Review Mantan Rider NVL Saat Awal Mengendarai New CB150R

NVL vs New CB150r

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sebagai rider nvl selama hampir 3 tahun, tentunya motogokil lumayan hapal dengan karakter engine dan handling nvl. Kebetulan ada new cb150r di rumah, tapi masih belum ada plat nomornya, coba riding jarak dekat sekitar 10 km, sambil cari bensin. Dan ternyata karakter 2 motor ini beda banget bro, yuk kita bahas bersama apa saja perbedaannya.

Mesin (Engine)

Suara mesinya lebih halus dibandingkan nvl, mungkin ada yang mengatakan hal itu relatif. Tapi bagi motogokil yang sempat intensif mengamati dan mendengar suara mesin nvl, terasa sekali perbedaannya jika dibandingkan suara mesin ncb150r. Suara mesin nvl dan suara ncb150r sudah banyak dipablis di youtube, silahkan dicek sendiri. Silahkan lihat dan dengarkan suara mesin nvl dan ncb yang motogokil sempat rekam.

Suara speedgold nvl

Suara black ant ncb150r

Dan getaran yang dirasakan pada stang ncb150r juga sangat minim, kalau dibandingkan dengan nvl terasa labih smooth. Pada kecepatan tinggi getaran mesin hampir-hampir tidak terasa.

Handling

Handling antara nvl dan ncb hampir sama, hanya saja ketika bermanuver di tikungan ncb terasa lebih mudah. Mungkin hal ini diakibatkan oleh pemposisian CoG dan juga variabel sudut rake dan trail yang berbeda.

Perpindahan Gigi

Perpindahan gigi terasa lembut dan empuk, berbanding terbalik dengan nvl. Pada nvl naik turunnya gigi kadang susah, dan sering disertai dengan suara “cklak”

Performa

Untuk tarikan awal, nvl masih lebih unggul jika dibandingkan ncb. Tapi semakin naik putaran mesin menuju 8000 rpm ke atas, tenaga dan akselerasi ncb semakin beringas. Kebalikan dengan nvl awalnya beringas semakin tinggi putaran mesin semakin kalem.

Transfer tenaga pada ncb terasa lembut, bertenaga tapi lembut. Sedangkan nvl lebih galak, seperti mau loncat-loncat di rpm rendah. Hal ini disebabkan oleh torsi nvl yang memang lebih besar di rpm rendah, dan bobot ncb yang lebih berat dan roda yang lebih besar turut membebani lonjakan torsi pada ncb150r.

Yang lainnya mungkin bisa motogokil tambahkan, yaitu sekilas pengamatan, mengenai style dan fitur-fitur yang ada.

Style

Karena ncb150r memang diciptakan untuk melawan nvl/nva, maka disain dan style tidak kalah dengan nva, bahkan (menurut motogokil) lebih gagah dan lebih sangar. Akan tetapi ketika pengamatan dilakukan lebih detil, maka akan terlihat bahwa nvl masih lebih unggul. Meskipun terlihat sama kokohnya, plastik nvl lebih tebal dibandingkan ncb. Penampakan hasil las-lasan pada ncb terlihat lebih jelek dan banyak terlihat noda coklat di daerah yang di-las. Apalagi pada rangka ncb banyak terdapat sambungan pipa baja yang di-las, semakin tampaklah kekurangan di sisi tersebut.

Fitur

Fitur yang sering motogokil gunakan pada sebuah motor, hampir semuanya ada baik di ncb maupun nvl. Pada nvl terdapat keunggulan dengan adanya pas beam dan engine cut. Akan tetapi tidak terlalu berguna bagi motogokil, karena saat ingin mendahului motogokil biasa menggunakan high beam, sedangkan engine cut (pada nvl) hampir tidak pernah digunakan. Pada bagian ini bagi motogokil keduanya imbang.

Jadi bagi yang mementingkan style dan kualitas finishing, motogokil sarankan pilih nva (penerus nvl). Tapi bagi yang menginginkan kualitas riding sebuah motor sport 150cc, silahkan pilih new cb150r. Review dari motogokil ini sifatnya subjektif, silahkan saja jika tidak percaya, monggo dicoba sendiri. Pastinya uang sebesar 25 juta untuk membeli motor sport 150 cc, cukup besar bagi kebanyakan kita, rider Indonesia. Oleh karena itu jangan sampai menyesal, ketika merasakan motor yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan keinginan.

Semoga review singkat new cb150r, dari motogokil (ex nvl rider) ini bermanfaat. Catatan : tinggi badan admin 165 cm dan berat badan 75 kg. Bagi yang memiliki postur tubuh yang berbeda dengan admin, kemungkinan besar akan merasakan sensai yang berbeda pula.

Wassalamu’alaikum wR wB.

 

55 Komentar

  1. Ane heran, wajarlah CB mesin nya halus wong mesin baru. NVL pak dosen kan udah 3 tahun. Ga bisa dibandingin juga pak.

    Justru yg ane pertanyakan, kenapa CB ane dlu getar bgt body nya, dan juga salah satu korban dari klotok2 , udah gtu inden sparepart lama bgt, padahal cuma indent footpeg doang. Hadehhh sorry ane emosi. Walhasil sampai New CB pun ane jijik liatnya.

    Karena ga tahan dengan kasus CB dulu yg ngejelimet, mana istri ngomel mulu karena ga nyaman klo duduk dibelakang CB. Ane jual dah tu CB, untung aja laku tp cuma 16 jeti. akhirnya ane beli NMAX 4 bulan stelah rilis. Overall ane puas dengan Nmax, ga ada keluhan. Jangan sampai lagi deh. Paling kesel ane klo ada urusan sm dealer.

  2. Saya rasa beli keduanya ga akan menyesal. Yang menyesal kalau beli motor yang sulit buat service & spare part. Ini motor komuter, bukan motor koleksi, apalagi motor weekend.

  3. stang new cb kan ada peer peredam redamannya (shock stang wkkww) , coba di dorong ke depan nanti pasti gerak gerak, makanya stangnya kerasa nyaman gak getar halus dan di jalan rusak empukk banget

  4. wah kog punya ane beda ya kang.. untuk transmisi terasa keras …. km masih 200an, kalo ntar pake oli pfd jgn lupa reviewnya ya.. suwun kang

  5. Ane dulu kecewa bgt liat ncb modelnya kok ga sebagus nvl.. Kurang enak lah klo dliat..
    Tp lama lama ane liat ncb kok makin ok aja dr pd nvl..
    Mgkn sdh trbiasa kali ya trlalu lama trbawa arus model pd nvl..

  6. klo suara msin mmang nvl lbih ksar dr ncb
    tpi klo sma nva kyanya hmpir sma ky ncb sma2 euro 3 cz ane bndingin suara nva lbih hlus dr nvl
    vixion dan cb sma2 bgus mnrt sya tongkronganya dpet yg pnting 3s dr ymaha maupun honda trjamin, hrga juga beda
    lgian ncb di buat untuk nglawan vixion wajar spesifikasi di buat lbih dr vixion

  7. dari dulu saya sudah bilang …bentuk HONDA itu awalnya biasa aja, makin lama itu motor makin bagus dilihat…berbeda dgn YMH…sy jg gak tau kenapa

  8. klo om bandingin sm kakaknya si repsol kayaknya bakal bilang gini :
    1. mesin repsol lbh kasar
    2. getaran di stang repsol lbh kerasa
    3. shock breaker repsol lbh keras
    4. repsol lebih lemot di putaran bawah & tengah, bahkan putaran atas jg 11:12 aja
    5. manuver repsol lebih susah, lebih kaku
    6. repsol lbh boros
    7. jok repsol lbh keras
    8. dikarenakan kondom tangki repsol lbh jenong dan riding lbh nunduk maka “impact” lebih intensif di repsol, apalagi boncengan sm istri 😀
    9. repsol hampir gak punya kelebihan selain tampang jika dipakai dalam kota.
    10. bahkan saat di pakai luar kota, repsol kurang nyaman karena riding position, getaran stang dan shock breaker yg keras bertemu jalan yg notabene bergelombang saat memaksakan mengail top speed jika diadu dg NCB.
    ..
    hasilnya si repsol just pemain cadangan 😀
    …dan siap lempar di bursa transfer musim depan.. hahahaa

  9. saya setuju mas om gokil ttg finishing.. tp kmren ane nyobain ncb tmen ane kok klothok2nya keras bgt.. ane nvl rider.. kualitas plastik bagusan nvl.. fitur mnang ncb.. kalo tarikan belom jajal.. hehe

  10. Wess toh ngyel tenan fBy rider pigson. MesinNCB emang alus. Jauh daripada pigson.

    Wong teknologinya beda. Samplug linggis lek ngeyel ae.

  11. pegen tralis keliatan rapih. Tinggal alusin ja kutilnya pake gerinda. cat ulang. Beres. Klo gak mau repot beli kondom model deltabox. Tutup. Cat kinclong. uUdah ganteng.

    Repot amat.

    Ada juga kondom shock depan tuh biar keliatan lebih kekar. Ada yang pasang kmren liat dijalan. Shock jadi warna merah metalik. Anjir kerennnnn cccooooi…. Moge look.

    Mesin colek dikit pake porting polish. Filter ganti knalpot ganti Udah Kuereeeeennnn…

    Mnurut ane NCB mudah banget buat dimodif.

  12. satu lagi.. kmaren ane abis tabrakan pake nvl kec 60-70km/jam.. cuman baret2 dikit,plat nmor depan blakang penyot.. ama stang bengkok dikit(stang ganti byson)… trus ncb punya tmen ane jatuh dari standar samping.. footstep kiri sampe patah.. baret2 agak banyak..
    bukan bc tp itoe betoel adanja..

  13. ditunggu review komparasi lainnya nvl sama ncb nya om.
    lagi nimbang mau angkut vixion ato ncb.
    kurang lebih spek saya mirip om, cuma agak kurus dikit
    piss om v

    duit 25jt buat orang kyk saya duit ygbbanyak bet

    salam silent reader

  14. saya rider nva. emang klo gigi turun terasa kasar tp coba anda dengarkan mesin nva di putaran atas terasa ada yang nahan me
    sin .jadi ga mau ngebut.klo ada yang tau knp dan bisa oprak yg nahan mesin tuh bakal ngacir tuh nva. saya masih nyari penyebab nya. mohon yg sudah tau di share biar nva jd sempurna

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.