Topspeed Motor Harian, Ya…Segitu

too fast small

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Ngomongin masalah topspeed memang selalu menarik, apalagi bagi yang sudah merasakannya. Bagi rider yang belum merasakannya (mungkin tidak akan pernah merasakannya) mungkin terdengar rada gokil, “Punya nyawa berapa lo?”. Tapi memang kadang ada benernya, semakin kencang motornya, semakin dekat dengan maut. Jadi yang seneng ngebut, ngebutlah pada tempatnya (lihat sikon), yang nggak seneng ngebut jangan coba2 karena feeling dan reflek belum terbiasa, bisa bahaya.

Motor harian hanyalah buat harian, jangan harap topspeed yang muluk2. Pabrikan sudah mendisain “performa” motor yang cukup aman dengan mempertimbangkan :

  1. Kapasitas mesin (power – torsi)
  2. Bobot motor
  3. Besar ban
  4. Kemampuan pengereman
  5. Kondisi lalulintas suatu daerah
  6. Dan lain-lain

Jika performa diupgrade sehingga meningkat drastis, maka pastilah banyak bagian2 lain yang menjadi tidak seimbang. Seperti motor terasa melayang, cengkraman ban berkurang jarak pengereman semakin panjang dan lain-lain. Yang pada akhirnya ketidak seimbangan ini dapat mengakibatkan kecelakaan karena rider “lupa” bahwa motornya kini tidak seimbang. Jadi motor yang paling aman meskipun dipakai kencang adalah motor yang  orisinil desain pabrikan, karena semua semua kinerja komponen didesain se-seimbang mungkin.

Kata2 “topspeed” menjadi begitu sensitif saat ini, seiring dengan banyak kecelakaan maut yang melibatkan sepeda motor. Tapi kata2 “topspeed” masih cukup menarik perhatian jika dikaitkan dengan motor2 harian, coba saja lihat status fb maupun artikel blog yang menbicarakan topspeed pasti ramai pengunjungnya. Nah untuk menggambarkan topspeed rata2 motor harian, perhatikan motor2 di bawah ini.

who is the fastest

Motor2 harian ini “dulu” dan mungkin sampai sekarang, sempat ditahbiskan sebagai motor kencang. Sekarang coba bro share pengalaman ente,

Mana dari motor2 ini yang paling kencang ? Berapa topseednya ?

Ya.. paling2 segitu aja… riilnya sekitar 120 – 130-an kpj, ya memang kecepatan segitu dah paling pas buat jalan di Indonesia, itu saja sudah banyak yang celaka. Memang pada dasarnya topspeed dari motor2 ini 11-12, beda dikit karena beda harga. Perbedaan lain yang cukup mencolok adalah “rasa”nya pada kecepatan tinggi, yang mana sangat dipengaruhi oleh struktur motor secara keseluruhan.

Mau tahu topspeed ?

Nggak usah diuji2 segala, hasilnya sangat subjektif, banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, juga sangat membahayakan. Dihitung aja di kertas buram sudah cukup untuk mengetahui performanya, aman lagi juga nggak ngabisin bensin.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

.

.

.

.

Ssssstttttt….menurut ente semua dari 4  motor itu mana yang paling kenceng ??? Kalau menurut ane CS1 yang paling kencang, tapi paling mematikan.

 

Advertisements

53 responses to “Topspeed Motor Harian, Ya…Segitu

  1. mau lebih ya oprek dan ke sirkuit

    visit http://sijidewe.com

  2. pernyataan terakhir ane setuju ” Ssssstttttt…. menurut ente semua dari 4 motor itu mana
    yang paling kenceng ??? Kalau menurut ane CS1 yang
    paling kencang, tapi paling mematikan.” pwrnya csone paling dapet.. kebetulan ane juga pengguna cs one.
    salam pengguna cs one

  3. ARMORED RIDER GAIM

    cieehhh nyinggung sebelah nih kyaknya

    sebelah kan baru cobain topspeed di jalan raya

    😀

    ngoahoahoahoa

  4. Makanya sekali2 bikin praktikum ,,,,

    Jangan cuma main tabel2 togel …..

    Itu punya 4 kuda ,,, kan bisa buat praktikum !!!

    Biar fbh kambing tidak fekok permanen …

    😀

    • mo mo
      ane dah share di banyak artikel, hasil dari praktikum juga nggak ente baca
      pantes aja nggak pinter2
      jangan2 ente yg nggak pernah praktikum?
      udah bisa ganti kampas rem apa belum ????

  5. Walo pak leo bukan dosen beliau sudi keluar duwit. Buat praktikum … Dan hasilnya di sebar buat para bikers ,,,

    Dari praktikum menghasilkan teori itu lebih juoss dan hasilnya nyata !!!

    Teori adalah anaknya praktikum !!!

    Ngoahahahahahahahaha …

    😀

  6. Jangan lupa bahwa sasis motor jg berperan untuk top speed.

  7. Si Dharmo alay jgn ditanggepin bro bro….nanti gak ada habisnya, biar aja dia ngebacot tar jg mati sendiri

  8. Wkwkwkwkwk ….

    Jangan ngambek gitu mbak ,,,,

    Aku cuma ngasih saran pak cakil kok agar mau praktikum …

    😀

    • he he he
      darmoooo
      dari dulu nyuruh ane praktikum
      dia sendiri nggak bisa apa2, boro2 praktikum…suruh cari apa yang namanya shift drum aja paling nggak tau
      wkwkwkwk mikir..mooo

  9. ARMORED RIDER GAIM

    wakakaka

    asli ngakak gue

    pak dosen dibkin kebakaran jenggot aka kesel sm alvin eh mksdnya si mbah darmo

    gilaaaa pagi2 ada bahan ketawa

    wakakakaka

    😀 😀

  10. Kalo gak bisa praktikum mending di tutup aja warungnya pak cakil ….

    silahkan NVL di bikin 100dk …

    Kalo bisa ane kasih jempol yg banyak !!!

  11. Silakan ngebut, tapi jangan kenceng kenceng….wakakaka….

  12. Pake Satria RU mimik Pertamak dah bisa bikin malu commuter batangan gan,, liat sikon jika memungkinkan,, Hεε..‎​♧ħέ³ ħέ³ ħέ³ ħέ³ ħέ³

  13. Suzuki RGR belum mentok 145kpj on spido
    Ninja S/R 155kpj
    Ninja RR 155kpj
    Satria 2 tak S 125kpj
    Tornado GS 130kpj dulu sekarang 145 on GPS 126kpj
    FU CBU 145kpj
    Mio 95kpj
    Beat 85kpj (berdua)
    Revo 90kpj
    Vega 80kpj

    ya kira2 segituan

  14. Ga usah top speed ah…. Ane takut… Bini baru atu soalnye…. Hihihihi…

  15. wah trnyt si cesy gjd di lego th om, eman om dipiara j ntr jd motor antik, kbtln ane pny taun trakhr, gmn om performa k45 nya, pastiny lbh jos dr s cesy y

  16. Tanda pak gokil msh syg karo darmo..
    Coro neng skolah sd,darmo iku murid paleng koplak,bendino nek gak djondoni gurune ga paham2..
    Yah mg2 gurune rajin2 njondoni uteke ben ndang encer..
    Piss mo 😀

  17. Ane blum cb topspeed keempatnya pak, yg dua blum pernah pegang yg dua lg dlm kondisi krg sehat.

    Klo top speed, real mungkin 120 kph ya rata2.. Motor ane jrg yg speedomtrnya bener.

    Jalan mulus lebar kondisi motor fit, kadang dah topspeed jg masih brasa kurang, tp coba sebaliknya, bru 80an mungkin dah berasa serem bawanya.

  18. Alhamdulillah..ane baru dapet cs1 thn 2009 buat nemenin ninja rr. Udh 5thn km 34rb., lumayan masih bening, suara masih halus. Ane coba msh bisa tembus 125 on spedo, sepertinya bisa bertumbuh. Btw ni mtr karakternya kayak ninja 2t, beringas diatas rpm 7rb tp kelas 4t sih..cukup puas ane beli cs1 msh bisa bejaban sama 4t 150cc lokal.

  19. CS1: SOHC. artinya kelemahan utama R15 / NVL bukan dari SOHCnya dong? melainkan dari strokenya yg terlalu panjang 58.7mm itu CMIIW, lha CS1 strokenya cuma 47.2 mm.

  20. karakter mesin cs1 ama vixioon beda coy biar sama SOHC….hadeuh

  21. topik bahasan selalu.bikin pencerahan..

  22. Wuihhhh koleksinya nambah satu nih….
    Bisa ditest ride nih asyeeekkkkk!!

  23. dari keempat rotom diatas, baru pernah nyoba CS1 aja sampe topsempit….itupun cuma dapet 119-121kpj, seinget saya loh ya, soalnya punya CS1 udah lama di thn 2008-2009, habis itu ane jual… 🙂

  24. Itu koleksi motornya om motogokil ya? 😀

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan