Nge-Reyen All New CBR150R, Kopling – Versneleng Paling Empuk

cbr-150r-ahm1

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Kemarin stnk+plat nomer baru jadi, total waktu tunggu dari mulai deal sampai plat keluar 27 hari, alias 4 minggu. Pagi ini all new cbr150r alias k45, diajak lari pagi, sambil bawa boncenger 2 “gundul”. Seperti testimoni blogger2 lainnya, k45 ini sangat nurut untuk diajak meliuk-liuk diantara angkot yang berjalan naggung. Dan setelah lebih dari setengah jam lari pagi, baru dah tangan+pundak berasa pegel, nah pada saat itulah keistmewaan kopling k45 baru terasa signifikan efeknya terhadap kelelahan di pergelangan tangan.

Melaju merayap diantara kepadatan lalulintas, baik handle kopling maupun tuas versneleng kaki-kiri begitu empuknya dalam proses pemindahan gigi. Kalau diurutkankan mulai dari yang ter-“empuk” sampai yang paling keras, kira2 begini urutannya :

  1. CBR150r
  2. NVL
  3. CS1
  4. P180 UG4

Dalam rangka nge-reyen k45 ini tentunya hati harus tenang, jangan terbujuk hawa nafsu untuk main2 di rpm tinggi. Ane coba membatasi di sekitar 7000-an rpm, meskipun kadang kelupaan tembus 8000 rpm. Enaknya bawa k45 ini, buat jalan santai di gigi-4, 5000 rpm, 50 kpj, kinerja mesin terasa nggak kedodoran, jadi kalo pas jalan kosong justru dibikin pelan malah enak jalan santai.

Mesin terasa kasar di sekitar 4000-5000 rpm, tapi ketika rpm semakin tinggi mesin semakin halus, (belum faham) apa ini merupakan karakter dohc???. Jika dibadingan dengan motor2 ane lainnya maka tinggkat kehalusan getaran mesin masih di bawah NVL bahkan di bawah CS1 yang sudah berumur 5 tahun. Dan kalau diurutkan getaran mesin mulai dari yag terhalus adalah sebagai berikut :

  1. NVL (sekarang paling halus setelah pakai oli *M1)
  2. CS1 (oli **duro racing)
  3. CBR150 (k45)
  4. P180 UG4 (oli **duro).

Begitulah sekilas hasil nge-reyen k45 pagi ini, jika ada yang tidak sesuai, anggap saja ini hanyalah subyektifitas ane. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

54 responses to “Nge-Reyen All New CBR150R, Kopling – Versneleng Paling Empuk

  1. Wah asyik maz bro dah turun stnk-nya… Saya msh hrs nunggu nih…. Tp kilometer dah 500an. Ane Mau servis pertama dulu nih di dealer… Delamt menikmati KENYAMAMANAN k45 bro gokil…. (y)

  2. Waaah Pak Gokil pke B*1.. Sama kyk ane..
    Mesin emg halus n ada teknologi PC AFA nya.. Prnah ktemu salesnya n dpraktekkin dgn alat bhw oli tsb mmg bnr2 mlindungi metal dr gesekan,ga ada aus Pak Gokil.. Itu gmn ya? Tolong dong bikinin artikelnya skalian,soalnya ane ksh oli merk lainnya metalnya slalu aus,pdhal sama tuh metalnya,trs oli apa ya Pak tandingan bwt oli ini dgn hrg n kualitas yg sama? Cz klo d kalimantan oli ini msh jarang Pak,tolong infonya biar ane ga kyk katak dlm tempurung hehehe..
    Kebiasaan ane slalu ganti tiap 5000 km tp tetep aja halus,ganti oli jd enak tiap klipatan 5000,dr 10rb,15,20,25,30… Dst

  3. mantab mas bro……hati2…moga segera muncul artikel ttg kelebihan n kekurangan cbr 150r….utk pembelajaran

  4. menurut saya malah NVL tuh mesinnya trmasuk kasar kang… malah yg halus tuh kayaknya sport nya honda

    dirumah ada NVL punya adik, NJMX punya ane, vario nyokap

  5. Enakan Vario 125 Pak, ngga perlu tarik kopling dan oper gigi langsung bisa jalan… hehehe

  6. andaikan bodi nvl di pindahin ke mesin cb150Sf

  7. NVL kayanya kasar bro dibandingin yg lain, mungkin karna klep nya yg berjumlah 4 di mesin SOHC, padahal yg lain hanya 2 klep. kalo DOHC CB/R ga tau.

  8. Iya pak memang halus diatas rpm 5000 an kalo mesin generasi cb cbr. Kalo vivion kebalikannya. Awal sampe 6000 alus atasnya yaaa gitudeh. Kopling juga empuk banget kalo cb.

  9. haha pibo ane jg keras (trutama turun gear). tapi klo dpt feel & tekniknya gampang bgt, pas turun gear tarik kopling, berbarengan tarik gas dikit sambil injek perseneling dijamin smooth. tapi mgkn ga umum ya motor lain mgkn ga gitu

  10. ane ad CBR 150 REPSOL ’14…dohc emng agk loyo di rpm 5000..tapi kalau udah di atas rpm 10.000 tenaganya bagaikan badak (terus ngisi)…all sport 150-225 ymaha walaupun udah di oprek ngk akan kuat menndingi CBR di rpm 12.000 lebih…durabilatas cbr 150 belum tertndingi di kelas 150 cc…ngk boleh coba bro..

  11. karakteristik engine yamaha emang alus di rpm rendah, getar di rpm tinggi, honda sebaliknya
    karakter akselerasi juga gitu, yamaha bagus di rpm rendah, honda mantap di rpm tinggi

    kalo bawa yamaha, pengen akselerasi tinggal buka gas saja, kalo honda harus panteng gas dulu di rpm tertentu. kalo yamaha dipanteng dulu, bakalan ngeden. kalo honda langsung di gas dari rpm rendah, bakalan ada lag kayak turbo

  12. Om gokil warna apa cbr nya? Knp ga ngambil r15

  13. ane mo kritik om….
    masi percaya ma metode inreyen?
    ane justru ga percaya ada masa inreyen…. motor ane langsung ane geber diatas 10.000rpm menempuh jarak 100km, abis tu langsung ganti oli dan filter oli…..

  14. punya ane dah 1000km lebih, udah servis pertama, awalnya buat masuk netral dr keadaan mesin idup susah alias keras, harus di matiin dlu agak repot muter kontak off krna ga ada engine cut off,,,tp setelah servis pertama, udh gampang, lebih smooth malahan,trs udh bisa jabanin alay yg geber2 pingin ngetes (narik gas >8000rpm dah aman) :p

  15. pengalaman ane beda banget om… dulu jupe mx, ane ngikutin buku manual yg bilang bukaan gas ga boleh lebih dari setengah, atau dibawah 7000rpm, sampai jarak tempuh 700km…. dah tu ane bawa servis pertama, cuma diganti oli… trus setelah setahun berlalu, motor jadi kurang tenaga padahal servis servis sesuai buku, pernah ngetes sama tmn sama2 mx, mx ane kalah…. ane jual trus ganti njmx, trus ga ngikutin buku manual lagi…. sekarang R25 juga ane gituin…. mungkin om gokil mau coba? xixixi

  16. mas bro, itu NVL dikasih BM1 yg pc brapa? kemarin 2x pake yg pc 1300(kalau tidak salah ingat harga hampir 80rb) 1x pake yg pc1100
    review dari saya getaran mesin di rpm rendah-sedang memang adem tapi rpm atasnya kasar banget (menurut saya) + tarikan terasa lebih berat (terutama pc 1300) tapi enak buat jarak jauh
    trus ganti shell adv ax7, jauh lebih hening pake ini, tapi ya itu max kilometer 1200-1500 ya kasar juga, akhirnya milih ini aja lha wong harga cuma 46rb, ganti oli tiap 2000km, yg jelas 1000km sehabis ganti oli, alusnya mak nyuss

  17. masih empuk klx 150

  18. om kl tinggi 165cm cocok g buat minang cbr lokal? dari 2thn yg lwt galau milih motor buat tunggangan… trs kira2 kelemahan ne mesin kira2 gd klotok2 nt d kemudian hari? mohon solusiny om..

    • sepertinya tinggi ente hampir sama dengan ane, cocok pake cbr150 lokal, mesinnya sekarang lebih halus, dan nggak klotok2, mungkin sdh ada perbaikan
      denger2 untuk mesin cbr150r lokal, masih kiriman dari jepang

  19. kira2 minum premium bisa g om? takut ntr naik bbm, pertamax jg ikut melangit perliterny :D. trs yg perlu d perhatikan dlm perawatan motor sport ini apa sj om? trs apakah biaya perawatan akan lbh mahal?

    • ane belum coba sih
      tapi menurut ane tetep bisa minum premium, hanya saja tenaganya akan sedikit drop, getaran mesin akan bertambah, dan ruang bakar cepat kotor karena pembakaran yang kurang sempurna

  20. aku masi jinjit jg om 😀 baru dateng tadi pagi cbr’ny… jd g PD jg :D… udah badan cungkring + pendek yg d tunggangi gede hahaha… pas td test d sekitaran kampus USU, aku kira org liatin motorny, eh tau2ny aku sndri yg terlalu kecil d atas 😀

  21. tidak mempengaruhi akselerasi nt’ny om?

  22. ok lh ntr ku coba om.. untuk boncengan g kandas kan om?

  23. om, tgl 20 nov kmrn kan pas ngereyen pertama kali cbr’ku dpt 10.6km, kecepatan rata2 paling cuma 35km/jm(cuma smpai gigi 3 aj. nah trs kemarin tgl 24 nov ngereyen ke 2xny aku muter2 lagi dpt sktr 25,sekian km lah dgn kcptan yg sm, br 2x ku reyen semenjak udah nangkring d rumah tuh motor. nah pas udah berhenti muter2ny tiba2 si kakak minjem nyoba, bgtu d pake langsung tarik gas gitu lgsg d geber si kakak memang se jarakny cuma sekitar kurang lebih 100mtr gt (dlm hati aku aja ngereyenya penuh kasih syg tp si kakak langsung main tancap gas gt, sedih jg :'(. yg mau aku tanyakan om, apakah nt tdk bermaslh pada mesin motorku sekalipun baru pertama kali itu lgsg d tancap gas pada masa reyen?? mklm om blm ngerti ttg mesin, mengingat aku cuma ngikutin petunjuk penggunaan motor baru wktu ngereyen yg katanya g boleh lgsg tarik gas gitu.. mohon penjelasany om…

    • kalo sekali-kali nggak apa, asalkan mesin sudah dipananskan, dan pada bagian head sudah terlumasi sempurna
      kalo digeber seperti itu, biasanya terjadi selip kopling, justru itu yang bisa menyelamatkan ring piston+silinder nya

  24. owh gitu ya om, cuma kaget aj begitu masuk gigi pertama langsung d tarik gas sm si kakak, mmg se sblmny mesin udh panas duluan krn udah d ajak muter2 jg.. jd g bermslh y om sekalipun d geber dari gigi pertama gitu?

  25. owh gt y berarti gpp lah yg sekali itu lgsg d geber kakakku y om,, saya pikir dpt merusak mesin krn lagi masa reyen gt om…

    • @ mas boelank… kalo 500 km pertama emang jgn digeber dulu.. tapi uda lewat itu (minimal ganti oli) digeber jg gapapa asalkan dipanasain dulu… pengalaman CB150 saya inreyen kaya gitu.. sekarang dah 1000 km, habis jalan santai sampe mesin uda panas, tak geber skrg malah jadi sedikit lebih responsif.. 😀 *digeber ga langsung pol tp bertahap aja, tiap brp kilometer naikin limitnya.. 500km rpm 5000 6000an.. 800km 7000 8000an.. skrg dah masuk 1000km tak geber puoll.. soalnya kl mesin yang kagak pernah dibawa kencang2 rata malah masalah mas… pengalaman juga pny karisma x 2005 uda menginjak taun ke 9, cuman ganti kampas kopling masih kuat lari 110 – 115 kpj di spido.. mesin full standar.. salam satu aspal…

      • @mas boy..
        iy se mas tadiny juga udh ngikutin spt itu… tp kakak pengen tau gmn se cbr lokal itu? mmg se cuma sekali itu aja lgsg d geberny, tp karena aku blm paham mesin takut berpengaruh k depany terhadap mesin mas.. lagian km’ny pun baru 25,sekian km… makany sering minta solusi ma om @motogokil 🙂

  26. @Tachibana Rider
    sm cbrku jg gt bro, cari gigi netralny susah amat. lampu indikator netral kadang udah hijo tp ttp jalan(malah mesin tiba2 mati),, udah gtu pas nuker gigi juga kek kasar bgt suarany, kadang ada suara cetak gejedok gt… trs pas mau masuk gigi 1 jg kek agak nyundul dikit k depan… lg jalan jg mau over gigi susahny minta ampun, kadang suka g mau mesti mendem gas lagi… kecepatan 40km perjam rpm 4rban…

  27. kalau menurut ane nih bro, kalau mau main pelan (low rev), mending pake suprax125 atau nvl lebih nyaman
    kalau cbr150 memang enaknya main di atas 7500 rpm, mirip cs1, tapi lebih mak nyos

  28. @omgokil
    kl untuk menggeber bukan berarti g berani dbw kenceng, om tp mengingat masih tahap inreyen kita kan ngikutin petunjuk jg cara ngereyen itu spt apa… nah tp kl emg d sarankan/d suruh pada wktu selama inreyen jg bs lgsg d geber, psti d bw kenceng… oiy om suara klotok2 itu spt apa? sptny suara mesin motorku agak ada prsbhn, ada spt tok tok tok gt tp blm bgt keras stlh mesin panas… pas kemarin komplain k ahas mslh kopling sekalian suara mesin, mrk bilang pas d service pertama aj nt kt cek lg, lagian untuk garansi mesin kl ada mslh kita tanggung smua ktanya… cuma org2 mekanik ahas lgsg geber2 gt juga tuh motor… huffffhhhh..

    @Tachibana Rider
    cbrku jg udah enak skrg tarikany, koplingny trs perpindahan giginy jg dah enakan…

    • kalo motor ane selepas ganti oli dah langsung dihajar 10000rpm, karena niatannya ntar di 1200km ganti oli lagi (sendiri)
      di cbr ane (sementara ini) nggak ada suara klotok2

      • Kalian luar biasa,,,
        Pnya ane bru nongol 4 rayen sekirat 300 km’an
        K 5 hri’a ud d geber bandung purwakarta, dngn rata” 60smpe 80km/jam,
        Trus setelah nunggu sebulan stnk dateng ane gebEr lg purwakarta cirebon malahan d geber smpe 120km/jam :D,,,
        Ane sie sntai” ajj orng kga tau ap” soal mesin 😀 😀

      • ,,
        Pnya ane bru nongol 4hr rayen sekirat 300 km’an
        K 5 hri’a ud d geber bandung purwakarta, dngn rata” 60smpe 80km/jam,
        Trus setelah nunggu sebulan stnk dateng ane gebEr lg purwakarta cirebon malahan d geber smpe 120km/jam :D,,,
        Ane sie sntai” ajj orng kga tau ap” soal mesin 😀 😀

  29. kemarin pas menyambut tahuan baruan tak bawa k arah berastagi tanah karo sekalian pulkam sendiri, bisa dibilang itu jalanan 70% menggunung trs(tp gk terllu nanjak), tp sblmny tuh motor d service dl km udah mencapai 500 krg lbh.. nah dstu ada dikit permasalahan, pas mau over gigi dari 1 ke 2 ko kek tersendat2 gt y cem kek gd tenaga? selama d kampung tak bawa kesana kemari bisa d blg rata2 7rb rpm(posisi boncengan… cuma yg agak aneh, ps mau over gigi 1 ke 2 itu ko kek nyendat gt sumpah spt gd tenaga kadang mesti slip kopling, gigi 1 tanggung mau minta over k 2, gigi 2 cem g narik… pertanyaany kenapa pas mau over gigi dari 1 ke 2(kondisi jalan agak tanjakan baik boncengan maupun sendiri) itu gd tenaga bgt? apakah d tanjakan mesti d betot smpai rpm 7rban baru over k gigi 2? nah pengalamanku kl d bwt spt itu, malah cbrku suka ada suara cetak cetok gt pas perpindahan gigi 1 k 2 kl rpm tinggi d tanjakan, itu kenapa om? habis pulang dari kampung eh itu suara klotok makin keras… pening juga… trs satu lagi om, kemarin pas reyen tutup pengisian oli kek ada oli merembes gt (aku pikir mungkin krn bks pengisian oli yg d tuang trs pernah jg komplain k honda, jwbny itu biasa krn br isi oli) eh kemarin pas pulang dari kampung lho ko bekasny g hilang2 ko ada trs oli yg keluar y dlm hati…

    • menurut ane memang mesin overbore, torsinya lemah di rpm rendah. Kalau liat spek, puncak torsinya ada di 7500, maka menurut ane bagusnya ganti gigi di 8000 rpm. Kalau di bawah itu sudah pasti kedodoran, kayak nggak kuat.
      Perpindahan giginya pas rpm lagi naik, akan lebih smooth, daripada pas turun.
      Kalu rembes, biasanya kurang kenceng bautnya. Perlu di periksa sendiri, mudah2an bukan karena slek drat nya

  30. ,,
    Pnya ane bru nongol 4hr rayen sekirat 300 km’an
    K 5 hri’a ud d geber bandung purwakarta, dngn rata” 60smpe 80km/jam,
    Trus setelah nunggu sebulan stnk dateng ane gebEr lg purwakarta cirebon malahan d geber smpe 120km/jam :D,,,
    Ane sie sntai” ajj orng kga tau ap” soal mesin 😀 😀

  31. Gan ane mau tanya kalo masa2 in reyen gas cbr 150r k45 kok berat ya? Mhon penjelasannya gan, please

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan