CS1 Dengan Sedikit Ubahan Sudah Bisa Melawan Sport 150CC, Cysers Jangan Minder

Diposting pada

modif CS1 keren

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalana sampai ke tujuan

Memang setelah banyak motor sport 150cc lahir, banyak para rider bebek yang tertarik untuk naik kelas. Maklum seumur-umur naik bebek, jatah orang tua, nah begitu sudah mampu cari duit sendiri, waktunya naik kelas. Tidak terkecuali pemilik honda cs1, motor kenceng yang sering dijuluki motor “banci”, ย tampangnya kayak bebek, tapi AHM memasukannya dalam kelas sport. Memang kalau masalah topspeed dan power bisalah diadu dengan new megapro maupun verza, tapi tampangnya tetep saja mirip bebek.

Ketika sonic150r lahir, rider cs1 bisa jadi semakin menggebu keinginannya untuk naik kelas. Jika duit kurang untuk meminang new cb150r, paling tidak bisalah meminang sonic150r. Ditambah dengan berbagai review dari blogger mengenai performa dan fitur yang diusung sonic150r, menjadikan sedikit rasa minder dari rider cs1. Karena sekarang cs1 menjadi motor bebek sport yang paling kecil performanya.

Akan tetapi sesungguhnya dengan sedikit saja ubahan, bisa membuat cs1 lebih ok, baik dari penampilannya maupun performanya.ย Tentunya untuk masalah penampilan, modifikasi cs1 seperti gambar judul artikel ini bisa dijadikan acuan. Sedangkan untuk masalah performa bisa mengacu pada ubahan berikut :

  1. Aplikasi knalpot racing (NOB1)
  2. Per kopling tiger
  3. Camshaft ori dibubut

Menurut ownernya hanya itu saja, berikut ini screenshot nya

CS1 kohar

Menurut ownernya juga, sangat mudah mencapai kecepatan 125 kpj saat meng-overtake sebuah motor sport 150cc. Bahkan topspeednya bisa mencapai 135 kpj dengan menggunakan ukuran ban depan 90/80. Padahal dengan ukuran ban standar saja (70/90) akurasi speedometer cs1 sudah cukup tinggi, bisa disejajarkan dengan pulsar dan byson. Apalagi jika menggunakan ukuran 90/80 akurasinya akan semakin tinggi, bahkan (mungkin) lebih tinggi dari nilai di speedometer.

Berikut ini hasil rekaman cs1 dengan modifikasi tersebut di atas

Jadi untuk sementara yang sudah punya cs1 jangan minder jika bertemu dengan motor sport terbaru bahkan sonic150r sekalipun. Jangan pula galau untuk segera menjualnya dan membeli motor yang baru, entah itu nva, cb150r, mxking ataupun sonic150r. Santai saja, kalua ada sedikit rejeki silahkan lakukan sedikit ubahan di atas, barangkali sudah bisa memuaskan dan menghilangkan galau. Nggak perlu juga sampai modifikasi ekstrim seperti artikel yang lalu, atau pasang blok-kop cbr150, ubahan street performance seperti ini kayaknya cukup.

Sedangkan speedlover berkantong cekak, bisa meminang cs1 second, mumpung harganya jeblok. Kemudian dengan biaya murah bisa mengupgrade performanya. Itu juga jika cs1-nya sehat wal afiat, kalau tidak ya pasti ada biaya tambahan. Yang sangat menyenangkan adalah dapat cs1 yang sudah modifikasi performa, tinggal gas saja, langsung ngacir ceeessss (barangkali dapat cs1-nya si matius).

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

35 thoughts on “CS1 Dengan Sedikit Ubahan Sudah Bisa Melawan Sport 150CC, Cysers Jangan Minder

  1. Gk heran nih motor kencang,,pd awalnya mesin cbr125 (dieropa jk import dimari tentu hrga selangit), meski cuma 125cc cbr125 mampu lari 140km/h..sama honda thailand mesin dicangkokkan dibody ayago dg nama Nova sonic125 untuk mnggantikan nova dash, selanjutnya dithailand sonic stop produksi dan mesin diaplikasikan ke CS1..jd wajar kencang krn mmg dna motor kencang,,cukup lift noken as naikkan 1mm gk usah trlalu tinggi krn tdk untuk race, knalpot gnti yg sesuai dg karakter mesin stelah ubahan, karburator gnti dg konvensional, cdi std aja. Itu dah cukup buat ngaploki motor yg kt nya sport tetangga sebelah.

  2. Kenceng sih ane percaya…. tapi… tuh rider harus bobotnya gak lebih dari 70kg… kalo egk ya sama aja lemot, karena torsi nya akan berkurang di gigi 5….. cs1 bisa unggul top speed karena dibantu dengan konstruksi bodi yg semi fairing…. tapi kalo adu nanjak tetep aja stroke 47,2 itu lemot… hahaha….

  3. Overtaking di 125 kpj..pake ban depan 90/80-17…kalo pake ban OEM std 70/90-17 yg diameternya lebih kecil, bisa jadi itu realnya 131-132 kpj…dan itu kyknya belum top speed karena track ga flat & lurus.
    Ga ada matinya nih CS1…gregett ๐Ÿ™‚

  4. kalo ada matius pasti ngomongnya :

    ceessssss….ada yang ngomongin motor matius nih.

    terus disambung ngasepin motor lawan sampe jarak itungan kecamatan.

    disambung lagi spek modifikasinya(yg saya inget aih glaswool knalpot pake kolor salah 1 blogger)

    pokoknya menghibur lah si matius….sayang udah ga ada….malah skrng kedatengan orang2 kek ucil, mesin sesar, dll yg komen ga ada seninya sama sekali

  5. Ane penyemplak CS1 kemarin nyoba pake aplikasi GPS di speedometer motor 110 an di GPS cuma 98 kpj.

    Tapi 98 kpj udah cukup tuh buat nyikat byson.. ketahuan byson real speed gps palingan sekitar 90kpj an, wkwkwk

    sekalinya ketemu new CBR 150 motor gw modar2… Gigi 1 2 3 4 5 kalah telak.

    Modif: Knalpot Nobi, BRT hyperbrand, NGK Platinum.

    Oiya

    No pic but no hoax..

  6. Salam Honda, Ane penyemplak Kirana taon 03, ubahan hanya porting polis selebihnya standar tingting, tapi kalo dijalan jakarta ke gini sering dog fight ma GLPRO, Tiger, Vixion, MX135, FU kalo jalan kosong 800 meteran mah kaga takuuut, udah dibuktikan soalnya, satu lagi kalo buat long trip mesin honda mang jagonya anti ngempos……ane juga pengguna setia RXking dan RXK 81 kelemahan Yamaha ya kalo long trip performa menurun

    1. intinya kalo drag yamaha bisa berjaban
      kalo di track / longtrip mampus y?
      wkwkwk

      motor jaman dlu emang mantep2 dan joss secara kualitas nya
      beda sama sekarang banyak yg dipotong kualitas demi kuantitas dan modal produksi setipis mungkin

  7. Lumayan lah buat hiburan… Xixixixixixixi
    coba pake head dohc sonic150 borenya 57,3mm mirip2 cs1 58mm, atur overlap 0-5ยฐ, cdi unlimiter, sama knalpot pake punya cbsf. Mungkin bisa ngalahin sport 150 Cb150r sama NVL standard.

    1. Mau lbh kencang lagi?
      overbore stroke pendek 48,8mm jgn pake overlap besar. Cukup 0-5ยฐ Supaya torsinya keluar.
      Ubahan overlap ini harus disesuaikan dgn porting saluran intake & silincer knalpot supaya tidak ngepos, saran saya pake knalpot cbsf.
      Short stroke itu torsinya kecil dirpm rendah tp torsinya cukup besar dirpm tinggi.
      Stroke 48,8mm max speed piston 12920rpm, sedangkan Torsi itu = masa(bandul crackshalf) X A (percepatan)

  8. Mau tanya.tiger tua ku dah bire up 0.50 berarti cc nya berapa ya.sebab rpm 6 ribu mudah banget top speed 85 sd 90 km per jam gps.

  9. Saya salah satu yg ngefans banget ma cs1. Sayangnya tangki bensin kurang gede.
    Sebenernya dr dulu kuat banget niat beli cs1, tp dr pengalaman ane ngurus cs1 nasabah yg tabrakan, sampe 3 bln body2 ma lampu2 tak tersedia, ane cari sampe di main dealer.
    Riding positionnya klo baru naek serasa aneh.
    Tenaganya oke banget.
    Boros, wajar dgn tenaganya.
    Skrg sekennya jeblok banget tp ya itu, bodynya susah.

  10. iya sih, tapi emisi gk lolos, suara knalpot berisik, ketahanan part berkurang, torsi (kalau buat boncengan naik gunung) ngempos. standarnya cs1 tu sebenarnya gk sedahsyat yang dikatakan orang2, mungkin ownernya aja yang terlalu melebih2kan.
    saya sudah sering betulin motor ini, mesinnya lumayan bandel, tapi tidak sekencang yang dikatakan orang (topspeednya).
    kalau tidak percaya buktikan di dynotes dalam keadaan standar.
    ya daripada susah, beli 150 cc lebih bertanggungjawab. kalau asal kencang, ngapain pakai 4 tak, lebih kencang 2 tak kan kalau sama2 dioprek? lebih murah lagi.

  11. Maaf nih baru bisa muncul, btw ane ini rider nvl yg ada di video itu mas ๐Ÿ™‚
    Nah saya sama sang empunya cs1 emang sering banget tes motor bareng dia dan hasilnya kurang lebih selalu sama.
    Jalan lurus panjang motor saya selalu kalah karena abis tenaga gabisa lawan 125kpj mentokk sedangkan cs1 di atas 130kpj masih mau naik
    Nah berbanding balik kalo main di jalan pegunungan yg banyak nanjak baru lah cs1 ini kurang tenaganya

    Oh iya mas sekalian mau nanya itu saya di video bisa di liat udah pake knalpot racing, ya dengan desain pipa asal asalan motor saya di rpm bawah torsinya jadi ganas bgt sedangkan rpm atas loyo bahkan buat nyampe 120kpj aja susah. Kenapa ya?? Apa pipa knalpot saya kebesaran? (50mm) sedangkan di header kira kira diameternya 30mm-an

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan