Kalau di Daerah Ini ISS (Idling Stop System) Milik Vario Terasa Banget Manfaatnya

0 Fitur-Idling-Stop-System

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Engine Vario 125 dan 150 mengaplikasikan ISS (Idling Stop System), yang mana jika gas/throttle nggak dipuntir selama 3 detik, mesin akan mati sendiri/otomatis. Kemudian untuk menghidupkan mesin kembali, tinggal puntir gas saja, mesin langsung nyala. Banyak yang merasa bahwa fitur ini kurang bermanfaat, bahkan mungkin mengganggu. Lengah sebentar mesin mati, padahal kita biasa sambil nunggu lampu merah atau antrian di spbu, sambil nyalain mesin. Ya kalau merasa nggak efektif tinggal di nonaktifkan saja dengan tombol di atas.

Lalu kapan, sistem ISS ini efektif ? Disini nih bro tempatnya0 lampu merah 1000detik

Ok mari kita sekarang berhitung, sebenernya sebarapa banyak sih bensin terbuang percuma saat mesin nyala (idle) di lampu merah.

Sebelumnya kita tentukan dulu nilai variabel yang umum saat mesin idle :

  1. Putaran mesin = 1500 rpm
  2. Volume mesin = 150 cc
  3. AFR = 13
  4. VE = 70%
  5. Masa jenis udara (suhu=25 C,  tekanan=101 kPa) = 1.18 kg/meter kubik
  6. Masa jenis bensin = 755 kg/meter kubik

Sekarang mari kita hitung berapa banyak bensin yang dibakar selama 1 menit (60 detik)

FC idle engine 150cc

Jadi untuk mesin dengan konfigurasi di atas, dalam satu menit saat mesin idle, akan membakar bensin sebanyak 8 cc. Sementara motor diam alias nganggur, maka selain mubadzir buang-buang bensin, juga memperberat pencemaran udara di daerah tersebut, khususnya saat lampu merah. Sekarang bayangkan kalau sampai lebih dari 1 menit, kadang ada yang 100-120 detik, atau seperti yang ada di atas (gambar judul), tinggal kita kalikan saja.

Kita kadang berniat ingin mematikan mesin saat lampu merah. Tapi karena tanggung, atau lupa kita urung/tidak jadi mematikan mesin motor kita. Nah dengan mengaktifkan sistem ISS, motor otomatis mati saat idle selama 3 detik. Jika dalam kegiatan harian kita sering terkena lampu merah, tinggal kita hitung saja seberapa besar penghematannya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

17 Komentar

  1. Lha kebetulan dibahas, benernya ane dr dulu jg bingung kang mau nannya sapa, prnjelasan sales nya gk mumpuni ee 😀
    ..
    yg ane masalahin bukan bbm kang, cz klo itu ya mesti bya berdampak irit,, toh kota kita jg mulai bertaburan traffic light baru kan 😀
    ..
    hmm,, ane ragu nya di oli kang, keraguan gak pake dasar sih, cuma mikir scara pribadi aja, terutama di motor honda yg mayoritas pake sae30,, hmm nih oli trmasuk encer banget spengetahuan ane,, slm iddling mesin mati lantas oli turun, apa kalo ini dilakukan sering” gak berdampak ke komponen ato kinerja pompa oli yg bertambah?
    piye kang? Mumpung dibahas sekalian nanya.., Hehee 😀

    • Setau ane oli naik dan turun adalah proses pembilasan pada bagian yang bergesekan, sekaligus pendinginan
      sementar jika mesin diam, oli masih melekat kuat dipermukaan logam seperti bearing, rocker arm dan camshaft. Jadi nggak ngaruh, mirip sama nyalain motor setelah diam seperti biasa.

    • Klo mnurut ane bukan maslah bagus ato gak nya sih, tergantung kandungan oli nya, klo encer ato kentel kan ya cuma kita sesuaikan ma spek mesin sj.. Tp oli encer jg cepet naik cepet turun (kalo secara hukum fisika ky gitu.. Heheee)

  2. Beuh cakep bgt pa dosen artikelnya.. as always… tp sewatku iss aktif kan lampu semua tetap nyala pa, pengaruh besar ga sama konsumsi aki atau keawetan aki. Soalnya sewaktu mengaktifkan iss saya suka ragu impact ke aki nya pa dos. Mohon pencerahannya, thanks.

  3. Klo pilihannya kontak di off, bukankah yg berat kerja accu? Ujung2nya klo sering on off starter aki jd cpet tekor, di sinilah mnfaat iss itu.

  4. di vario 125 sepertinya ada semacam sensor tegangan accu mungkin di ecu ato di kiprok nya
    jadi kalo aki drop sampai batas tertentu lampu utama mati, namun lampu senja spido dll tetap nyala

    mungkin yang punya vario bisa eksperimen, pake yang versi lama jangan yang led bisa jenggotan nunggu aki tekor

  5. Pas macet, ngantri jg sangat bermanfaat. Ni fitur paling ok dekade ini di dunia motor. Seharusnya pabrikan lain jg terapkan di motornya, jgn takut dibilang jiplak. Untuk kebaikan bersama.

  6. Mohon dibenerin kalo salah ya para suhu dunia automotif…
    Setau saya dari pengalaman dulu buka bengkel motor, teknologi ini merupakan salah satu teknologi unggulan yang dimiliki oleh Honda, sesuai dengan info om motogokil, yaitu membantu menghemat bahan bakar.
    Kalo soal pengaruh ke aki, saya rasa tidak ada karena seperti juga penjelasan dari om rifz, adanya pengatur tegangan. dan juga dari pengalaman saya mencari ide dan memahami teknologi ini, saya mempunyai kesimpulan sendiri (bukan dari pabrikan ya :D) bahwa pada saat motor memasuki sistem idle, mesin tidak benar2 mati 100%, tetapi seperti memasuki fase mati suri
    Saya akan coba menjelaskan sederhana sesuai yang saya amati dan selidiki, mesin motor hidup pada RPM berapa? perkiraan pada 1000-1200, nah pada saat idle RPM vario akan turun sampai pada sekitar 500, ini kondisi yang saya bilang mati suri, karena pada saat kita menarik gas maka motor langsung nyala.
    Pembuktian saya : pada saat idle, saya mencoba memegang bagian bawah mesin, terasa ada nya “guncangan mesin” meski sangat kecil dan “mikro”, dan juga kenapa pada RPM 500, kok mesin gak mati? Tolong di ingat, ini teknologi injeksi, jadi bensin tetap mengalir dengan baik, tidak sperti karbu.

    (comment bukan orang lain maupun pabrikan, sehingga tanggung jawab kesalahan pada diri saya sendiri)
    Demikian kira2 penjelasan saya, mohon di benarkan jika salah. Terima kasih

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan