Honda CBR150R Facelift (K45G) Tetap Overbore. Tambah Ganas, Camshaft dan ECU Di-Upgrade.

k45g 2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Akan dirilisnya cbr150r versi facelift sudah di banyak blog kondang. Sebahagian besar dari mereka, termasuk beberapa blog kondang menyatakan bahwa engine yang digunakan bakalan seragam dengan engien all new cb150r atau sonic150r, yaitu k56. Akan tetapi kode tpt yang disampaikan oleh mas taufik kok kodenya mirip dengan all new cbr150r (k45) yaitu k45g. Dah dari sini timbul tanda tanya besar, apa iya karakter dari cbr akan disamakan dengan cb, dengan menggunakan basis engina yang sama k56, atau tetap seperti yang lama ?

Baru saja, mtogokil medapat sedikit bocoran dari tabloid motor, bahwa sesungguhnya honda (ahm) ingin membedakan karakter engine dari cbr150 dan cb150r-sonic150r. Kalau cb150r (k56/a) kuat pada akselerasinya, sedangkan cbr150r tetap fokus pada kekuatan topspeednya. Hal ini dinyatakan pada beberapa kalimat berikut :

“Rangka tetap trelis, begitupun mesin masih generasi CBR, bukan mencaplok mesin generasi cb/sonic. Tampaknya honda ingin membuat perbedaan karakter mesin antara cbr series dan cb series.

Jadi si cbr150 refresh ini bakal tetap mengandalkan power di rpm tengah ke tinggi.

Mesin lebih kepenyempurnaan part, salah satunya di kem dan maping ECU ” [Sumber : tabloid otoplus 29/xiii).

Kalau menurut motogokil, langkah ini sungguh tepat, karena jiwa motor sport full fairing terletak di konstruksi engine-nya yang overbore, bukan near-square apalagi overstroke.

Dan ini juga (mungkin) sebagai upaya persiapan menghadapi kedatangan sport suzuki dengan konstruksi engine yang juga overbore (berbasis engine satria fu 150 fi) bertenaga di atas 20 hp. Kalau menggunakan konstruksi engine k45, tentunya tidak terlalu sulit untuk mengimbanginya, karena sama-sama overbore (sesuai bocoran di atas, akan dilakukan upgrade pada camshaft dan mapping ECU).

Menganai bentuknya akan jauh berubah, karena akan disegarkan mengikuti bodywork cbr500r versi 2016. Jadi diharapkan dengan tampilan yang lebih fresh tetap akan mampu menjaga bahkan meningkatkan market share yang telah diraih pada tahun 2015 lalu. Dan dengan performa yang baru (semoga saja naik, masa kalah sama satria fu yang 18.5 ps ???) akan siap bersaing dengan pendatang baru sport 150 cc dari suzuki ataupun sport 150 cc yamaha versi dohc (katanya masih riset).

Semoga saja bocoran ini akurat, semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wR wB.

45 Komentar

  1. Kayaknya gak mungkin deh… Bakal mahal kayaknya di ongkos produksinya, karena gak common parts ama CB dan Sonic… Apa yakin honda mau ribet soal part-nya??

  2. hmm,, bentar om ane kok jd bingung.. mohon diperjelas 😀

    “…beberapa blog kondang menyatakan bahwa engine yang digunakan bakalan seragam dengan engien all new cb150r atau sonic150r…”
    ~vs~
    “…mesin masih generasi CBR, bukan mencaplok mesin generasi cb/sonic.”
    ..
    (ane bingung bayanginnya… :D)

  3. hmm bener jg,, spertinya bakal jd perang flat tappet vs rra 😀
    ..
    ane pribadi klo buat motor ekonomis gini mash lbh milih flat tappet, cz ya tau ndiri lah bahan material yg acak adul, toleransi kualitas produksi berlaku. Menurut pemahaman ane flat tappet bisa lbh presisi dr rra (ini klo dihubungkan dg bahan dan acak adul nya manufacture dlm negeri) cz saat reyen flat tappet bisa nyesuaikan surface nya dg lobe menurut style kita jambakin motor, sedang rra klo dr sono nya udh gak perfect rounded (baik yg besentuhan dg lobe ato bagian yg bersentuhan dg bore lifter nya sendiri) ato mungkin berat nya yg gak standar aja,, ya bakal cacat seumur umur, heheeeee… 😀
    ..
    itu td just opini sih, setidaknya klo udh pegang motor premium baru ane lirik rra 😀

  4. sah2 aja punya pendapat spt itu….
    silahkan dicoba / dirancang pake bore 57,3-58 mm pake flat tappet.
    ente tinggal pilih double gear ketengnya mentok atau sudut valve >25 derajat (kompresi rendah).
    DOHC rra buat NCB/sonic stroke 57,8mm, kompresi 11,3:1 udah paling ideal.

    flat tappet idealnya digunakan pada bore 60-an mm, sudut valve bisa lbh tegak lurus (kompresi tinggi)

    masalahnya mesin 150cc paling pake stroke 47-49mm supaya ideal menggunakan sistem flat tappet. cuma stroke segitu torsinya kurang nampol.

    minimal mesin 200cc lah, pake mesin stroke 50.9mm – 57.8mm, DOHC + Flat tappet baru joss…. xixixixixixixi

  5. 90% gak yakin CBR facelift pake engine CBR lawas (overbore),,,untung sedikit,,,nambah cost produksi lah pasti

    klo overbore,,,trus dikasih power berapa 17 ps ??

    bahh,,,bakal diketawainn FU injeksi

  6. klopun berandai2 neh, mesin K56 sudah & akan dipakai newcb, sonic&supra so dgn rilisnya naked Y diatas NVA ad kmungkinan K45 buat cbr & cbf so overbore must be realistis utk 2 produk

  7. klo ndak salah cbr 150 versi thailand yang paling baru sudah diupgrade. power jadi 18ps. rugi biaya konstruksi mesin (karna mesin yang dipakai beda sendiri) IMO ndak besar. motorne kan diposisikan jadi motor 150 cc fairing premium. hargane mungkin lebih mahal, tapi sudah dijustifikasi dengan performa yg lebih dibanding kompetitor.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan