Assalamu’alaikum wR wB
Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan
Salah satu penyumbang terbesar pada kemenangan mx king di sentul besar adalah power yang cukup besar dibandingkan rival-rivalnya. Dan penyumbang terbesar dalam membangkitkan power yang besar adalah putaran engine yang tinggi. Tingginya putaran mesin menuntut spesifikasi sparepart yang tinggi pula, sesuai dengan power yang diharapkan.
Pada kondisi standar, mx king yang memiliki konstruksi engine mirip (sama) dengan vixion, memiliki potensi pengembangan yang dibatasi oleh putaran mesin (rpm). Seperti yang tertera di brosur dan terpampang di speedometer.
Kemudian kalau dikumpulkan dalam tabel menjadi seperti ini:
Pabrikan membatasi putaran engine pasti ada maksud dan tujuannya, diantaranya adalah keselamatan (safety) sang rider dan durabilitas engine. Bahkan di Buku Petunjuk Pemilik, ketika menceritakan tachometer terdapat peringatan :
- Jangan menjalankan mesin pada daerah merah/red zone
- Red zone : 10.000 rpm
Dan jika diperhatikan nilai piston speed-nya pada red zone sudah mencapai 19.57 m/s. Dimana menurut pabrikan nilai itu merupakan batas piston speed yang dianggap aman dan menjamin durabilitas/keawetan mesin motor. Tentunya yang dimaksud adalah motor standar pabrik (stock) yang didistribusikan ke konsumen.
Itulah batasan yang ditentukan oleh pabrik, untuk kepentingan konsumen dan juga untuk keawetan mesin motor. Lalu bagaimana dengan motor yang digunakan untuk balapan ? Berikut ini komentar seorang tuner mx king (Hawadis) :
“Masih banyak yang belum diupgrade. Power masih saya batasi di 13.800 RPM. Masih ada sekitar 30-40 persen yang akan kita riset dan kembangkan. Seperti rasio by Faito yang kurang berat di gigi 2 dan lain-lain” [Sumber]
Artinya limiter (red zone) diletakkan di 13800 rpm. Kemudian ada info yang lain yaitu; torsi maksimum diletakkan di 7000-8500 rpm dan power maksimum diletakkan pada 11700 rpm. Nah sekarang kita lihat berapa nilai piston speed nya.
Dengan pwr yang cukup besar ane rasa mx king spec irrc ini akan sering menyentuh redline. Apalagi jika berlaga di sentul besar, yang memiliki banyak trek lurus. Yang jelas hampir semua range kerja piston speed mxking spec irrc ini di atas 21 m/s. Padahal menurut pabrikan sendiri pada 10000 rom sudah masuk red zone (daerah bahaya yang membuat mesin rawan rusak).
Sekarang bandingkan dengan engine pada super car dan formula 1. Terlihat bahwa piston speed mx king spec irrc dekat dengan piston speed rata mobil formula 1 dan nascar.
Pertanyaannya kok mesin nya awet, tidak ada yang jebol ? Padahal tahun lalu baru bermain di sekitar 12000 rpm sudah beberapa kali mengalami mesin jebol pada engine vixion. Apa resepnya ? Resepnya tidak lain dan tidak bukan adalah menggunakan material, balancing dan sistem pendingin yang mendekati engine formula 1 atau nascar.
Sebelumnya, perlu diketahui beberapa penyebab engine jebol adalah :
- Connecting Rod (stang piston) molor, karena terkena gaya kelembaman piston saat deselerasi di TMA dan TMB. Kemudian terhantam klep saat overlap di kecepatan tinggi
- Per klep (valve spring) yang lemah sehingga menjadikan klep mengambang (floating) dan terhantam piston
- Ring piston+piston mengembang melebihi batas, karena panas yang ditimbulkan oleh gaya gesek antara ring+piston dan dinding silinder. Terkadang piston sampai meleleh dan ceket ke dinding silinder sehingga stang piston patah dan menghantam crankcase sampai jebol.
- Dan lain-lain (monggo suhu-suhu yang lebih faham menambahkan)
Nah dari 3 penyebab ini, no.3 lah yang paling terkait dengan piston-speed. Meskipun no.1 da 2 juga memiliki peluang yang cukup besar untuk menimbulkan kerusakan mesin. Dipilih no.3 karena menurut para insinyur dan praktisi, penyumbang kerugian gesek yang paling besar adalah gesekan antara ring+piston dan silinder. Berarti bagian inilah yang paling panas, akibat gesekan dan panas yang dihasilkan oleh pembakaran.
Oleh karena itu jika gesekan pada piston bisa diminimalkan, maka akan mampu memberikan peningkatan power yang siginifikan, sekaligus meningkatkan durabilitas engine. Dan bagian-bagian inilah yang harus diupgrade yaitu :
- Dinding silinder dibeli pelapis yang tahan gesek dan menjadikannya lebih licin (koefisien geseknya turun), seperti pelapisan dengan nikasil (nikel dan silikon karbid) atau dengan mengoptimalkan diasil silinder.
- Piston di-treatment agar tahan panas, tahan kompresi, biasanya menggunakan alumunium alloy + silikon dengan konsentrasi tertentu. Dan pada bagian yang bersentuhan dengan dinding silinder (skirt) dijadikan lebih licin dengan melapisinya dengan graphit setebal 20 mikron. Serta pada bagian mahkota dilapisi lapisan yang mampu menahan panas, sehingga tidak mudah terserap oleh permukaan piston
- Ring piston dibuat dari bahan yang sangat kuat dalam menahan panas dan kompresi dan licin ketika bergesekan dengan dinding silinder. Biasanya menggunakan ring yang sangat tipis untuk mereduksi gesekan. Bahannya dibuat dengan besi cor/baja dengan dilapis molybdenum plasma pada bagian geseknya. Bahan lainnya yang lebih baik performanya adalah bahan eksotis seperti tungsten atau titanium nitrid
- Meringankan bobot piston untuk mengurangi tekanan piston ke dinding silinder. Biasanya material yang digunakan bukan lagi alumunium alloy akan tetapi beryllium alloy.
- Off set silinder.
Teknologi di atas bisa saja diterapkan pada motor balap apapun termasuk mx king, dalam rangka memperbaiki performance di area dalam silinder. Sedangkan bagian lainnya tentunya juga tidak ketinggalan untuk di-upgrade mengikuti tingginya putaran engine dan power serta panas yang dihasilkannya. Bagian-bagian tersebut seperti :
- Conrod, Small dan big end
- Klep, per klep, seating klep dan bosh klep
- Volume radiator dan pompa radiator
- Saluran intake (tb+porting+volocity stack+runner) dan enxhaust (header muffler)
- Camshaft dan cam follower
- Dan lain-lain
Bagi praktisi/mekanik yang sering ngoprek mesin untuk kebutuhan balap tentunya lebih faham. Berapa banyak material standar yang harus diganti, berapa banyak uang yang harus dikeluarkan tentunya mengikuti berapa power yang dihasilkan. Untuk gambaran kasar motor yamaha jupiter z 110 cc milik D0ni Tata harganya sekitar 250 juta dengan power sekitar 24 dk. Nah sekarang bisa dibayangkan berapa nilai mxking 150 cc dengan power 29.7 dk ?
Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, kepada suhu-suhu yang lebih kompeten mohon koreksi dan masukannya. Semoga bermanfaat, wassalmu’alaikum wR wB.
jumatan dulu
Coca cola nya diminum dulu
Pak dosen gokil , anda mmang hebat bisa hitung PS dr rpm mxking hmpir mnyamai nascar . Perlu dperhatikan dg PS dan rpm setinggi itu mngakibatkan msin panas , apalagi dipacu di sentul besar
Faktor pendingin mesin mungkin udh beda dr standar kali ya pak dosen , modifikasi tim balap nya tentunya , Hawadis .
Bila perlu diulas sisi pendinginan mesin / radiator nya pak dosen , apakah diperbesar ? Apakah cairan pendingin jg versi balap ? Atau diisi coca cola dingin udh cukup ? Itu radiator diperbesar jg bahan nya material coca cola mungkin pak dosen thn panas
Lumayan lho pak dosen coca cola dingin , mungkin mekanik Hawadis jg minum coca cola dingin biar gak overhead radiator
Cuma bisa senyum,tapi gak sampek nyengir
lempar lpg 100 kg..!!!
awas kobong lg om gokil…!!!
Kalau kebakaran , siram dg coca cola
Ngoahahahahaha
Riset butuh dana,
Asal dana kuat cc kecil pun gak kalah sama cc gede
VW, Ford, Mini, mobil dengan CC kecil namun powerx besar…
Jadi ingat teknologi mesin diesel jaman skrg pak dosen, dulu mesin diesel pasti CC nya besar (2.500 cc keatas) namun skrg sudah ada yang 1.000 – 1.800 dengan torsi dan power yang luar biasa..
Nah kalo di motor jd ingat ama mesin generasi C yang di develop ama daytona n Takegawa dengan teknologi yang mirip mesin ducati ( desmo) … mesin lawas tapi power jahat…
Yang gak percaya ama mesin generasi C (supra, cub dll) coba search mesin c series yang di develop ama daytona n Takegawa
Wes koyo moge yo Pak Guru…
Hitting the Apex, penggemar MotoGP musti nonton: http://wp.me/p1eQhG-1pe
perang jilid 3
cekidot
baca mantra anti fbh ungu
muahahahaha
tanya ke benny,berapa m yg di keluarkan ahem utk riset,balapnya…walau masih gagal…..lha ini tim hendry yg privateer,gk mungkin habis m m an…..yo mules,sariawan…
ente ungu ya. Akakaka. FBY ungu2.
Gak sampek angus kalo artikel kek gini.bakar bakarannya nunggu setelah race
Apa itu memang standar dari pabrikan pak motogokil? Saya masih awam sama regulasinya IRRC ini… apa saja yang boleh dan ga boleh diganti. Kalo segitu harganya, riset motor baru khusus balap berapa mahal ya … ckckck… :O
keliatan Yamoho panic. Sampe segitunya bahan buat meking. Bagi FBY yang pengen motornya kenceng kayak kejurnas silahkan keluarin duit 1/4 M. Akakaka. Klo honda mah belum perlu. Dasare motor kenceng kok. Honda gitu loh.
Dan disinyalir dana 3/4 dana disupply sama YIMM buat ngalahin honda. Kan yamaho terkenal taktik buzuuk nya.
Ekekeke.
jika riset pak sena ponda yg seharga 100 juta sajha g turun gelanggang, nah itu jadinya brp duit buat sonic yg turun arena kemaren? dan tentu saja tim art yg langganan pake honda juga dsumbang sm ahm…
kalo cuma keluar duit 200jt buat oprej motor pasti pabrikan sekelas honda masih sanggup. tp kalo kejurnas kemaren kan pembalap yamaha ga didukung pabrikan. jd ga mungkin kayanya tim mengeluarkan duit 200jt permotor apalagi hadiahnya juga ga nyampe 200jt buat juara 1.
Yimm Kena sindrom panic. Akakaka. Kasian kasian….
Gmnpun juga yamehe tetep dibawah kaki honda. Teknologi pun jauh dibawah honda.
Yang ada jiplak teknologi. Contohnya
SSG
Sistem 4 tak
Injeksi.
Dan masih banyak lagi…..
Ekeeke
ngapain yimm panic, kan cuma balapan bebek yg pasarnya kurang laku. yg panic justru honda yg baru masuk pasar bebek jago. Kalo sonic kalah dikejurnas gimana mau laku dijual.
Biar aja om,semakin bersaing semakin bagus.pengguna yg diuntungkan
ga mungkin ga didukung YIMM, ingat ga pernyataan posting sebelumnya klo piston, silinder dsb dibawa ke plant YIMM buat ditreatment ulang. logikanya klo cuma privateer ga mungkinlah YIMM mau segitunya ngasih ijin.
om om
tau berita R25 yang di boreup jadi 321cc n tuning abis2an g?
coba cek artikelnya di blog om leo deh
doi juga ngirim daleman mesin au apaan ke YIMM buat di dyasill + forged ulang
itu g buat kompetisi cuma hobi
gw rasa asal ada duit YIMM mau2 aja g harus karena support
besok2 bs dong dibahas upgrade yg udah dikerjain sama sonic, mengingat dengan artikel semacam ini kok para fbh pada gak terima kl mx king bs mengkojel-kojel sonic…
dari blog sampean ini, kita juga bs tau bahwa:
rpm sonic juga sampai di 13.800 rpm (dengan stroke yang mirip2 sm punya mx), power max juga di kisaran 11.000 rpm, hal ini tentu juga menuntut perubahan part2 yg kualitasnya juga setingkat dengan mx yg mnjadi juara…
kitiran setinggi itu juga sudah mendapatkan pelayanan yg sangat baik dari sistem injeksi double injektor yg diriset mulai dari cb 150 gen lama…
baik sonic maupun mx juga aplikasi piston custom, jika mx memilih piston uma kl g salah, maka sonic pakai piston kawahara, malah piston kawahara sonic ada oversize dikit shingga kubikasinya naek (jd smacam bore up)…
akibat apilkasi piston custom, maka baik mx maupun sonic kompresinya jadi naik…
keduanya juga telah memakai ecu racing… dll dsb…
part apapun yg dipakai mx, tentu bs juga dipakai si sonic, smisal per kelep, kelep, ring piston, dll dsb dengan spek yg sama2 untuk orientasi racing, jika, ingat, jika saja loh ya, trnyata sonic blm mampu aplikasi part yg orientasi racing (yg mnurut saya tidak mungkin), dan diamini oleh para fans boy-nya dimari, maka mnurut saya itu sama sajha dengan membuka ketololannya sendiri…
satu lagu pak gokil, di race bukit peusar dan sentul besar kmren kan banyak pasukan honda yg mleduk DNF, nah ketika suatu saat pasukan honda menang dan kasus mleduk g ada lagi, kira2 smpean juga akan nyinyir kl sonic ganti part2 wah macam yg anda bilang di kasus mx king ini apa anda cm akan bilang kl sonic sudah ketemu settingannya saja?
Dengan RPM yang sama, stroke yang berbeda, maka piston speed juga berbeda. Sama-sama 13.800 bukan berarti muntahan power akan sama, karena di RPM itu yang satu sudah jauh melebihi piston speed ‘biasa’, yang satu piston speed ‘biasa’.
Ga kebayang pak dosen harus njelasin berkali-kali… Biasanya pak dosen bilang : ‘coba baca artikel-artikel saya sebelumnya.’ 😀
sy bilang kan mirip, stroke nya beda 1 milimeter… cb diliat lagi, kalo situ blg gitu, brarti yamaha hebat dong, dngn stroke yg lbh panjang, dia berani maen d rpm yg sama dengan sonic…
toleransi ukuran u/ part mesin itu micron,
2 angka dibelakang koma.
jadi secara ukuran 1mm itu lumayan besar om
sip, ok, setuju…
makanya sy blng, kl dengan stroke yg lbh pnjang, trs berani maen di rpm yg kurang lbh sama, berarti hebat…
saya tambahin ya, di kasus cbr 250 single cyl, sama r 25 n kawi 250, mnurut rumus hitungan pak dosen, selama cbr 250 mampu berkitir di rpm yg sama dengan r25 atau ninja 250, maka power hitungan rumus, hasilnya adalah sama atau imbang, g peduli itu single atau double cyl, maupun brp bore-stroke nya… selama parameter lingkungan sama, maka hasil hitungan powernya juga sama…
Eng, jumlah silinder itu berkaitan dengan efisiensi volumetrik bukan ya? Kayaknya pernah baca artikel kaya gitu otw buka artikel lama…
bagi pernah mengajar banyak orang pasti tahu
ada yang langsung ngerti, ada yang harus diulang2 baru ngerti
anggap saja ibadah, berbagi ilmu, semoga bermanfaat
bro ente harus lebih banyak cari info
berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun mesin juara, apalagi harus melawan mesin yang sudah diriset lama
sonic150r dengan engine yang baru, seperti bayi. sedangkan mxking dengan mesin yang sama dengan r15, nvl dan vixion risetnya sudah bertahun2 dan part racingnya sudah sangat banyak.
untuk sonic150r yang meleduk, mohon di sampaikan kan ke kolom ini, gambar mesin sonic150r yang meleduk, insya Allah menarik untuk dibahas
santai saja, kalau memang ada akan kita obrolkan,
kalau tidak ada gambar kerusakannya, trus yang punya juga nutup2i mana bisa bikin artikelnya ?
mf pak dosen, bagi fbh, alasan waktu pngembangan tu g bs dtrima, tuh kasusnya r25…
silahkan saja, nggak terima juga nggak masalah
ya ga gitu lah bandinginnya
yang lebih fair bandinginnnya. klo sonic dan mx pake material yang sama di part part tersebut, kemudian baru dihitung brapa hp masing masing dapatnya. klo cuma membandingkan bahwa masing masing pake part racing tapi dengan kualitas material yang berbeda ya ga apple to apple. intinya balap tergantung dana, riset dan rider. Jangan jangan yang ori mxking cuma selongsong luar mesin doang…hehehe.. PISS
Toyota kaga pernah juara mobilnya laku
Honda jarang juara motornya laku
Yang ngaku juara mulu motornya makin ngga laku
Salam 2.5 liter….
Komen ra jelasss… Nick innova nyomot mobilnya juragan. Oppppoooooo kuwi.
dah dari sononya,
kalu mesin honda produksi massal jarang sekali menang
lawan mesin ymh produksi massal,
itu dah kodrat,
honda ikutan balap, cuma buat rame-rame in,
kalah kagak ngaruh ke MS, menang juga kagak ngaruh ke MS
sy ka sdh bilang
yamaha berlindung
dibalik tim privater
agar kemenangan
mx king
berefek ganda
AHM kismin dong ya
keep ungu bray
muahahahahahaha
mgkin fans boy-nya berharap ahm jd kismin bro, trs ikutan jual suling, harusnya mah mreka nnjukin kl ahm itu kaya raya… tp kl kaya raya, kok mereka mnuduh kl yimm yg katanya mskin berada dibalik tim2 privateer yg ikut kjurnas???
namanya juga fbh bray
tiap hari minumnya aja AHM OIL
nih liat
https://aripitstop.files.wordpress.com/2014/12/mekanik-11.jpg?w=460&h=345
muahahahahaha
Haha,lucu
panakol,
kayanya ahm buat gaji karyawan dgn gaji lebih tinggi dari
ymh dan kawak serta suzuki
plus bonus setiap thn yg diatas ketiga pabriken tsb,
plus macam-macam tunjangan buat keluarga karyawan
percaya bray
om gue juga slah satu kepala cabang toyota
tapi yg gue liat karyawan astra semuanya sama
jelek2in produk selain astra
tapi om gue yg 1 lg kerja di yamaha kelakuannya ga sejelek om gue yg di astra
ini kenyataan lho
percaya juga dech om
Bukan rahasia lagi kalau semua pabrikan itu sekarang agresif dan memakai segala cara buat jualan..
kemarin sempat mampir ke dealer yamaha buat nyari kendaraan buat ke luar daerah yang jarang pertamax semacam byson, eh ditawarinnya vixion karena teknologi sudah diasil cylinder dan forged piston dari moto gp dan diberi wejangan kalau semua motor yamaha itu ga pandang bulu pasti cocok makai bensin premium padahal kompresi mesin 10,4:1, belum r25 komppresi berapa, gt 125 kompresi berapa.. pantesan motor sportnya yg laku cuma vixion..
malah di pabrikan honda lebih pendiem spgnya…
banyak org miskin tapi
ingin bergaya bak org kaya
dah ngak aneh kok
Dari dulu sampai sekarang semua konsumen juga sudah tau kolau mau beli motor yang kencang tapi boros ya pilih yamaha kalau mau irit dan nyaman tapi selamat sampai tujua ya pilih honda ,ada yang setuju gak?
honda yg suka ngloyor rem nya?aku bener2 takut lek naik honda, irit?saya punya supra ma jupiter eh sama lo borosnya..
sudah akui saja memang mx king sohc superior setara dohc honda…
dan tim yamaha kmren memang tim privater kalau ada yg bilang yamaha ksih dana ke tim privater ia coba sebutin buktinya apa wktu race kmren
kalau tim honda kmren memang tim asli pabrikan astra..
kalau kalah ia sudah ga usah sling mnjelekan, toh klian pda bela y atau h ga dpet apa2…miris ia kalau lihat orang sesama Indonesia sling menghujat hnya krna y dan h.. pntesan aja Indonesia SDM nya bobrok kalah jauh dr negara2 lain trmsuk sma negara asean..
Gak ada aktivitas lain bro,biarin ajalah.
mr. bdt
wah bneran kayak gt ya? y sykurlah kl gt, malah aneh kl trjadi sbaliknya…
tuh om ghost mengiyaken,
emang iya om,
bersyukurlah mereka,
karyawan pabrikenya aja kopibreak 2 kali,
makan ngak perlu keluar pabrik, dah ada catering
kalu karyawna yamaha yg dipabrik,
makan aja mesti nyari ke luar pabrik,
itu juga mungkin berkahnya mereka, MS nya naek terus,
yamaha tergantung jabatan bray
yg bagian pengecekan udah enak hidupnya
THR aja dapet 25 juta
tiap bulan dapet bonus + jamsostek/askes full
gaji ga usah disebut lah ya
hampir setara sama astra lah
saya khan omong buruh pabriknya om,
bukan level supervisor ke atas,
buruh perakitan ousourcing semua di yamaha
klo buruh mah gue ga tau dah
om om gue levelnya udah di atas semua soalnya
enak minta apparel apa aja dikasih gratis
wkwkwkw
Para fanboy koplak saling mendungukan sesamanya gak fby gak fbh ckckckckck…. bocah koq ora nana didikanne babar blas….
sudah ane edit jadi meng ungu kan
jadi semuanya nggak ada yang dungu,
yang ada cuma pinter dan ungu
Mantap pak dos, bacanya jd adem.
semua part 2 yang diaplikasi di MX bisa diaplikasi di Sonic, cb150.
cuman masalah buget , regulation dan settingan mechanicnya aja, joss mana
nggak ada yang aneh..
nggak ada yang aneh emang, seinget gw satria fu itu maksimum cuma 28mm karbunya. jelas kalah telak lawan injeksi yang tembus 32mm.
tinggal liat regulasi aja, kalo sesuai berarti wajar menang. kalo gak sesuai ya berarti gak wajar.
yang lucu ya kelas 250cc, udah bore up 300cc tapi berat lebih ringan dari pada 250cc twin.
TB lebih besar pulak.
udah g 300cc lagi om
tapi turun 286cc
jangan menggiring opini ah
tapi comment yang nyebutin berat lebih ringan dari 2cyl emang bener
dibulatkan 300cc tapi berat lebih ringan. kalo emang 286cc seharusnya bukan kelas 300cc tapi 286cc.
ia disebut nya cbr300
cuma setau ane cc murninya 286cc
300cc tapi single silinder yang secara efisiensi volumetriknya di bawah dual silinder jadi wajar kalau diberikan kelonggaran pada ukuran cc, dan itu sudah dianggap adil dan semua peserta lomba ga ada yang protes, cuma orang-orang ungu aja yang masih protes..
Fby Meweeek r25 digampar cbr. Ekekeke. pigson digampar cb eeeh mewek juga. Ujug2 pake material wahid. Mewek mirip jupe di gampar blade. Mirip lorenzo tukang mewek. Mewek coooi. Ekekeke
di iirc sentul kemarin siapa yang di gamparin R25???
ekeke. FbY otak ampaz. Kgak nyambung ye. Lagian taun 2014 kemane aje luh. Seri 123 yang kmren2 juga kemane. Botol amat ente. Ekekekeke. Itulah yamaha. Tukang mewe. Makanya MS makin musret. Bntr lagi orang2 kek ente punah. Ekekekeke.
Segala cara digunakan yamaho buat pertahanin dagangan.
teknologi juga tukang jiplak.
Ssg dijiplak
4 tak dijiplak
injeksi dijiplak
Tanduk2 pun dijiplak.
Akakaka. Parah. Honda ngamuk. Bakalan terjadi kejadian yamaho terkapar jilid 2. Ekekeke.
SSG ?
ssg itu dr williams F1 ungu
kalo honda nyontek swing arm terbalik dr yamaha baru fakta
muahahaha
bodoh kok dipelihara, otak ente ada di dengkul jadi ga sinkron
ngehehehe
gue paling demen liat fby
pada kalap
…
ngehehehehe
….
pertamax7.com/2015/10/15/digeber-di-pameran-yamaha-r1m-ini-malah-keluar-asap/
….
8000rpm kalo ngak berasap
berarti ngak normal
itu kata petinggi yamaha
….
ngehehehehe
mabok AHM oil ni orang
persis di foto ini
https://aripitstop.files.wordpress.com/2014/12/mekanik-11.jpg?w=460&h=345
apapun makanannya, AHM oil minumannya para fbh
muahahahahaha
ah kl komen yg bner dkit lah, kl pngen smuanya sm y bkin omr aja, prtnyaan situ jg bs dkmbalikan k sonic, gmn kl trnyta enjin sonic n cb kmrn cm kalter nya aj yg asli ahm, tp dalemnya pny cbr thai? lagian kn sdh ada patokan regulasinya, hehe.. piss jg..
lho, mncolot, komene buat mr. bung devil
gue bilang juga apa
ditinggal bentar
langsung ada yg kalap
…
setan lariiii!!!
ngehehehe
Gue bilang juga apeeee…
Bukan yamaha namanya kl menang tp gak pake cara culas.
Part racing oke aja… Tp kl 80 persen material udah mendekati prototipe melawan jawara produk massal yg cuma gubahan dibawah 50 persen, emang bisa dibanggain? Hahahahaaa
Hanya orang ego yg bakal percaya kemenangan mx king itu real!
Honda bukan tdk mau/ tdk mampu berbuat hal yg lbh daripada yamaha, hanya saja memang belum perlu krn proyeksi tahun ini di Honda bukan balapan kasta rendah dgn material kelas wahid, tp pembenahan jenjang pembalap dan pemberdayaan mekanik secara terukur sesuai skala persaingannya.
Lha kl cuma balapan kelas nasional tp udah gelisah sampai harus pake material mendekati prototipe, apa itu bukan kepanikan? Jelas sekali tingkat urgensi yamaha disini menunjukkan kelemahannya sendiri: bahwa untuk menghadapi teknologi honda, haram menggunakan material yg setara. Pokoknya harus minimal 5 tingkat diatasnya agar bisa over the limit.
Kalau sampai melawan sonic dgn material yg kurang lbh sama, hehe… Alamat bakal susah lah naik podium.
hah ?
mekanik kata lo ?
no AHASS benerin dulu mekaniknya
nyerpis aja ga pernah bener
zzzz
makanya dia bilang mau diberdayakan om.
tapi emang mekanik nga ha em payah saya akuin.
masa bongkar motor bisa ilang baut…diganti gratis sih emang. untungnya dia jujur dan ngaku.
ini saya setuju.
Pengalaman ya.
jngn gitu brader….kasihan itu pembalap binaan yamaha,mentok cuma di kejurnas.ekekeke….klo honda mah jngn tanya.contoh:andi idzhar ma gerry salim tu dikirim kmn aja….lmyn juga si kawasaki di regional asia.lha pembalap yamaha dari indo sapa coba yg menonjol….
yang gak terima kalah dohc di kuamplengi usul saza sama panitia, tahun depan motornya harus standar smua ,kalau perlu standar tengah..
ngoahahahaaa
yang gak terima dohc di kuamplengi mx king angkat tangan kanannya tangan kiri garuk garuk bokong, jalan sambil goyang goyang…
ngoahaha…
bozz silahkan beli motor yamaho yeee. Udah gitu aja repot. Mo lawan cb sama sonic siapin uang 250jeti . Akakakaka.
yang gak terima silahkan kojel kojel
xixixixixi….
ahiakakakaka… ente yang kojel2. Hidup di alam sutra. eh mimpi… ekekeke
MEWEEK…. ekekeke
silahkan kalau mau mewek…
xixixixiix….
giliran kalah banyak alasan, giliran menang honda di lawan ora iso coyyy….
Halah poro FBH mbok legowo nak kelas DOHC mu gae bal balan SOHC rut sebelah xixixixi
Dan jujur itu sangatlah pait 😀
Bro gokil ada ngak referensi video on dyno, mx-king tembus power 29,7hp, torsi 18nm ngak? Penasaran Limiter tembus 13rb rpm.
Ngga bakalan punya dia. Yang wajib punya referensi itu yg komen ngoahaha
khusnudzon saja bahwa Mr. Hawadis dan Oto Trend berkata jujur.
Kalo masih katanya kayanya ada yg kurang.
Mungkin sales & fby yg lagi pesta kemenangan punya referensi video on dyno mx-king 29,7hp?
ker…ker..ker.. ayo tim sawet mreneo tak pakani beras jatah…
Serem banget modifikasi mesinya.
Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor matic di Google play Gan
https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.appliction.servisberkalamotormatic
Bro gokil…teori ini,umum kan??..semua tim balap tau??…tim hondad kok gk bisa ya??…basic mesin jg pengaruh kan??…
mungkin bukan ga tau, tapi part pendukungnya belom ada.
misalnya camshaft nya, tentu beda sama generasi k15-k45 karena konstruksi mesinnya beda(sonic pake rra, k45 engga).
terus piston jenong nya juga mngkn lom ada(kan bore nya beda sama generasi sebelumnya).
jadi “mungkin” modif sonic skrng baru ecu(piggyback), knalpot, sama main setingan mesin aja.(tentunya suspensi dan ban pasti ganti juga lah)
beda kasus sama mx king, mesin “sama” kaya vixion yg udah mengaspal dari 2007. kebayang kan part racing nya udah sebanyak apa skrng???
Om bagaimana mengenai Redline Honda sonic di speedo di angka 9500rpm, tapi limiter di cekik di angka 10.500rpm. Emang sengaja ga di kasih pengaman putaran mesin kah ?
2014 yamahmud banyak yang ambrol mesinya. Sadar klo kagak mungkin menang lawan honda tidak ada jalan lain adalah dengan mencangkokan material super. Mereka membuka mata klo bahwasannya jika tidak melakukan itu tahun 2016 bakal luluh lantak dagangan dibabat sama honda. Akakaka.
kasian amat kalian FBY….
Tetep honda paling jozz dalam teknologi. Honda yes yamaha No.
Teknologi apa sih cung? Itu speedo vario rumah gw aja retakkkk.. makan tuh teknologi
Ngoahahahaha
2014 yamaha pada ambrol mesinnya, tahun 2015 honda yang ambrol
berarti produk yamaha ada perbaikan kwalitas di tahun ini, sedangkan honda?? jawab sendiri aja
Pak dosen kasih judulnya salah harusnya mx king curang pake part ilegal biar pengiringan opininya makin joss
malah jadi salah
pada balapan ini penggantian part2 tersebut legal adanya
sesuai regulasi, bukatinya nggak di diskualifikasi
Kelihatan sudah kalau material honda ngak super, tuh udah di kasih tau yg di atas
matrial motor dari suatu pabrikan ga bisa dilihat dari saat balapan saja, tapi lebih melihat ke fakta di sekitar kita gimana daya tahan mesin ketika digunakan sehar-hari selama bertahun-tahun, jangan melihat matrial mesin suatu produk dari ketika balapan saja…
la kalo dipake balapan aja yg notabenenya benar2 memaksa mesin standard utk berkompetisi aja bisa tahan apalagi buat harian..alasan part sudah gantian semua la itu bak mesin apa gantian juga?apa non standard?ngeles lagi dong
nobita loon mulai ayan
silahkan pak dosen beropini seperti itu, kalau teori pak dosen benar mudah mudahan bisa dijadikan referensi buat mekanik honda, agar balapan tahun depan jadi lebih seru..
ijin share om gokil….
aripitstop.com/2015/10/16/wow-mx-king-tembus-189-kpj-hanya-dalam-25-detik-cekidot-videonya/
salam disko kojel kojel
salam susah netral
mantab, nih
apalagi kalau ada bocoran spec-nya ??
ngehehehe
trus r1m yg ngebul
teorinya gimana tuh ???
http://pertamax7.com/2015/10/15/digeber-di-pameran-yamaha-r1m-ini-malah-keluar-asap/#more-390815
sepertinya r1 tsb masih menggunakan part standar
dimana kata petinggi yamaha itu normal
jika berasap 8000 rpm
ngehehehehe
sudahlah
gue sarankan buat para fby
yg kira2 masih punya otak
mohon otaknya dipake dengan benar
mx king standar beda 180°
dari mx yg dipakai buat balap
jangan ngayal dan bangga
nunggangi mx yg aslinya
masih sama levelnya
dgn indeks polusi asap
di sumatera dan kalimantan
ngehehehehehe
motor kualitas lahat gambut
ngehehehehe
fby dibawah mohon untuk bijaksana
jangan kalap
ngehehehehe
justru fbh yang otaknya sudah di doktrin mesin dohc itu kencang, buat apa kencang kalau susah belok
Yg legowo broot…kalah ya kalah..gk usah merembet kemana mana gk jelas…anda tipe orang yg menjijikan..
Terbukti honda ngak bisa mbuka limiter mesinya
Trus apa yg bisa di bangain pak dosen,masa sudah bekali2 race kalah melulu??
Yemehe aja bisa kenapa honda ngak???
Race adalah pembuktian dari suatu produk
terlepas dari semua teori korekan
Trus kok bisa…!!!!
Patut di pertanyakan juga kwalitasnya???
ahk… om hAyAtE biasa ajah keles…
yg nganggap mx king irrc sama dengan yg standar siapa om?
keliatan banget si om… wek wek wek…
ane kan cuma share info aje…
lagian komentator disini udah pada pinter, buat balapan ga mungkin STANDAR…
wajarlah pake part kelas wahid, masa mau pake kelas ecek ecek…
duh, ane jujur jadi bingung dgn cara pemikiran om hayate… wek wek wek…
orang awam mah beli motor bukan buat balap, tapi ada kebanggaan tersendiri kalo motor yg tipe dan jenisnya sama menang diajang balap nasional dan lokal…
R1M ngebul? ahk si om baca yg lengkap napa?
salam susah netral… wek wek wek
Yg ngak masuk akal lagi 5speed ngalahin 6speed???
Trusa apa gunanya gigi 6???
Kalau mx pake part standar trus menang apa malah ngak malu kuadrat lawanya???
Pak dosen aja bilang di komen kalau part2 yg di gunakan di race ini legal….!!!
Trus yg menjadi masalah apa???
Kecuali kalau ilegal??
Pak dosen aja bilang di komen kalau part2 yg di gunakan di race ini legal….!!!
Nanti ngahaem minta regulasu baru..pasti!!…pake barbel atau max power..
intinya yamaha all out
dlm membiayai tim balapnya
walau berlindung dibalik tim privater
…
pabrikan lain lebih
memilih all out dlm
memberi kenyamanan berkendara
pada produk massalnya
yg notabene dirasakan langsung
oleh konsumen
….
kelihatan kan
mana yg membangun mindset
melalui dunia balap
dan mana yg memindset
konsumen melalui pengalaman
berkendara langsung sesuai dgn
spesifikasi standar pabrikan
nah loe !!!
ngehehehehehe
….
kalap ya kalap aja kalee
yg dibawah silahkan
nyalakan kompor
nguehehehehehe
z ga percaya power cb150r art cma 24 dk coz best lapx cma beda tipis…hehehe
Agar bisa berkitir 13800rpm dan menaikan torsi 18nm.
satu2 cara dgn mengurangi overlap agar aman berkitir 13800rpm, krn VE lebih mengandalkan asupan udara dari intake sedangkan dari backpressure relatif berkurang maka throtle body diperbesar menjadi 32mm sedangkan memperbesar klep opsional saja.
Selanjutnya untuk meringankan kerja crackshaft, durasi in close diretard diatas>58°.
Saya rasa Ubahan ini yg paling masuk akal. Gimana menurut bro gokil?
kalau menurut ane justru overlap harus ditambah, coba perhatikan overlapnya zx10r yang mencapai 296 derajad
justru karena efek scavenging ada sebahagian udara segar yang masuk knalpot, dan dengan desain header knalpot yang tepat, bacpressure akan mendorongnya kembali masuk ke ruang bakar, sebelum klep ex tertutup.
dengan tambahan tuning di intake runner dan pembesaran tb dan klep in yang pas, serta porting yang tepat
ane yakin jika power-nya terletak di 11700 rpm maka VE melebihi 100%
Sperti pak motogokil sebutkan, overlap penting utk mesin yg operasi di rpm tinggi.overlap meng optimalkan efek scavenging. Di rpm tinggi segalanya harus cepat. Efek scavenging utk menarik udara/ bbm dri thrittle body ke dlm ruang bakar dg cepat di rpm tinggi sekaligus membersihkan sisa gas hasil pembakaran ke exhaust port. Efek negatif mesin dg overlap yg bnyk di rpm rendah dimana udara/ bbm bercampur dg gas sisa pembakaran yg gak terbuang semua menciptakan mesin yg pincang. Krena di rpm rendah udara/ bbm yg masuk jga tdk cepat. Maka itu mesin F1 dg overlap yg bnyk harus idle di 5000 -6000 rpm. Mesin F1 NA.
Tpi dg menaikan rpm mesin akan pengaruh ke berkurangnya torsi di rpm tengah. Torsi di mid range diperlukan sewaktu motor akselerasi dri tikungan sirkuit terutama tikungan lambat dan sedang.
Back pressure terjdi krena adanya hambatan di exhaust mesin standard yg masih menggunakan exhaust manifold standard ( mobil) catalytic converter, tabung knalpot yg tdk free flow. Mesin balap biasanya udh memakai header dg lekukan yg radiusnya gk tajam dan tabung yg free flow. supaya gas buang dan shock wave dri ledakan di ruang bakar bisa lngsung keluar dg lancar. tdk berbalik kembali masuk ke ruang bakar via exhaust port. Back pressure mengurangi power mesin jga menambah panas krena gak ter radiasi dg baik. Bisa kita liat bentuk exhaust mesin F1 normal aspirated, motoGP, top fuel dragster yg free flow
Untuk gambaran kasar motor yamaha jupiter z 110 cc milik D0ni Tata harganya sekitar 250 juta dengan power sekitar 24 dk
Jupiter 110 24 DK = Rp.250 Juta
mending pake R25 stock 36 dk pada 12.000 rpm = Rp.<60Juta
bobotny kaga lu itung ?
ungu sekali ,.
karena FBY itu ungu2. Jlueb
Awalnya dari SOHC vs DOHC.
Itu saja.
Bagi yg punya merek H, Y, S dll.
Coba deh setelah 15000km bagaimana rasanya?
Untuk Honda harap aftersales dan montir diperbaiki, saya punya pengalaman buruk tentang hal itu.
Kenapa ane pilih Honda. Karena ane punya motor udah 13 thn kagak pernah rewel. Cuma masalah plastik doang katanya ter ter ane lapis seal kaca aquarium udah beres.Skrg juga pake motor honda lain Jarak tempuh PP SBY Malang seminggu 3x. SBY purwosari sisanya. Jadi sehari bisa 200km. Cuma ganti ban sama rem sama Oli.Mesin Aweet. Beda sama MIo isrtri udah jajan gak karuan. Jupe punya temen udah reyot. Pigson juga ada skrg ngebull. Padahal rute masih jauh saya. Itulah knp ane pilih honda. Akakaaka.
Wah ternyata om broom orang deket2 sini toh,,,,,,se7 sama ente om
salam pandaan gila balap om broom
hati hati di tilang polisi, di stnk warna merah motornya warna pink..
hihihihihih..
hahaha. Ente fitnah klo motor honda cat cepet kusem. Bullshit lah. Cat tergantung perawatan tong. Motor ane warna item. Sampe sekarang juga kinclong. Akakakakak. Ane punya motor gak cuma satu broo. Honda ada yamaha ada suzuki ada. Ane bisa nilai mana motor awet ato kagak karena ane pake motor gak jarak deket. Klo FBY mah keliatan ungunya. Buta merek. Ane akui body yamaho plastiknya lebih tebel. Contoh mio istri. Tapi urusan mesin. Jauh lebih jozz honda.
Pernah berangkat kerja naik mio. Tuh motor nggerung2 klo buat luar kota. Yakinlah sumpah kagak nyaman.
Penilian berdasar pengalaman dan itu gak sebulan 2 bulan tapi puluhan taun. Ngerti ra son…
lo dimana2 sampeyan ninggal telek katane yamah ngebul la aku yo duwe yamaha udah dibanting ga karuan2, oli ra tau ganti kadang over kadang bersisa seperempat, jarak 1000km/minggu ra tau ngebul pak, la honda ku sing telat oli ae turun mesin..oli kering kerontang g tau kemana larinya padahal baru 1000 kman pemakaian max 70 km/jam harus e coolant yg hbis duluan..tapi faktane?wing aku entek 500 ribu kolter e..
Tanya kenapa AHM ngak All out karena AHM udah tau kemampuan dan kuwalitas produknya
Kalaupun All out hasilnya juga ngak bakalan beda???
wkwkwkwkwk
jangan su’udzon, sudah nyoba ?
ente yg suudzon sen
Kalaupun 13th di hitung dari sekarang pake motor honda dan awet berarti motor anda masih supra series, ya wajar awet wong 100cc mau lari berapa 100cc??
Di rumah ada smash 2003 gak pernah ganti oli cuman saya tambahin masih ok tu mesin padahal jalanya jauh juga
ente bnr2 ungu son. Mana ada motor awet kagak ganti oli puluhan taun dan jalannya jauh. Emange tuh oli pake teknologi pelumas syap burung kolibri. Akakaka. ungu kok kebangetan.
Kecuali tuh motor cuma jalan sekilo 2 kilo buat anter sekolah. Akakak..
ungu….. Dan klo ente mau bandingin sama motor supra sama smash. Jauh lebih jos supra. Smash kebanyakan tuh motot udah reyot dan body miring gaksenter. Parah tuh motor smash. Produk gagal suzuki. ekekeke
bray katanya honda makin panas makin kenceng bray ?
kok balapan pke radiator bray ?
baru 24hp udah meleduk bray, itu ngapa bray ?
makin keliatan dhhungunya ni orang . ekeke
Coba kalau honda ngak ganti oli pasti ambrol..!!??
bener itu wong ganti oli rutin aj n yg make cewe aj turun mesin koq
Hmm pensboy ahaem pada ayan dimari.
kira2 bro gokil yg cerdas ini mau bikinin artikel kenapa sonic dimasukin type sport ngga?
kenapa suzuki tdk masukin satria ke type sport.
kenapa engine sonic yg cmn 24dk pada mbrodhol di sentul kmaren?
ane nunggu loh.
(paling diminta buktinya mana)
Btw hebat jg mxking, ga disangka potensi nya gede. ngasepin r15, vixi dan bikin Cb150r ama sonic ndlahom. plus bikin fbh kaya broom n hayate atit ati tingkat akut. ngoahahahak
waktu race kan CB ditempel MXking
masa iya power CB 24 hp..?? sedangkn MXking aja nympe 29 hp
harusnya power si CB di atas MXking karna kalah PWR.. masa power CB ngakunya cuma 24 hp gara-gara kalah sama MXking..
#sesuatu banget
berarti ente menuduh mekanik dan tabloid berbohong
bukannya pak dosen nada tulisannya berusaha banget nunjukin ada apa2 dgn tim y, dgn dasar alasan bhwa piston speed ndak mungkin sampe segitu kalo segitu kayak mobil F1 dong trus biaya nya pasti segede pulau bali n wajar pasti menang..in the end gitu pak?
berarti team yamaha hebat kan ?
heran para hater
hidup kok isinya mencibir melulu
kapan majunyaaaaaa ya
negeri tetangga pada sibuk bikin hal baru
nah kita dikasih pelajaran malah nyalahin pelajarannya melulu
coment membangunlah dah pada gede semua kan, contoh tu om pengamat dan aneka sepeda motor mau diskus sharing kasih tips dan trik oprek yang bisa kita terapkan
#malu rek rek
Apapun cerita nya ……….. Jantan aja jawabnya
Dalam Balapan itu emang harus ada yg menang dan ada yg kalah…
Kalau saat kalah lapang dada donk terimanya ….
Wong Beli minyak premium naik 1000-2000 aja masih demo …..
Ko’ gitu aj hebooohhhhh ………….
Balapan itu gk pernah kenal kata Murah ….???
Paling minim itu Balapan Karung ….??? Wkwkwkwkwkwk
faktor penggunaan alat dynotest dengan merk/produsen yg berbeda juga bisa itu om,
misal kalau pake dynojet 250i angkanya biasanya paling rendah di antara alat dyno lain
jadi jangan telan mentah2 29sekian HP nya
kalo di dynojet250i untuk kelas 150cc open capaian 25HP aja udah bagus banget sejauh ini
Gejolak alam berubah, manusia berpikir kerdil
Butuh komunikasi lanjut, tolong dibantu master,, mkasih sblmx