarkan fakta yang ada…
Saya selama ini lebih banyak jadi pembaca ketimbang ikut berkomentar. Dan blog ini menurut saya cukup informatif tapi sangat disayangkan beberapa kali masbro terjebak dalam kontroversi….
Note: saya bukan fansboy merek tertentu dan bukan sales apalagi orang pabrikan… jadi posisi saya adalah netral
bisa aja ente,
kalau cuma info dari media mah (nggak perlu verifikasi) karena hanya sekedar info, bukan data penting.
lagian yamaha bebas toh memberi harga usd-nya 15 juta.
kalau mereka jadi ngasih harga usd segitu, terus kita bisa apa ?
lalu jika mereka mengatakan, “oh salah ucap, bukan 15 juta, seharusnya 5 juta, tolong dikoreksi” terus kita juga bisa apa ?
btw knapa kalau kasus lain, ente nggak nyuruh verifikasi ? misalnya di artikel ini https://motogokil.com/2016/02/09/data-telemetri-saat-loric-baz-crash-pada-kecepatan-290-kpj/
kok ane sampai saat ini belum ada yang nyuruh verifikasi, apa iya kecepatannya 290 kpj ?, apa iya jatuh dengan gaya 29.9 G ?
kalau menurut ane, semua yang merasa “panik” dengan artikel itu (usd 15 jt) kemungkinan ada kepentingan, diakui atau tidak.
Coba tampilin lagi analisa di artikel yg dihapus apa di hidden pak dosen..
Bagian analisanya..
Yg berkesesuaian banget ama yg dibilang leopold..
https://motogokil.files.wordpress.com/2016/01/komparasi-harag-part-xabre.jpg?w=684
masih mbelain leopold ?
bukankah artikel sudah basi dan nggak valid ketika oto.detik merubah angaka 5 menjadi 15 ?
terus buat apa ? mending ente analisis ulang sendiri bro supaya puas
Soalnya kontradiksi ama komentar pak dosen ke pak udin.. 😀
Untuk part yg laen selain usd kan udah nongol di katalog harga ntu pabrikan..
Suudzon bukan tuh analisa namanya
. 😀
“kalau menurut ane, semua yang merasa “panik” dengan artikel itu (usd 15 jt) kemungkinan ada kepentingan, diakui atau tidak.”
Kalo bagi yang berkepentingan bukan panik pak dosen. Lebih tepatnya merasa didzolimi dengan artikel yang misleading.
Missleading informasi jelas bukan kebaikan . Tapi nyata perbuatan menebar kedzoliman
sepertinya ente sengaja mengarahkan bahwa artikel di motogokil misleading dan dzolim. padahal artikel itu tidak berdiri sendiri, akan tetapi punya referensi. mengenai apakah referensi harus diverifikasi itu urusan lain.
tapi sayangnya ente membahas ini terlambat baru sekarang setelah angka 15 juta di revisi menjadi 5 juta
sedangkan artikel usd 15 juta lahir pada hari yang sama, ketika oto.detik menuliskan pernyataan pak abidin mengenai harga usd tsb
jadi ente justru berbuat dzolim jika menyalahkan motogokil sekarang, karena motogikil hanya membahas turunan dari informasi yang berlaku saat itu (saat itu motogokil masih anggap benar, karena sampai 1 hari belum direvisi)
sedangkan sekarang artikel tersebut sudah dihapus sesuai dengan kenyataannya bahwa oto detik salah tulis, toh ente masih saja menyalahkan dengan istilah misleading. seharusnya yang ente serang bukan motogokil, tetapi oto.detik mengapa untuk urusan 5 dan 15 bisa salah, padahal menurut ente penting
jadi menurut ane, ente seperti pahlawan fby yang kesiangan, pembelaan yang terlambat. artikel sudah dihapus masih saja belum puas.
Waduh .. beda pendapat aja langsung kena label pahlawan Fby…
Sesuai tema artikel ini kan Pak Dosen.. perlu verifikasi biar ga misleading yang bukan kebaikan tapi kedzaliman. Walo dibuat guyon sekalipun
Ah sudahlah.. berbaik sangka banget pak dosen. Ampe kasi cap segala 😀
dikasih cap fby kan juga nggak apa2, malah harus bangga, karena fby selalu memproklamirkan diri sebagai fb smart
lha ente sinisnya cuma sama artikel yang nyentil yamaha, sama yang lain nggak tuh
ya sudah kalau ente ngotot perlu verifikasi, sementara ane berpendapat tidak perlu verifikasi, jadi memang nggak sama nggak apa2
tapi jangan nyuruh2 orang lain harus verifikasi, lebih baik ente yang rajin memverivikasi jika ada blogger yang bikin artikel
lha ane saja nggak perlu tuh verifikasi, siapa ente ? ente juga nggak memferifikasi siapa diri ente
jadi jika menuruti keinginan ente, ente sebagai komentator dan seluruh komentator lainnya adalah tidak valid (baik personnya maupun komentarnya), karena semuanya belum diverifikasi
betul begitu ? apa nggak repot jadinya ?
https://motogokil.com/2016/01/27/bumerang-usd-yamaha-xabre-seharga-rp-15-juta/
hahahaha, saya belum sempat baca artikel yg masbro sebutkan…
sebagai pembaca biasa saya hanya membaca artikel yg menarik bagi saya baik secara positif maupun bertendensi negatif.. dan belum tentu juga saya ikutan komen…
saran saya untuk semua artikel yg dipublish dan tidak spesifik untuk satu topik saja. dan kebetulan saja saya menuliskan saran di artikel heboh usd xabre…
yah, ini cuma saran saja untuk masbro dosen bloger, klo bermanfaat alhamdulillah, klo tidak ya gpp…
Dimaklumin tiap orang kan beda2 pak udin..
Ada tipe gelas kosong ama tipe gelas berisi kalo dapat masukan orang laen..
Masih berhubungan ama artikel yg di hapus apa di hidden..
Pak udin bisa liat artikel satunya.. masih berhubungan ama analisa artikel pertama
https://motogokil.com/2016/01/27/guyonan-harga-xabre-turun-konsumen-bisa-boyong-yamaha-xabre-dengan-hanya-15-juta-rupiah/
masbro pieskucing, ini hanya sekedar saran saja kok buat masbro motogokil, terserah beliau berkenan atau tidak…
dan maaf rasanya kita harus segera move on dari artikel kontroversial tsb…
sarannya sih bagus
tapi mungkin kurang bermanfaat buat ane, karena ane selalu berprasangka baik pada sumber berita yang ane anggap kompeten dan valid
sama juga saya berprasangka baik terhadap komentator ente, nggak perlukan ane tanya
“tujuannya apa nih bikin komentar kayak gini ?”
bagusnya sih ente selalu memverivikasi semua info otomotif yang ada ke sumbernya langsung, kemudian di-share ke semua blogger supaya tulisannya akurat.
Makanya pak dosen..
Kan udah di bilang tipe gelas berisi ama tipe gelas kosong kalo nerima pendapat orang laen..
Tinggal dimaklumin aja
Ada yg jumawa merasa maha benar, ada yg terbuka
sama pendapat orang lain
Open minded ama trapped minded
Warna warni dunia
waduh, saya tidak punya interest untuk memverifikasi semua info, disamping saya bukan bloger otomotif dan tentu saja itu bukan pekerjaan saya. saya hanya seorang biker yg senang baca dan cari informasi di dumay dan tidak ada hubungannya dengan keberpihakan dengan merek apapun…..
kenapa saya buat komentar di sini, karena kebetulan saja saya mampir ke blognya masbro dan bertemu artikel tsb dan rasanya ingin sedikit memberi saran ke masbro terutama masbro adalah seorang dosen dan mungkin saja juga peneliti yang menurut hemat saya sangat terbiasa dgn metode yg ketat dalam memverfikasi data….
mohon maaf jika saran saya kurang berkenan…
sy haqqul yaqin pk motogokil sebagai akademisi memiliki kapasitas ke ilmuan yg luas, seorang yg smart dan menjunjung tinggi kebenaran & fakta harus didahulukan dari sekedar rumor atau belum ada kejelasan.
loris baz telemetri results nya di released di motogp.com berarti official representative. bisa aja kita gak percaya, tapi setidaknya di beritakan oleh pihak yg berwenang.
sy sbenarnya gak mau balik ke fork xabre lgi, yg nanti konotasi nya diarahkan ke fanastisme lah, kepentingan lah.
misalkan fork usd xabre secara resmi official oleh yamaha memang benar hrganya disebutkan 15jt, nah itu baru jdi sebuah fakta, bukan lgi rumor.
pada saat masih sebuah rumor kemudian sy menulis dan membuat kesimpulan yg inferior terhadap produk itu, maka itu bukan atau belum sebuah fakta. sampai kemudian pihak representative memberitakan bahwa rumor itu ternyata betul misalnya atau sebaliknya.
memang tdk menjdi masalah kalau menjadi fakta, tapi bukan kah akan memicu pro-kontra klau hal itu tdk benar. kredibilitas sy ternilai oleh pembaca. terlihat ada bias, sikap pre judice sy terhadap merk lain.
sy dg sengaja telah membangun perseteruan, perdebatan yg sebenarnya gak perlu terjadi. hanya karena sy memiliki rasa su’u dzon terhadap pihak merk pabrikan lain.
oknum black campaign pasti ada karena kepentingan, tapi alangkah baiknya menjadi pendamai, bahwa hal tsb gak dibenarkan oleh agama.
pk motogokil sy percaya punya kemampuan itu. apa lgi dg pengetahuan ilmu tafsir maupun hadist pd level faqih. tepat utk menjdi sosok pendamai bila terjadi situasi perselisihan, yg sebenarnya gak worth it lah. mungkin nantinya bisa menyadarkan sikap fanatisme yg destruktif.
merubah fanatisme, sikap pre judice dg kemulian akhlaq.
tapi kembali kepada masing2, sikap apa dan bagaimana yg terasa nyaman dilakukan.
kalau saya mah memang gak punya kemampuan apa2.
wasalam
Masukan yg sangat bermanfaat .. makasi pak Arena pencerahannya..
Kembali lagi ke gelas kosong dan gelas berisi ama masukan orang lain
Ada yg merasa sempurna ada yg selalu memperbaiki diri..
wah, sbenarnya utk diri sy sendiri yg minimum ilmu. sy lihat bro pembaca lainya jauh lebih baik dri sy nih. begitupun jga terhadap pk motogokil yang pasti jauh diatas dlm ke ilmuan nya maupun ke arifan dan ahklaq.
tujuannya sih supaya tercipta situasi yg adem, kondusif saling respek. bukan saling menjatuhkan. misalkan ada black campaign ya sama2 di sadarkan. bukan makin memicu lgi supaya tambah seru dan kontroversial, gak begitu sehrusnya.
tapi juga harus hati-hati, bisa jadi ada yang merasa bisa mengisi padahal dia kosong, hanya saja ia tidak sadar kalau kosong dan berasa berisi dan bangga
maka itu sy yakin pk motogokil punya keluasan ilmu yg bisa mengisi gelas kosong tersebut seperti sy yg dhaif ini supaya tercerahkan.
Diperlukan kelapangan hati. Soalnya kebenaran bisa datang dari siapa saja. Tak soal apa statusnya..
Jangan sampai tertutup kabut kepongahan dan kecongkakan pada diri
Om arena emang tajir …jempol om..
salah alamat pak, sy orang biasa aja….sip
blogger trimomok n leoprott = corong yamaho
banyak klonengan om leo nih bau2 nya…
hehehehe….
dan diam2 blogger yg ngaku “idealis” pun terpancing buat ngintip2 artikel dan komentator di warung om dosen…
tau dari mana?? adaa ajah
ngaihihihihi
Jual motor kebanyakan tim BC sih akhirnya MS nya turun, semua merk pasti ada kelebihan n kekurangan masing-masing, tinggal pilih mana yang cocok
Ane waktu jadi mahasiswa dengan NIM resmi kalo dapet data mesti valid dulu… bisa dengan membandingkan dengan sumber lain. Kalo sumber cuman 1 yang dijadikan acuan dosen ane biasanya nolak. Itu ajaran dosen ane yang punya NIP juga. Cek validasi data dengan menemukan lebih dari 1 sumber data tersebut.. Oya. Apakah gw kalo komen perlu Nomor Induk Komentator (NIK) agar maknyus gitu
yup
minimal 5 sumber referensi
kalo gue dulu pas skripsi ga boleh sumber nya dari blog, wikipedia
itu juga harus diteliti lagi bener apa ga sumber tersebut
Jadi inget waktu nulis di suruh validasi data dulu.. daftar pustaka ga boleh cuma satu..
😀
Baik sangka ke media A , buruk sangka ke katalog harga resmi pabrikan B..
Take two tanggo mereun..
perlu juga divalidsi apakah benar ente pernah kuliah, trus punya dosen yang ada nip nya
wkwkwkwk hidup kok dibuat repot
berprangsaka baik terhadap nara sumber itu bagus,
tapi lebih bener lagi jika data yg disampaiken di teliti dulu kebenarannya
“Jika datang padamu suatu kabar berita, maka telitilah terlebih dahulu”
wah harus divalidasi dulu nih
“Jika datang padamu suatu kabar berita, maka telitilah terlebih dahulu”
tulisan ini dari mana datangnya, soalnya ente nggak ngasih sumbernya. Al Qur’an atau Hadits ? Kalau Al Qur’an ayat dan surat berapa ? Dan apakah memahaminya perlu tafsir ?
Kalau hadits riwayat siapa, shahih apa nggak, berlawanan apa tidak dengan dalil yang lebih shahih,
Wuihhh kalau memang harus demikian, sungguh berat menjadi blogger otomotif, seperti mau menulis desertasi saja
Pak dosen tinggal cek tafsir ibnu katsir yang surah Alhujurat
Ngasi misleading informasi jelas bentuk menebar kedzaliman.. bukan kebaikan.
Ada juga tuh
kebencian terhadap sesuatu jangan sampai menghalangi dari berlaku adil..
Berbaik sangka pada berita A harusnya juga berbaik sangka pada Berita B.. berbaik sangka juga pada data C .. misal data katalog resmi harga part..
terima kasih sudah diperingatkan dengan ayat Al Qur’an
kebetulan kita kan sedang membahas mengenai penting/tidak penting verifikasi, mengenai berita otomotif yang sebenernya tidak seberapa penting
nah begitu membawa dalil Ad Din, tentunya wajib disertai sumber yang valid sehingga mudah untuk menverifikasinya.
mengenai perbuatan adil, apakah ente juga sudah adil dengan blogger lainnya yang kebetulan juga tidak melakukan verifikasi data ?
jangan2 hanya kepada ane saja ente berbuat begitu ? adakah kebencian di hati ente ?
ane tunggu komen ente di blog lainnya
Kenapa tidak bisa berbaik sangka kepada saya pak dosen..??
Kan cuma kasi masukan
. Muslim terhadap muslim lain ibarat cermin
Sudah kewajiban Pak dosen, saling mengingatkan . Mau diterima apa tidak kembali kepribadi masing2.
kalo ada artikel yg saya kunjungi kalo info nya missleading. Ya saya komentari. Di detik aja saya komentari kasi link berita media lain
Ini kan bentuk kedzoliman pasti ada yang disakiti ketajaman mata pena.
Kalo ada kemungkaran didepan mata ya di ingatkan. Memang disuruh berlaku adil misal benci pada produk A, B atau C. Ini berlaku umum..
pak dosen bisa berbaik sangka ke media A, kenapa tidak kemedia lain kenapa tidak berbaik sangka terhadap data resmi part katalog misalnya.
Sabar ya om bdt
Nasehat yg bagus Saya tau neh, dari ayat quran. Apalagi tafsir ibnu katsir lebih terang benerang lagu. pernah denger ceramah soal ini.
Tabayyun biar ga ngasi misleading informasj..
Soal diterima atau tidak kembali ke pribadi masing2.
ya, sesama saudara muslim cuma mengingatkan saja,
masalah diterima ato tdk, terserah,
yg penting kewajiban membantu saudara muslim sdh terlaksana
terima kasih sdh diingatkan
semoga niat mengingatkannya iklas, tidak riya’ membela pabrikan tertentu
mungkin kalu bukan gara gara motor dari pabrikan yg berseteru,
ngak begini ceritanya
misal tvs , atao bajaj atao minerva, ngak rame begini
Wk.k.k.k.k
Jk tiap info diverifikasi???
Byk tuh brosur2 jk diverifikasi spec nya pada ngibul, klu ingin verifikasi sendiri hrs beli motor unitnya???
Ah ngaco tuhhhh
Klu ingin koment dimari harus verifikasi jg sanggahannya bner apa gk apa asal bacot???
Ah dunia ngaco nih, tanda keisis kpercayaan krn degradasi mental
coba deh lihat blog tmc seperti apa dalam menyajikan berita. gak perlu lah bikin artikel seperti ini karena hanya akan adu argumen antar pengunjung bahkan bisa juga dengan penulis nya.
bisa jadi juga artikel seperti ini hanya mencari ‘pembenaran’ terhadap artikel2 terdahulu
masing-masing blogger punya gaya yang berbeda, mohon bersabar dengan keberagaman mereka, dan jangan berusaha mendikte mereka
kalau suka maka bertamulah dengan sopan, diskusi bisa berlangsung dengan damai dan mencerahkan
tapi kalau nggak suka mending diam, atau mengunjungi blog lain yang bisa menyenangkan dan memuaskan hati.
ya saya menyadari tiap penulis pasti punya gaya berbeda2. oleh karena itu menurut saya, artikel seperti ini tidak perlu lah dimunculkan. woles aja om kalo memang ada info dari luar (misal media cetak) dan berniat dijadikan artikel. cuma kalo memang ada suatu artikel yang diambil dari suatu media dan ternyata keliru, nah artikel mengenai revisi perlu juga ditampilkan. jadi berimbang gitu lah istilah nya
lho memangnya belum tahu ya, kalau artikel usd 15jt sudah ane hapus ?
Kalau saran ane pak dosen,,,, coba buat artikel sesuai dgn keinginan mereka….. (taulah siapa yg ane maksud) klw bisa, jgn ada sedikitpun membahas kekurangan sesembahan mereka!!! Dan jg jangan terlalu banyak menggelontorkan artikel kompetitor mereka….. apa lg sampai menyanjung-nyanjung segala….. dan itu hanya saran saya saja pak dosen. Hanya untuk beberapa hr atau minggu saja. Kalau berkenan ya alhamdulillah… klw enggak ya monggo… no problemo…. dan kita lihat efeknya….. “baru kali ini saya komen yg sdh sekian lama saya menjadi silent readers di blog penuh ilmu tercinta ini”
Karena saya jg pengen banget ngelihat reaksi org2 seperti mereka pak dosen…. apa mereka benar2 seles kojel-kojel, org suci, munafiq, berpendidikan,botol,fanatikers,fanboy, atau apalah….!!!!!
lu ngatur2,mending bikin blog sendiri aj tong,
mulut kok kek tante2,cerewet amat, hahahaha
heran, banyak banget haternya pak dosen, hahahahah
sebenernya justru mereka motogokil lover, hanya saja penampilannya berbeda
santai aja bro
pak Motogokil, sy gak punya vested interest terhadap yamaha atau kawasaki. gak ada profit atau jdi corong jurkam…real kebersamaan as a biker. di blog cilik sy kan bnyk sy tulis motor balap honda yg masterpiece.
motor sebelumnya beberapa kali honda. skarang lgi pakai kawasaki. sedang pikir2 jga klau ada motor honda yg cocok mau tuker.
jdi no offense lah, andaikan ada kata2 yg berlebihan, sy yg dhaif ini mohon maaf. wassalam, peace be upon us.
santai aja bro
lewat blog dan komentar ente, ane berusaha memahami posisi ente dengan baik
ente seperti blogger-blogger netral lainnya berusaha menampilkan info-info yang bersifat unggul dan umum, sehingga kemungkinan besar semua fans boy fine-fine saja
sedangkan motogokil hampir sama seperti itu, hanya saja ada info yang bersifat kekurangan, baik honda, yamaha, suzuki, kawasaki, bajaj dan yang lainnya, yang kadang belum terekspos. dan perlu juga disadari bahwa kerasnya komen-komen yang ada disini, terkadang “belum tentu” begitu. seringkali komentator aslinya sudah faham, akan tetapi mereka mencoba mendramatisir keadaan sehingga terlihat seperti berlarut-larut. bagi motogokil kedatangan mereka adalah berkah, berarti masih ada yang peduli dengan motogokil.com. biarkan mereka merangkai kalimat-kalimat diskusi, semoga mereka semakin pintar, dan semakin eksis
riuhnya komen-komen yang ada disini dinikmati saja, barangkali dapat inspirasi untuk membuat artikel yang berguna bagi ente
Ok siyap kalau begitu, insya Allah majlis diskusi antum mampu membawa pencerahan ilmu yg bermanfaat, juga tentu membangun dan menyebarkan rasa kebersamaan didasari sikap saling menghargai,
punya nip cuma mampu beli cb150 , mungkin kemampuannya hanya dihargai segitu
yaah si sempak bolong blm tau lu cong?
pak dosen punya motor 5 n 2 mobil mpv etc
motor 5 murah semua pdhl punya nip
nip doang yg dibanggain
he he he
sepertinya bro ryu kurang bergaul ya
justru pegawai yang punya nip pengahsilannya terbatas, coba ente ketik “gaji pns” di google
jadi kalau ada pns kaya raya, itu bukan karena nip-nya, tapi ada sumber penghasilan yang lain
lagian, buat apa membanggakan kekayaan, kasihan dengan saudara2 kita yang masih miskin, hidup pas-pasan padahal sudah bekerja keras. Ada lagi yang lebih parah, hidup kekurangan, di jakarta saja banyak yang kayak gini, apalagi di pelosok desa.
apalagi membanggakan kekayaan orang lain, bukan kekayaan diri sendiri, sungguh aneh ?
ga perlu om. mungkin yang perlu tabbayun dulu aja kali ya…
Motogokil says
“dikasih cap fby kan juga nggak apa2, malah harus bangga, karena fby selalu memproklamirkan diri sebagai fb smart
lha ente sinisnya cuma sama artikel yang nyentil yamaha, sama yang lain nggak tuh”..
emang ada artikel ente yang nyudutin merk lain selain Yamaha broooooooooooooo? catet yee nyudutin
NIH CONTOHNYE..emang motor lain ngga ada contohnye…
https://motogokil.com/2016/02/10/jika-owner-nmax-tidak-berhati-hati-di-jalan-rusak-nih-akibatnya
emang nih berita sudah diverifikasi???
he he he
velg nmax speleng, ya pastilah sudah terverivikasi, lha wong nmax nya panya ane sendiri,
wkwkwkwkwk ente berati nggak kenal motogokil lihat nih
https://motogokil.com/2015/11/16/kalau-fans-boy-dinilai-dari-motornya-motogokil-termasuk-fby/
mengenai artikel minusnya merek lain nih ane kasih contohnya :
https://motogokil.com/2015/04/05/kelemahan-velg-cbr150r-cat-mudah-pecah-bagimana-mengatasinya/
dan jangan minta verifikasi untuk artikel ini, karena cbr nya juga punya ane sendiri, pasti validnya
ya sudah bro, selamat datang di motogokil.com, semoga bisa mencerahkan
Komentator kok pada nyerang personal ya, tapi gak heran sih. Iwb dan tmc aja banyak yg bilang blogger ternakan, padahal setau saya jarang (atau gak pernah?) bikin artikel tentang sisi minus produk tertentu. Hanya karena ada banner iklan pabrik A lalu beropini oh blogger ternakan A. Padahal sebagai contoh, iwb itu pasang banner iklan A tapi juga sering tampil di acara tv yg di sponsori merk B. Fansboy akut emang susah di buka pikirannya. Pokoknya kalo ada satu hal yg bersebrangan maka akan dimusuhi. Kebanyakan (gak semua) komentator seperti itu.
Kedua blogger di atas emang ga pernah nyerang produk, smua produk bagusss. Skalinya nyerang pabrikan yg dihantam, bawa2 Tim Suwat yg notabene smua pabrikan punya. Ciakakkakaa…
Kalau analisanya menggunakan data kualitatif (wawancara, seminar, berita, dsb) ada yang namanya triangulasi. Jadi dengan triangulasi data yang didapat tidak ditelan mentah-mentah, dianggap lemah, atau dianggap pasti benar, tetapi didalami kembali dengan melakukan pencarian data pendukung (maupun penolak) dari sumber lainnya.
Tujuannya bukan melemahkan, tapi memperkuat analisa.
Beda dengan data kuantitatif yang didapat dari hasil pengukuran langsung tidak perlu verifikasi terhadap datanya, melainkan alat ukurnya.
Dengan triangulasi data dari suatu komponen penelitian berusaha dilengkapi dari berbagai sumber (subjek dalam penelitian kualitatif) agar meminimalisir kedangkalan analisa.
Ini pelajaran dasar di metode penelitian sih. Ya perkara metode penelitian dipakai atau tidak dalam analisa sih terserah penulis.
Tetapi dengan metode penelitian maka analisa yang dihasilkan tentu memiliki nilai kebenaran yang bisa dipertanggungjawabkan, Masalah tanggung jawab sih, ya kembali lagi, kalau orang punya jabatan tanggung jawabnya ada pada sumpah jabatan saat pelantikan. Kalau tokoh masyarakat ya tanggung jawabnya terhadap masyarakat. Kalau seorang yang bertuhan ya tanggung jawabnya saat bertemu kembali dengan tuhan.
kalau alat ukur bukan diverifikasi mas bro, tapi di kalibrasi dengan kalibrator (alat dengan kepresisian yang lebih tinggi)
Nah betul. Saya lama ga berkutat dengan alat ukur soalnya. Sekarang lebih banyak menggunakan metode kualitatif karena memang kebutuhan penelitian.
Sik sik kang..aku tal verifikasi ke jepang dlu soal desain paten gsxr250…begitu dpt verifikasi..beritai wes basi.ktingglan jman..hahaha..ono2 wae wong2 iki
Memang sekarang kebanyakan asal comot, tanpa disebutkan sumbernya.
Harusnya tulis web/sumbernya.
Ga hanya “info blog sebelah, media massa”.
Blog mana? linknya apa?
Media mana?
Jadi inget saat komen di blog y…… (hehehe) eh saya dikatakan sales Yamaha. Usut punya usut, dia ngaku hanya MERANGKUM tanpa disertai sumbernya.
ane coba meluruskan “missed thing” yg menjadi perdebatan di 2 aritkel.
soal isu usd xabre 15 jt.
media yg pertama kali melansir berita xabre adalah media x dan dalam artikelnya menyertakan harga part usd dari petinggi YIMM.
umumnya bloger menyomot berita dari berbagai media, dan tentu saja bloger berlomba membuat artikel yg lagi hot. termasuk motogokil yg secara khusus menyoroti harga part usd tsb. tergantung pembaca berpikir jernih atawa emosi.
jika berfikir jernih artikel tsb adalah artikel mempertanyakan benar tidaknya harga usd tsb, toh pembaca blog roda 2 sudah tau njkb vixion dan r15 tentunya sudah bisa mengira ngira njkb xabre ga mungkin dibawah 10jt jika di kurangi harga usd tsb.
kemudia muncul atrikel (dari berbagai blog) tentang team SWAT beserta mengira ngira cara kerjanya. ada juga mengait ngaitkan isu usd 15jt dgn cara kerja SWAT yg salah satunya memisalkan membendung gaung produk kompetitor dgn cara memberikan informasi yg salah.
jd jgn salahkan orang yg memberitakan apa yg di beri (info), salahkan orang orang yg sengaja memamfaatkan situasi untuk memperburuk citra team atau pabrikan.
jika anda masih ngotot VERIFIKASI knp anda tidak ngotot minta verifikasi kevalidan artikel team swat “cara kerja dan tugasnya”, apakah dgn kata “misalnya” sudah terverified??? dan malah menjugde??