[Alat Bengkel] Pilot Bearing Puller, Apaan Tuh ?


nyop[ot inner bearing

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Seperti yang tampak pada gambar judul, mungkin ada diantara kita yang bertanya2, “Gimana nyopot/ganti bearingnya ?” . Posis bearing seperti itu juga ada pada roda, crankcase dan lain2. Sebahagian besar mekanik pinggir jalan sudah mengetahui bagaimana melepaskan bearing tersebut dengan mudah, yaitu dengan dipukul pada sisi dalam ke arah luar (kebalikan dari arah saat memasang).

push inner bearing

Akan tetapi cara ini memiliki kelemahan, karena tekanan yang diberikan tidak merata (hanya pada satu sisi saja) maka rumah bearing kemungkinan akan cacat. Sedangkan bearing-nya sendiri, karena sudah dianggap rusak/harus diganti, jadi nggak masalah jika tambah rusak. Tapi jika bearing masih cukup bagus, dan ada keinginan untuk digunkan pada keperluan lainnya, maka cara ini akan mengakibatkan bearing yang tadinya lumayan, jadi rusak karena kena pukul.

Sesungguhnya ada alat yang khusus digunakan untuk mencopot bearing yang terletak di dalam seperti ini, yaitu “Pilot bearing puller”. Berikut ini bagian dari bearing puller ini

bearing puller

As berulir menembus beberapa bagian yaitu mur penarik, penahan dan pengait. Pengait dan mur penarik berulir sedangkan penahannya polosan.

penarik pengait

penahan

Langkah2 penggunaannya sangatlah mudah, minimal ada 3 langkah yaitu :

1. Kuncupkan pengait sehingga bisa masuk ke lubang dalam bearing/klaher

langkah1

2. Tahan pengait dan putar as sehingga ujung as mendorong mengait untuk mekar, nyangkut di lubang bearing

langkah2

Pengait nyangkut

langkah2 pengait terbuka

3. Pasang penyanggah, tahan as dengan memegang penahannya, putar mur penarik untuk menarik bearing keluar dari rumahnya.

langkah3

Gampang kan…

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

Advertisements

13 responses to “[Alat Bengkel] Pilot Bearing Puller, Apaan Tuh ?

  1. dah ketetapan’a masgokil, klu semua itu ada special tools’a, nglepas sil tabung shock depan aja pake special tools kok.. apa2 jgn maen hantam aja.

  2. Harga berapa itu ?

  3. alat itu bisa digunakan untuk memasang bearing gk

  4. inikan objek latihan praktek di bengkel buat anak teknik mesin, ada juga yg bilang namanya “trekker”

    semuanya dikerjakan dg proses manual mulai dari memotong bahan, mengikir permukaan (ini yg paling “menyenangkan”), hingga membubut drat dan melakukan assembly jadi alat

  5. sekedar nambahin, gan…..pengalaman sy wkt copot bearing roda gila, posisi bearing spt itu tadi, cara sederhananya : beberapas lembar koran/majalah bekas direndam air, setelah itu dimasukkan ke dalam lobang tengah bearing sampai penuh, pukul dg besi sampai ada ruang lagi utk masukkan lagi koran basah td, dan seterusnya, nanti bearing akan keluar sendiri. Perkiraan wkt cuma 10-15 menit sdh selesai (tergantung posisi letak bearing). Silahkan dicoba

  6. Gan kami butuhkan alatnya Bearing Puller,
    berapa harganya ?
    kirim ya penawarannya ke email ane
    saiful.multiguna@gmail.com

  7. gan, alat ini bisa buat buka bearing cvt yg pake kuningan tu kh?

  8. Saya pingin beli di mn ya

  9. hanya bisa dipakai jika bearing tidak rusak/ jebol.

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting