Obrolan Tentang Frame (CB150R, All New CBR150 dan NVL) dan Chattering [Bagian-2]

frame cbr150 n vixion

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kita teruskan artike sebelumnya mengenai frame dan chatter, meneruskan artikel sebelumnya. Chatter(getaran) erat hubungannya dengan sumber chatter (engine), engine mounting dan frame. Jadi 3 faktor tersebut yang paling berpengaruh terhadap chatter yang dirasakan oleh rider. Mengenai engine, sebagian besar engin motor sport 1 silinder sudah mengadopsi balancer, sehingga getarannya sudah diusahakan untuk sekecil mungkin. Berarti tinggal bagaimana engine mounting dan frame-nya.

Untuk kedua motor sport yang sedang bersaing yaitu klan cbr150 (old cbr, cb150r dan allnew cbr150) dan klan vixion (nvl dan r15) frame dan engine mounting nya sudah ane gambar di gambar judul. Terlihat bahwa engine mounting klan cbr150 ada 3 buah dan klan vixion ada 2 buah di crakcase + 1 di head. Secara umum

hal ini sudah menunjukkan bahwa getaran mesin vixion akan lebih terasa oleh rider dibandingkan dengan cb150r. Pantes saja saat awal bawa NVL getarannya lebih terasa dibandingkan cs1, karena memang cs1 menggunakan 3 engine mounting di crankcase sedangkan nvl hanya 2 di belakang dan 1 di head. Semakin banyak engine mounting-nya maka engine akan semakin anteng, begitu kata sebahagian besar praktisi/mekanik.

Sesungguhnya engine CB/CBR 150 pd dasarnya menyediakan 4 lubang mounting.

1. Didepan dibawah motor starter.
2. Diatas carter engine dibawah throttle body.
3. Di belakang carter engine
4. Dibawah cater engine.

crankcase cbr150r frame cbr150r

Tapi karena bagian atas nggak dipakai makanya dibiarkan bolong (old cbr150 pada cb150 justru malah buntu), sedangkan pada cs1 justru digunakan sedangkan yang bagian depan nganggur.

engine mounting cbr150 old

Pada CS1 malah digunakan

CS1 dohc2

Sekarang bandingkan dengan engine mounting pada crankcase dan frame vixion. Berikut ini crankcase dan frame vixion

crankcase vixion frame vixion

Mungkin fihak yamaha sudah mempertimbangkan bahwa getaran mesin klan vixion sudah minim karena sudah mengadopsi balancer, sehingga engine mounting di crankcase cukup 2 buah dengan menambah 1 di head (mirip megapro). Padahal pada engine jupiter mx135 (pendahulu klan vixion) malah 3 buah, perhatikan perbandingan crankcase vixion dan mx

engine mounting vixion dan mx

Pada perkembangan selanjutnya cb150r mengaplikasikan trust-frame untuk lebih meminimalisi chatter, seperti yang pernah ane bahas di artikel terdahulu. Jadi seharusnya getaran yang dirasakan rider cb150r atau allnew cbr150 akan lebih minim lagi.

Sementara sekian dulu, mengenai hubungan dan pengaruh jumlah engine mounting terhadap chatter yang lebih praktis, akan kita bahas dalam artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

Advertisements

14 responses to “Obrolan Tentang Frame (CB150R, All New CBR150 dan NVL) dan Chattering [Bagian-2]

  1. Sedikit paham tentang engine mounting sekarang.. Alhamdulillah..

  2. um si cesy udah di swap y, wah makin mantep tuh, abs brpa um

  3. Artikel joss, yang mencoba menghadirkan fakta dan tidak sekedar review.

  4. Baru ngerti apa itu engine mounting..
    Makasih Pak..

  5. ilmu baruuuuu aseekkkk sedooootttt

    macantua.com/2014/12/14/kasus-boring-a-k-a-spakbor-miring-terulang-yimm-perbaiki-dong-cara-delivery-nya/

  6. CBR dgn trellis frame yg rigid & engine mounting lebih banyak, tapi masi relatif lebih minim vibrasi yamaha NVL (pada rpm yg sama)… apakah konfigurasi head DOHC juga menyebabkan ekstra vibrasi ?

  7. kalau saya jadi insinyur honda , bagian mounting mesin cbr yg di depan , dibaawah dinamo stater diberi dudukan seperti karet di arm namun dengan material yang kuat panas , cz dibagian itu lebih dekat dengan stang , apalagi pake stang jepit getaranya makin terasa ,, contoh aja bebek yamaha vega zr pake mounting karet gan , lumayan bisa mengurangi getar ,,,

    https://dythblog.wordpress.com/2014/12/08/3-mesin-sport-kelas-150-komparasi-sederhana/

  8. liat aja dohc cb saat plentir gas awal trasa tak agresi gerak piston trasa berat dbnding nvl

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan