Penggunaan NVL (1PA) Ala Motogokil : "Nggak Ngebul Bro, Nih Buktinya"

Diposting pada

NVL gold

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kebetulan tadi pagi ingin nge-cek (memeriksa) ketinggian oli My SpeedGold/MSG (nvl ane), ternyata masih aman, masih pada posisi atas deepstick. Eh..kok jadi ingin tahu apakah NVL ane sekarang ini jadi ngebul atau nggak ? (Masih ambigu nvl yang sehat itu yang ngebul atau yang tidak ? Karena menurut Pak Abidin yang ngebul adalah wajar/sehat). Kebetulan juga di kantong ada hp, ya sudah kita lihat saja penampakannya.

My SpeedGold no smoke

Gas dipelintir sampai mentok (full throttle), limiter juga sudah bekerja, tapi…alkhamdulillah knalpot tidak ngebul. Bisa jadi karena saat ngetes ini, ane sudah jalan sejauh kurang lebih 18km, jadi mesin sudah mencapai suhu ideal, sehingga semua yang ada di ruang bakar juga ideal.

Atau bisa jadi kerana kebetulan ane dapet barang bagus dan bagus juga penangannya. Penanganan yang ane maksud adalah penggunaan saat inreyen dan kebiasaan baik saat mulai menggunakan motor. Berikut ini penanganan motor khsusnya NVL ala motogokil :

  1. Inreyen diusahakan sedekat mungkin sesuai buku pedoman
  2. Tidak melakukan gas spontan, dan saat pengereman jarang (hampir tidak pernah) menggunakan engine brake. Pengereman dilakukan dengan tarik tuas kopling full, ngerem depan-belakang. Kalau jarak nggak cukup, baru pake engine brake, tapi jarang banget.
  3. Setiap mulai dari engine kondisi dingin di pagi hari, atau sore hari setelah mesin mati lebih dari 12 jam, sebelum engine on di slah dulu (kick starter) 10x, baru di-on-kan.
  4. Selalu dipanaskan kurang lebih 3 menit (biasanya ane gunakan untuk buag air kecil) sebelum berangkat kerja di pagi hari.
  5. Tidak pernah telat ganti oli atau kekurangan oli. Maklum nvl sangat boros oli, jadi harus sering-sering memantau ketinggian oli. Jika kurang harus segera ditambah, kadang kalau kepepet nambah pakai oli baru sembarang merek, atau oli bekas (oli bekas yang masih ok /kurang dari 1000km).
  6. Setiap dipakai harian, tidak monoton di kecepatan/gigi tertentu saja. Semua gigi (1 s/d 5) dipakai, semua kecepatan dicoba mulai dari 0 s/d diatas 100 kpj), untuk membantu self cleaning busi juga supaya mesin nggak “kemayu”.

Itulah yang ane lakukan untuk nvl dan juga semua motor ane, kecuali cbr150r dan p180ug4. Karena 2 motor ini nggak ada kick-starter nya.

Berikut ini video pembuktian nvl ane yang digeber sampai full throttle dan nggak negbul

Sambil lihat ujung knalpotnya, dengerin suara lengkingan mesinnya, terbuktikan ??

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wb.

30 thoughts on “Penggunaan NVL (1PA) Ala Motogokil : "Nggak Ngebul Bro, Nih Buktinya"

  1. wah ini motornya yg punya warung tdk normal,,krn motor yg normal dgber 8000rpm keatas harusnya ngebul,,tanya tuh petingginya YIMM yg lbh ahli mngenai mesin motor YAMAHA,,mngkin wktunya turun mesin tuh krn diatas 8000rpm tdk ngebul

  2. ya syukurlah, jk ada motor inreyen ngebul atau klotok2 itu cuma bbrapa biji tdk keseluruhannya spt itu,,yah untung2an aja dpt yg brmasalah

    1. nvl ngebul mitos deh

      cz tetangga gue fine2 aja nvl nya kgak ngebul kyak nvl pak dosen

      kalo oli kgak tau.. gue kga punya

      wkwkwk

  3. setiap kali ganti oli ane panasin – 3-5 menit trus slalu coba geber ampe limiter gak pernah ngebul ampe sekarang udah 16rb km. olie rata2 ganti tiap 1500 berkurang 1/4 l.

  4. Nvl saya udah 36rbu km, dari setelah inreyen pake knalpot free flow, alhamdulillah ga ngebul, padahal sering betot gas melewati redline 10 ribu RPM ( saya ga tau knp setelah ganti knalpot racing redline RPM nya jadi mentok 11.000 ) sampe montir beres pun heran sama motor saya, tapi klo boros oli sih iya, asal ganti oli ga sampe melewati maks. 1500 – 2000 km pemakaian aman kok

  5. Nvl ane udah 2 thun kilometer nya msh 6rban klu dipnsin dgas smpe mentok kluar asep dri knalpot nya rusak gak tu mtor pdahal gnti oli stiap 1rb kilometer msh aja kyk jd nyesel bli tu mtor

  6. ngebul bukan berarti rusak perlu dicerna baik-baik. penjelasan dari pihak tertentu ada benarnya, tapi ngebul yang seperti apa dulu. ngebul karena uap air berarti memang mesinnya sehat. semua mesin sehat bisa ngebul (tapi uap air) jika kondisi sekitar udaranya dingin. sering lihat kan mobil dipanasi di pagi hari ngebul ketika stasioner maupun digas, padahal mobil baru?

    ngebul yang rusak adalah ngebul karena oli terbakar, bisa tercium dari bau dan warnanya yang putih khas.

    ngebul yang belum tentu rusak adalah ngebul hitam. bisa jadi ada komponen yang kotor sehingga suplai bbm terlalu banyak, misal filter udara kotor (pada mesin karburator). pada mesin injeksi, kasus ini seharusnya tidak terjadi.

    ngebul ketika limiter bekerja juga bisa terjadi, terutama untuk mesin karburator. ketika putaran mesin terlalu tinggi sehingga pengapian dimundurkan sementara oleh cdi, maka banyak bahan bakar yang belum terbakar sempurna sudah dilepas ke knalpot, ketika putaran mesin turun, pengapian normal lagi, sehingga bahan bakar akan terbakar sempurna lagi, namun campuran bbm dan udara tidak seimbang akibat bbm yang tidak terbakar sempurna ketika cdi memundurkan pengapian. efeknya bisa ngebul (kehitaman). namun hal ini tidak terjadi jika filter udara bersih dan karburator masih standar dan bagus.
    begitu pula pada cdi yang mematikan sementara pengapian untuk membatasi putaran mesin.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan