Beli Motor Sport 250cc Twin-Inline Sekarang, Atau Tunggu V-Twin

Diposting pada

2-inline vs 2-v

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bocoran dari orang dalam AHM mengenai proyek cbr250 semakin memanaskan suasana persaingan motor sport kelas 250 cc. Kita bisa bayangkan bagaimana bentuk cbr250 melalui bocoran yang diberikan [sumber], yang bisa disimpulkan sebagai berikut :

  1. “Produk ini benar-benar baru, belum pernah diproduksi sebelumnya oleh Honda,”
  2. Merupakan jawaban dari keinginan konsumen yang meminta sepeda motor sport dua silinder.
  3. AHM memilih konfigurasi mesin baru V-twin, ketimbang dua silinder segaris yang ditawarkan dua rivalnya.
  4. Agar …bisa bersaing di segmen yang cukup “bergengsi” di mata konsumen ini.
  5. Model baru ini berbeda dengan karakter CBR250R yang diproduksi di Thailand.
  6. Desain mengarah ke desain futuristik
  7. Proses pengujian produksi disebutkan baru mulai dilakukan awal tahun2016
  8. Produksi massal dan peluncuran akan dilakukan pertengahan 2016.
  9. “Kalau trial paling Februari sudah mulai, produksinya sekitar Juli atau Agustus 2016″.

Bocoran ini berasal dari orang dalam AHM yang sudah mendapatkan acc dari prinsipal honda Jepang. Sepertinya bocoran yang diberikan terlihat sangat serius dan cukup intimidatif bagi rival-rivalnya. Terutama pada poin 1-6 yang jika digabungkan menjadi

CBR250RR nantinya merupakan desain yang sama sekali baru, dengan disain futuristik ber-mesin v-twin, sebagai jawaban atas keinginan konsumen agar mampu bersaing dengan r25 dan ninja250

Dengan 2 silinder dipastikan akan memenuhi keingan konsumen. Dan dengan desain futuristik dan engine v-twin dipastikan akan mampu bersaing dengan r25 dan ninja250. Bahkan dengan kualitas material yang setara dengan cbr250 sekarang, akan mampu di-upgrade untuk kepentingan balap. Dan yang lebih menakutkan lagi adalah performa engine v-twin jelas berbeda dengan 2-inline, lebih powerfull.

Berikut ini pendapat dari seorang pembalap, yang memberikan gambaran sederhana mengenai kelebihan performa dari engine model v dibandingakn model segaris. Troy Corser mengatakan,

β€œMesin V4Β  memiliki power delivery yang halus dan merata, power bandnya lebar, ya kaya mesin Honda gitu deh (mungkin maksudnya rc212v). Dengan power band yang lebar dan rapih, pembalap mendapatkan kemudahan, tidak terlalu kedodoran dan kerepotan akibat menjaga rpm mesin”.

Dan untuk membuktikannya tidak perlu jauh-jauh, perhatikan saja saat M1, GP15 dan RC213V melaju di lintasan lurus, disitulah performa engine motor diuji.

Sekarang tinggal bro sekalian yang kebetulan diberikan banyak rezeki, apakah ingin beli ninja250 atau r25 dengan engine 2-inline bertenaga 32 s/d 36 ps

sport 250 engine inline

Atau menunggu cbr250rr dengan engine v-twin dengan power mencapai 40hp (bocoran iwb)

sport 250 engine v-twin

Selamat memilih atau menunggu bro, semoga apa yang dipilih dan apa yang ditunggu tidak mengecewakan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

42 thoughts on “Beli Motor Sport 250cc Twin-Inline Sekarang, Atau Tunggu V-Twin

  1. Vtwin ngak mesti mahal contohnya hyosung gt250r, Bore 57mm X stroke 48,8mm. Dohc 4valve, inj. 5Speed, oli cooler, Harga sekitar 48jtan cbu.
    Tau deh kalo buatan Ahm bisa 60jtan kali….

  2. masih setia ama tunggangan lama aja…
    klo ada rezeki lebih buat dp rumah aja bro gokil,
    maklum udah bosen nomaden…

    πŸ™‚

  3. sudah pernah punya yg V bro skrg malah pakai yg single,,penurunan grade bro…krn butuh sy pakai tiap hari cari yg irit 1:20- 25km, dr pd yg 1:14 sering kali krg dr 14km 1lt prtamax..skrg nyaman yg 1 cyl,,kluar tiap saat gk mslh..klu mnunggu,,mnunggu yg konfigurasi X aja drpd inline,,V twin

  4. Pastinya bakalan mahal aah,, honda kn punya paten v-twin sendiri. Ane blm lahir udh ada, yg bikin gebrakan di dunia per mogean justru v-twin nya pada awalnya, smpe dibuat handmade bayangin coba.. Suksesnya sdh mendunia bahkan sblm inline dibrojolin..
    cuma lha kalo pale v-twin, harusnya namanya bukan CBR250, lbh cocok VFR250 πŸ˜€
    dari bayi smpe skrng CBR inline semua!
    ato sekalian aja klo mau v-twin bodynya balik ke mahzab VFR yg single lamp itu..
    lha buat CBR nya..
    reborn-in aja yg inline 4cyl! πŸ˜€
    piye.. Setuju ra!! Wakakakkk

    1. setuju
      kalau mau bikin motor powerfull, yang kenceng sekalina 4-inline
      atau yang irit sekalian : c50 injeksi, esp, iss, ada enjotannya kaya sepeda pancal

      1. Sebenarnya trserah kang mau inline ato twin, aslinya perform solo ny cibi250 itu ya worthy, dg pemakaian jalan kota yg padat, malah lebih unggul dr segi konsumsi sm putaran bawahnya.. Berhubung rejeki ane msh di adeknya ya syukurin aja..
        cuman,,..
        hmm, mau brojolin twin kok luaaaamaaa ya 2016 e!! Setahun maning sek njur kaet lanching..
        jangan” mau presure harga justru nunggu produktivitas plan baru sekalian alias diloakin kang? Ehh dilokalin πŸ˜€
        ..
        gembar-gembor e ap gak kejauhen ya?
        yg lain udh pada komplit versi naked ma abs nya..
        tp klo,beneran diloakin,, ya ane siap mulung kayaknya, lumayan πŸ˜€ toh konfigurasi sport honda mesti ada secret nya klo udh digeber jos jos an (selama gak lengah perawatanya)

  5. v twin keluar, ada berita lagi motor listrik murah tenaga beringas… terus kapan belix? akhirx cman jd fb yang bermimpi! mimpi itu nyata tapi kalo gal diraih hanya menjadi imajinasi. perkembangan kecepatan teknologi selalu lebih cepat separuh dari sebelumnya… 10 tahun, 5 tahun, 2,5 tahun…. wkwkwkwkwk

  6. Troy Corser bilang yg kesimpulanya kira2 mesin V4 paling unggul diantara konvigurasi lainya terlebih kalau itu honda……..tp kalo untuk V2 apakah sama? (Kalo “honda”nya semua orang juga tau—terbaik—-)

    1. konfigurasi inline lebih optimum untuk mengejar performa. inline4 ada dua jenis, screamer dan big-bang. klo dilihat speknya inline 4 screamer lebih unggul dari v4. sedangkan v4 kira-kira setara dengan inline4 bigbang (tapi karakter mesin dan motornya beda). kelemahan inline 4 screamer, karakter mesinnya liar. jarang ada rider yang bisa jinakin. setahu saya, konfigurasi mesin di motogp sekarang adane V4 atau inline4 big-bang.

          1. Iya bro klo mslh 90v dr dulu ducati jg 90v, tp isunya dr perombakan total yg dipimpin ma Gigi, mulai dr sasis smpe mesin, katanya konfigurasi disinyalir balik ke screamer. Ane blm liat simulasi engine nya. Klo punya stoner dulu ane udh liat..
            btw , nih udh stngh 3 blm race aja moto gp.. πŸ˜€

        1. bisa jadi…tapi klo liat kondisi gp14 yang suka understeer + karakter pembalap ducati, IMO kayakne sih ndak. soale rossi aja g bisa kompetitif make screamer. tapi kurang tau ding. dengan tingkat teknologi kentali elektrik di motogp sekarang mesin screamer bisa dibuat lebih jinak.

  7. ane ga yakin ahm mau bikin motor V-twin….

    lihat aja bocoran spek CS1 reborn, masa dohc cuman 9500rpm…
    nanti v-twin mau dikasi berapa rpm maksimalnya? 10.000?
    alasan irit kah? alasan torsi kah? alasan kenyamanan kah?

    benar benar meragukan…

    walaupun nanti v-twin ini pake usd dll….
    masi value ninfi sc+ca sih… apalagi kalo r25 juga pake sc+ca, apa ga kebakaran jenggot tuh ahm & fbh?

    1. Kayaknya bukan lagi alasan irit dan torsi, karena keduanya sudah ada di cbr250r. mudah2an saja memang dibuat untuk pure sport yang high rev/high speed
      kalau untuk cs1, mungkin juga ane setuju untuk bore-down dan stroke-up, karena torsinya memang payah, sehingga kalau buat dalam kota/macet boros yang minta ampun.
      yang 125 cc ja boros, apalagi jika 150cc, jika tidak dilakukan langkah tsb. asal jangan sampai kalah dari satria fu aja.
      kalau mau kenceng mending beli cb150r atau cbr150

  8. Sepertinya nama untuk v twin ahm bukan cbr 250.. Tpi pake nama yg lain, cbr 250 ttap dipake tpi u mesin twin in line yg diagarap di thailand, nnti nya cbr 250 ttp akan dimasukkan k indonesia namun dengan system cbu, jadi nnti akan ada dua model u dijadikan pilihan, scra v twin tak parnah ada di cbr,, klo vtr bisa jadi.

    1. Ada 3 kemungkinan mnurut ane :
      1. Yg bakal release gak bawa nama cbr250. Ya kalo mengacu cbr300 yg udh direlease di eropa buat hed to head sm ninin300, r3, rc390 yg ktnya buat ajang wsbk 300, masih pake single cylinder. Kan uuuaneeh bingiits klo yg 300 single yg 250 malah v-twin πŸ˜€
      2. Mungkin jg emg cbr250, itu sebabnya nunggu 2016 bru brojol.. Bisa jd nanti sekalian upgrade versi 300 sekalian mcm r25 feat r3. Cuman tetep uuaaaneeh jg, cz dalam 1 thn honda riset 2 tipe mesin utk satu produk itu gak honda bingits πŸ˜€
      3. Mungkin ada cbr asian spec sm cbr euro spec πŸ˜€ wakaakkk.. Klo org eropa sih mesti mateng mikirnya, beda ma kita” asal denger knalpot stereo udh pede nya minta ampun, pdhl yg single punya potensi dibalik knalpot odong”nya :D, itu knp rc390 jg pake single cylinder buat bungkam 300cc 2-inline japan dg pnambahan 90cc. Panigale 1190 jg gitu buat bungkam 1000cc 4-inline japan cm pake twin dg penambahan 190cc. Lha benefit nya ke pwr nya. Bayangin motor 1200cc dg berat setara ma motor 250cc opo gak medeni!! πŸ˜€
      (tp alasan ke-3 ni paling gak masuk akal dr segi efisiensi, so kemungkinan nya jg kecil.. Heheee πŸ˜€ )

  9. Wuih,td sempet ngobrol sama2 orang yg kerja di pabrik perakitan honda sunter.katanya honda juga mau ngeluarin model mirip2 fu atau bisa dibilang cs one sonic reborn.yg uda jd katanya uda ada yg nongkrong di pabrik perakitanya.sayang g minta fotonya.

    Trus jarene wonge motor2 honda macam max tiger seng kesimpen sue nug gudang akeh seng dihancurne,tujuane barang biar g keluar.nah motor yg diancurne kui motor2 yg bekas habis di test drive touring.

  10. Nah loh kelihatan track lurus rcv gk kuat nyalip gp15 kan!? Cz di qatar kmrn ane download full race nya, ane pantengin.. Si dovi nyante” aja puntir gas nya πŸ˜€

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan