Topspeed MX King Hanya 117 kph ?? Apa Masih Bisa Lebih Kencang Lagi ???

topspeed MX King

 

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dalam perilisan yamaha mx king 150 kemarin, dinyatakan bahwa topspeed nya 117 kpj (kph). Karena membawa tagline “King of Street” dan juga digelari sebagai Satria Fu Killer, maka performa ini tentunya sungguh mengecewakan. Bahkan jika dibandingkan dengan hasil pengetesan yang dilakukan oleh Valentino Rossi sangat jauh bedanya, lihat disini. Lalu pasti timbul pertanyaan apa memang hanya sampai di situ performa standarnya ? Lalu apakah yang digunakan VR46 memiliki spek yang berbeda sehingga jauh lebih kencang ??

Mari kita diskusikan bersama…

Power MX King

Power mx king 150 sebesar 15.4 ps @ 8500 rpm, setara dengan old vixion. Dengan power sebesar ini  wajar jika pabrikan meracik transmisi yang sama yaitu :

Reduksi primer : 3.04 (sama pada semua mesin klan vixion)

1st: 2.833
2nd: 1.875
3rd: 1.429
4th: 1.143
5th: 0.957

Reduksi Sekunder dan Ukuran Ban

Mengingat power mx king 150 hanya setara dengan old vixion, sedangkan besarnya roda belakang setara dengan new vixion lightning (130/70-17), maka reduksi sekunder perlu diperhitungkan lebih matang. Apalagi peruntukan motor yang masih dalam kelas bebek, maka kemungkinan besar akan banyak digunakan untuk transportasi jarak dekat dalam kota, yang biasanya macet. Dengan pwr yang masih lebih tinggi dibandingkan nvl (mx king = 0.133 ps/kg sedangkan nvl = 0.129 ps/kg), maka reduksi ahir bisa dibuat sedikit lebih berat dari nvl, yaitu 42/14 (nvl = 43/14). Dengan perubahan konsumsi bisa tetap irit, karena torsi dan  akselerasi masih cukup tinggi di rpm rendah.

Dengan kondisi seperti ini, maka topspeed seperti tampak pada tabel berikut

01 mx king topspeed 2015

 

Jadi pada kecepatan 117 kpj, transmisi berada pada gigi-5 pada putaran mesin sekitar 9000 rpm. Kondisi ini wajar, hampir di semua motor, pada gigi-4 bisa mencapai redline (10000) dan pada gigi-5 (terahir) hanya sampai 9000 rpm, karena reduksinya lebih berat sedangkan torsi di rpm atas menurun.

Lalu bagaimana dengan topspeed yang dicapai VR yang mencapai 136 kpj on speedometer pada gigi-5 dan putaran 10000 rpm? Apakah dengan performanya lebih tinggi tersebut, dibandingkan dengan mx king yang dijual di Indonesia ?

Berikut ini jawaban ane :

  1. Jika dengan menggunakan perhitungan di atas dengan reduksi ahir 3 (42/14), maka pada saat gigi-5 dan 10000 rpm, kecepatan riil nya hanyalah 129.57 kpj. Jika dibandingkan dengan topspeed vr on speedometer yang mencapai 136 kpj maka penyimpangannya 5%
  2. Jika mx king 150 menggunakan speedometer yzf R15 dengan akurasi yang sangat tinggi pada kecepatan tersebut, yaitu sekitar 1.26% (lihat artikel), maka ada kemungkinan reduksi ahir yang digunakan mx king dengan exciter sedikit berbeda.
  3. Karena memang pwr mx king masih lebih unggul dari nvl, maka tidak masalah jika reduksi ahir diperberat lagi menjadi 41/14. Dengan dukungan lintasan sirkuit yang cukup panjang, rider yang mumpuni (vr) dan setting CO yang optimum, maka kecepatan 136 on speedo akan bisa tercapai. Bayangkan jika panjang lintasan lurusnya 1000 meter, dan pada saat keluar tikungan mau masuk stright kecepatan sudah di atas 90 kpj, tidak mustahil kecepatan di ujung ahir stright bbisa mencapai 136 kpj.

Sekarang mari kita lihat topspeed mx king 150 jika menggunakan reduksi ahir 41/14.

01 mx king topspeed VR

 

Pada gigi-5 @ 10000 rpm, topspeed riil yang dicapai 132.7 kpj, sehingga penyimpangan speedonya hanya 2.5%. Gambaran ini lebih medekati keakuratan speedometer r15.

Jadi kalau mx king 150 mau sekencang yang dites oleh vr, coba diperberat reduksi ahir ( disarankan bagi rider dengan berat badan ringan) dan seting CO+ sampai optimum.

Itulah sedikit analisis ane mengenai perbedaan topspeed yang diinfokan oleh yimm dan yang dicapai oleh vr saat test ride. Analisis ini bisa benar bisa juga salah, karena ane belum dapat reduksi ahir dari info resmi mengenai reduksi ahir dari mx king.

Lebih kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

36 Komentar

  1. “Itulah sedikit analisis ane mengenai perbedaan topspeed yang diinfokan oleh yimm dan yang dicapai oleh vr saat test ride. Analisis ini bisa benar bisa juga salah, karena ane belum dapat reduksi ahir dari info resmi mengenai reduksi ahir dari mx king.”

    Bahasanya santun. Salam hormat…

  2. lumayan utk moped, krna jup mx 150 dn mx king adlah moped terkencang saat ini, coba om gokil analisa knapa cb pekgo powernya bisa naik 1 hp-an pke knalpot nvl, nih mau coba di motor cb ane

    • bkn cbnya yg salah om…knalpot ori cb memang ngejar aksel..dan tenaga dikebirin gara2 tu knalpot…ane aja udh ganti knalpot ori cb ane dgn knalpot k45…dan hasilnya putaran atasnya makin yahud…beda jauh dgn knalpot ori cb…tp aksel gigi 1,2 dan 3 knalpot ori cb memang sedikit lbh jos…

  3. bisa banget….
    njmx ane dulu lumayan kencang….
    yg diganti cdi brt dualband, filter udara, busi, gear 15-41, velg jari jari ukuran standar…
    yg seharusnya diikuti pergantian karbu, knalpot, kem vixion, sistem pengapian jadi dc, dan radiator pump elektrik.

    dengan ganti velg roji aja motor jadi lumayan ringan, mungkin berkurang 3kg…
    kalo mx king diubah seperti diatas, bukan hal mustahil satria fu bisa bingung mengejar bebek super… hehehe

  4. Ngoahahaha ketawa aja nih baca artikel. penyakit lama kambuh kembali. udah dari jaman dahulu kalau para fbngahaem paling jago koar2 kalau fbngahaem paling jago top speed dari artikel tp kalau udah real jalanan pada mingkem. emng ini yg bawa beratnya berapa mana videonya? kok gk ada hahaha dari dl udah biasa cb 150 kmj aslinya? dan para fbngahaempun cuma ngangguk2 aja di kibulin wong da biasa di kibulin ma ahm lah ini ama ternakannya lg hahaha nasibmu fbngahaem. Blog sekelas iwb ma tmc aja. blum ada datanya lah ini ternakannya honhon tapi ya sudahla.

    • yang kayak gini nih komentator tukang fitnah, yang tidak terima terhadap realita yang ada
      juga punya sifat seperti anak tk yang fanatik, kalau ditulis kebaikan yamaha ia tepuk tangan gembira
      kalau yamaha dikritik ia marah dan komen ngelantur

      • lah emang kenyataannya kok emang aku salah dimana?? akukan cm ngasih tau fakta aja.emang da rahasia umum kok kalau fbh pekok itu nguji top speed dari artikel bukan dari real test jalanan emang situ lebih hebat dari mbah rossi yg udah juara dunia 9 kali. kalau iya mending jadi pembalap motogp aja. parah dah. gw aja pertama kali nih buka warung gk percaya kalau yg punya nih warung fbh tapi pas liat artikel2nya dari cara menulis judul ataupun isi artikel emang condong ke honda. anak kecil jg ngerti kok kalau baca nih warung lebih condong kemana.

          • gw pernah makai suzuki, honda pun pernah tapi honda yg dulu, tp kalau yg sekarang no lah. dah tau sendiri kan ente gmana kualitasnya atau menurut anda honda sempurna.

          • wah berarti ente pendatang baru ya, masa nggak tau kalau ane sering nulis kelemahan honda dan kelebihan yamaha ?
            ya sudah, makasih deh dah mau mampir ke blog ane yang kecil ini.

        • Berat bdanku 67kg. .mx king ku bisa 135kpj…hampir mentok 10rb rpm.jd kl mentok d kisaran 138an kpj. .setting co +3..,fakta bro

  5. ada yg ulas pakai transmisi R15 secara gitu plek dengan jeroan NVL..

    Jika sudah 6-speed ban blkg ikut ganti 130/70 dgn final 15/44

    top speed di gigi 6 sudah 131 km/j (8500rpm)

  6. Masa sih MX King hanya 117km/h?????? Saya pake NJMX di jalanan Jayapura – keerom atau Jayapura – perbatasan RI PNG aja speedo tembus hampir 120km/h. apa speedo yg gak beres atau gimana? klw speedo NJMX yg gk beres berapa top speed cb150R?? balapan liar sentani -abepura NJMX tunggangan saya tidak sampai 5 meter dibelakang cb150R. Saya yang bodoh atau gimana terserah lah, yang penting dah curhat.. lol. btw nice post bro.

  7. Saya pake mx king 150
    Speed pernah mencapai 126 km/jam soal.nya jlan kurang panjang ,,, hehe

    Maybe mx king bisa lebih dari 130 km/jam menurut yg pernah saya liat di youtube

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Bener Kan !!! Engine MX King Adalah Versi Downgrade dari Engine NVL. Tapi Justru Owner MX King Harus Bersyukur. Lho??? | motorgoodness
  2. Hasil Drag MX KING150 vs Satria FU, Seperti yang Digambarkan Oleh Coretan Kertas Buram | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan