Kelemahan Velg CBR150R : Cat Mudah Pecah. Bagimana Mengatasinya ?

cbr-150r-ahm1

Assalamu’alaikum wR wB

salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Namanya buatan manusia, ada saja kekurangannya termasuk cbr150r ini. Velg cbr150r tipe repsol memang sangat eye catching, lebar dan berwarna oranye. Keren dan banyak rider yang mencontoh aplikasi warna oranye pada velg motornya. Tetapi ternyata keren-nya warna velg warna oranye cbr150r ini tidak bertahan lama. Setelah dipakai ngebut ke luar kota di jalan umum yang banyak mengandung kerikil-kerikil kecil, mulai tampak kelemahannya.

Mari kita lihat penampakan velg cbr150 ini setelah beberapa lama digunakan di jalanan umum.

0 cet velg pecah

Sepertinya pelapisan dan pengecetan velg cbr150 dilakukan dengan bahan yang sangat keras. Tahan gesek akan tetapi tidak tahan akan benturan benda keras seperti besi, kerikil dan lain-lain. Lalu bagaimana mengatasinya ?

Karena hanya cat velg yang rusak, ya cara mengatasinya di cat lagi. Idealnya dilakukan pendempulan kemudian dilajutkan dengan pengesetan dengan pemanas (oven). Tapi jika ingin mengambil praktisnya, kita cet sendir saja, dengan langkah-langkah berikut :

  1. Bersihkan bagian velg yang ingin dicat dari oli/minyak dan debu dengan cara dicuci sampai bersih
  2. Keringkan dengan cara dilap dan dijemur, jika ingin cepat gunakan hair drier
  3. Siapkan cat besi warna orange dan kuas kecil

0 cat orange n kuas

Ternyata mencari warna oranye yang cocok dengan warna repsol (velg) tidaklah mudah, sepertinya “malah” tidak mungkin. Oleh karena itu harus kita akali dengan membuat oplosan cat, oranye-kuning-merah dan putih, sampai warnanya mendekati warna velg.

0 cat bahan oplosan

Sebelum hasil oplosan digunakan, coba sapukan sedikit pada kertas dan bawa kertas tersebut dekatkan pada velg. Jika sudah sama (hampir sama) maka oplosan sudah siap untuk digunakan menutup cat velg cbr150r yang gumpil. Selamat mencoba, semoga sukses.

Semoga berguna, wassalamu’alaikum wR wB.

19 Komentar

  1. walah lawan kerikil yo bisa belang2 tuh velgnya,,,apalagi Bro Mgokil bawanya kenceng, smakin kencang smakin keras tuh benturan kerikilnya..klu prpaduan warna tdk sama persis warnanya jaminan belang2 n panuan tuh velgnya

  2. motor sekarang kualitasnya menurun kayaknya, kayaknya klo material mendingan pulsar ya terlepas las2annya yang kurang rapi

  3. Kalo oplos biasanya ga mau bagus/sama. Mending search kode warnanya di om gugel trus minta di tukang cat untuk bikinin sesuai kode warna. Paling ga kalo sering kena benturan gt makenya lumayan sering

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.